Sukses


9 Hadis tentang Khamar yang Bisa Diteladani

Bola.com, Jakarta - Khamar adalah segala jenis minuman yang dapat membuat seseorang mabuk. Sesuai ajaran Islam, mengonsumsi khamar merupakan perbuatan terlarang dan hukumnya haram.

Alasannya, orang yang mengonsumsi khamar dapat hilang ingatan dan akal sehingga orang tersebut dapat melakukan kejahatan atau hal buruk lainnya.

Di sisi lain, menurut landasan syar'i cakupan khamar tidak hanya terkait dengan minuman, tetapi segala sesuatu yang dikonsumsi dan memabukkan serta membuat manusia tidak sadar.

Allah Swt. melarang umat-Nya agar tidak sedikitpunĀ meminum khamar. Ada dalil yang menerangkan tentang larangan khamar, yaitu surah An Nisa ayat 43, Allah Swt. berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."

Rasulullah saw. juga membahas tentang khamar melalui hadis. Berikut sembilan hadis tentang khamar yang bisa diteladani umat muslim, dikutip dari laman uin-suska.ac.id dan iainkudus.ac.id, Rabu (18/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Khamar

Hadis tentang Khamar 1

"Jauhilah kalian semua khamar, karena khamar itu kunci segala kejahatan." (HR. Hakim)

Hadis tentang Khamar 2

"Barang siapa minum khamar maka Allah akan memberikan minuman dari air panas neraka jahanam." (HR. Bazzar)

Hadis tentang Khamar 3

"Setiap minuman yang memabukan itu haram, dan di sisi Allah itu ada perjanjian bagi orang yang minum minuman memabukan, yaitu Allah akan memberikannya minuman Thiynatul Khobal. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah apakah itu Thiynatul Khobal? Lalu Rasulullah bersabda: Yaitu keringatnya ahli neraka atau perasaannya ahli neraka." (HR. Muslim, Nasai)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Khamar

Hadis tentang Khamar 4

"Rasulullah saw. melaknat khamar bagi sepuluh orang, yaitu orang yang memeras (yang membuat khamar), yang minta atau menerima diperaskan khamar (minta dibuatkan), yang meminum khamar, yang membawa atau mengantarkan khamar, orang yang diantarkan khamar, yang memberikan khamar, yang menjual khamar, yang makan dari uang khamar, yang membeli khamar, dan orang yang dibelikan khamar." (HR. Ibnu Majah, At Tirmidzi)

Hadis tentang Khamar 5

"Tiga golongan tidak akan masuk surga. Orang yang kecanduan minum khamar, orang yang memutuskan tali persaudaraan, orang yang membenarkan sihir. Dan barang siapa mati dalam keadaan kecanduan minum khamar, Allah Azza wa Jalla memberi minum dia dari Sungai Ghuwathah. Sahabat bertanya: Apakah Sungai Ghuwathah itu? Rasulullah bersabda: Sungai yang mengalir dari kemaluannya orang-orang yang berzina, yang menyakitkan penghuni neraka bau kemaluan mereka itu." (HR. Ahmad, Abu Yaā€™la)

Hadis tentang Khamar 6

"Apabila umatku telah menghalalkan lima perkara maka wajib atas mereka kebinasaan. Yaitu apabila telah muncul saling laknat-melaknati, mereka telah meminum berbagai khamar, telah memakai sutra, telah mendatangkan biduan, dan laki-laki merasa cukup dengan laki-laki (gay), dan wanita dengan wanita (lesbian)." (HR. Baihaqi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Khamar

Hadis tentang Khamar 7

"Setiap minuman yang memabukkan adalah haram." (HR. Al Bukhari)

Hadis tentang Khamar 8

"Semua yang memabukkan itu disebut khamar (arak), dan semua khamar itu haram. Barang siapa meminum khamar di dunia lalu mati dan belum bertaubat darinya juga dia masih terus meminumnya, niscaya ia tidak akan meminumnya di akhirat." (HR. Muslim)

Hadis tentang Khamar 9

"Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam memukul peminum khamar dengan pelepah kurma dan sandal, dan Abu Bakar memukul sebanyak 40 kali. (HR. Bukhari)

Ā 

Sumber: uin-suska.ac.id, iainkudus.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer