Sukses


Isi Teks Sumpah Pemuda yang Dicetuskan pada 28 Oktober 1928

Bola.com, Jakarta - Sumpah Pemuda menjadi bagian sejarah kemerdekaan Indonesia, yang dilakukan oleh pemuda-pemudi Indonesia.

Sumpah Pemuda dimaknai sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing. Kala itu mereka menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Sejarah mencatat, Sumpah Pemuda lahir dari Kongres Pemuda Kedua yang diadakan selama dua hari lamanya, tepatnya pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta.

Namun, satu hal yang unik adalah istilah "Sumpah Pemuda" tidak muncul pada hasil kongres 27-28 Oktober 1928 tersebut. Istilah ini justru muncul setelah kongres itu selesai.

Itulah sedikit gambaran peristiwa Sumpah Pemuda. Sebagai warga negara Indonesia, kamu perlu mengetahui dan memahami isi teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, berikut seperti dikutip dari laman museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id, Rabu (25/10/2023).

2 dari 2 halaman

Isi Sumpah Pemuda

Dalam Kongres pada 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta) ada tiga keputusan penting, yakni bernama Sumpah Pemuda yang berbunyi:

  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Tiga keputusan penting dari isi Sumpah Pemuda di atas sesuai dinding prasasti museum Sumpah Pemuda. Namun, penulisan teks di dinding prasasti tertulis menggunakan ejaan Van Ophuysen.

 

Sumber: museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer