Sukses


8 Jenis Tanaman Herbal yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

Bola.com, Jakarta - Kolesterol adalah jenis lemak yang ada dalam tubuh. Kolesterol sebenarnya merupakan zat penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi bisa menjadi faktor penyebab penyakit berbahaya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol jahat. Satu di antara caranya ialah dengan mengonsumsi beberapa tanaman herbal.

Tanaman herbal adalah tumbuhan yang digunakan untuk proses penyebuhan penyakit karena memiliki sifat kesehatan. Beberapa tanaman herbal diyakin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Namun, penting untuk diingat bahwa tanaman herbal tidak boleh menggantikan pengobatan medis yang sudah diresepkan oleh dokter.

Lantas, apa saja tanaman herbal apa saja yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh?

Berikut ini tanaman herbal yang bisa bantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dilansir dari vokasi.kemdikbud.go.id, Jumat (20/10/2023).

2 dari 4 halaman

Tanaman Herbal yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

1. Daun Afrika

Daun afrika, yang juga dikenal sebagai daun Vernonia Amygdalina atau bitter leaf, telah digunakan secara tradisional untuk pengobatan berbagai kondisi kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol.

Daun afrika mengandung senyawa-senyawa bioaktif, seperti polifenol, flavonoid, dan saponin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus lima lembar daun afrika. Setelah mendidih, minumlah airnya saat pagi dan sore hari.

2. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda adalah minuman yang rendah lemak jenuh, yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Dengan menggantikan minuman tinggi lemak jenuh dengan air kelapa muda, kamu dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh dan memengaruhi penurunan kolesterol.

Waktu terbaik meminum air kelapa muda adalah paling lama 15 menit setelah kelapa dikupas. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk memperkaya rasa.

3 dari 4 halaman

Tanaman Herbal yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

3. Jahe

Tanaman herbal yang kaya khasiat lainnya adalah jahe. Kamu bisa merebus jahe dan airnya bisa diminum secara rutin di pagi dan malam hari.

Jahe diketahui memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, yang dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan peradangan yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol LDL.

4. Jinten Hitam (Nigella Sativa)

Jinten hitam adalah tanaman biji-bijian yang sering digunakan dalam masakan Timur Tengah. Penelitian telah menunjukkan bahwa jinten hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam tubuh.

Jinten hitam dapat digunakan sebagai bumbu dalam makanan atau dikonsumsi dalam bentuk minyak jinten hitam.

5. Daun Salam (Syzygium Polyanthum)

Daun salam adalah tanaman herbal yang umumnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan Indonesia.

Daun salam mengandung senyawa eugenol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan memiliki efek pelindung terhadap kesehatan jantung.

4 dari 4 halaman

Tanaman Herbal yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

6. Bit (Beta Vulgaris)

Bit adalah sayuran akar yang umumnya ditemukan di berbagai makanan dan salad. Betasianin, senyawa yang memberikan warna merah pada bit, telah terbukti memiliki efek positif pada kadar kolesterol dalam tubuh.

Bit dapat dimakan mentah sebagai salad atau direbus, dipanggang, atau dijus.

7. Kunyit (Curcuma Longa)

Kunyit adalah tanaman umbi-umbian yang biasanya digunakan dalam masakan India. Senyawa kurkumin yang terdapat dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Kunyit dapat digunakan sebagai bumbu dalam makanan atau diminum dalam bentuk teh kunyit.

8. Daun Jati Belanda (Gynura Procumbens)

Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara dan biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun jati belanda mengandung senyawa seperti flavonoid dan alkaloid yang telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah.

Biasanya direbus menjadi teh atau dapat dimakan dalam bentuk salad.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar kolesterol lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer