Sukses


7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kunyit merupakan rempah yang sudah dikenal sejak zaman kuno, bukan hanya sekadar bumbu dapur yang memberikan cita rasa pada masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan. 

Di Indonesia, rempah ini populer untuk dijadikan ramuan tradisional seperti jamu, untuk menghilangkan beberapa penyakit. Bahkan banyak kunyit yang sudah menjadi minuman kemasan yang mudah untuk diminum.

Kunyit mudah didapatkan, banyak pasar tradisional dan supermarket yang menjual rempah ini. 

Rempah yang satu ini mengandung efek antioksidan tinggi dan dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Cari kunyit yang masih segar dan tidak layu ketika akan menggunakannya agar khasiat yang diberikan bisa terbilang lebih maksimal.

Berikut tujuh manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui, seperti dikutip dari Healthline, Rabu (25/10/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Mengatasi Nyeri Sendi dan Artritis

Satu di antara kegunaan kunyit yang paling sering ditemui adalah untuk meredakan nyeri dan radang sendi. Kunyit dapat mengurangi gejala artritis seperti pergerakan sendi yang terbatas, kekakuan sendi, dan pembengkakan berlebihan.

Penelitian menunjukkan kunyit dapat menghambat berbagai penyebab peradangan dan rempah ini juga dapat menjadi obat yang baik untuk mengatasi masalah sendi.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah sistem kekebalan tubuh yang merespons sebuah gangguan atau penyakit dalam tubuh. Bagian tubuh yang mengalami peradangan biasanya akan membengkak, memerah, dan menjadi sakit.

Walau hal tersebut menjadi reaksi sistem kekebalan tubuh yang normal, jika dibiarkan terus-menerus akan menjadi sesuatu yang serius.

Sifat antiinflamsi yang ada dalam kunyit dapat mengurangi gejala peradangan, dan efek antioksidan yang dimiliki dapat juga mengurangi stres oksidatif, yang biasanya ditemukan dalam peradangan tingkat rendah.

3. Membantu Mengobati Kanker

Beberapa penelitian yang dilakukan terhadap kunyit menjelaskan kunyit dapat menjadi pembantu untuk mengobati penyakit kanker. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa secara signifikan, kunyit mengurangi sel-sel kanker yang dapat menghambat tumbuhnya tumor.

Selain itu, mengonsumsi bubuk kunyit dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri setelah pasien kanker melakukan kemoterapi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengobati Maag

Rempah yang satu ini telah lama digunakan sebagai satu di antara obat yang ampuh untuk meredaka sakit perut. Cobalah meminum secangkir air panas yang telah diberi bubuk kunyit untuk meredakan sakit maag yang sedang kambuh.

Kemunculan maag biasanya dapat dipicu karena adanya luka di dalam lambung, yang disebabkan beberapa hal seperti racun, minuman beralkohol, infeksi bateri, dan berbagai jenis makanan asam.

Penelitian yang ada di jurnal Pharmacognosy Reviews, mengatakan kunyit dapat mengobati peradangan yang terjadi dalam lambung yang diakibatkan oleh luka dan melindungi perut dari luka tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika kamu ingin menurunkan gula darah dalam tubuh dan mencegah diabetes, kunyit mungkin dapat membantu. Beberapa penelitian yang dilakukan, menunjukkan kunyit dapat membantu pasien diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Mengonsumsi atau meminum bubuk kunyit dapat memberikan efek baik pada insulin dan menurunkan kadar glukosa yang ada dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

6. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Kunyit dapat meningkatkan fungsi endotel atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah. Selaput ini memiliki peran penting dalam mengatur tekanan darah. 

Penurunan fungsi endotel biasanya dialami oleh orang lanjut usia, dan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi kunyit dapat membantu meningkatkan fungsi endotel pada lansia dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan kesehatan mental dan fungsi kognitif secara keseluruhan adalah satu di antara kegunaan kunyit yang cukup populer. Kunyit dapat meningkatkan sintesis DHA yang penting untuk kesehatan otak.

Selain itu, kunyit memiliki efek antidepresan dan ansiolitik melalui kemampuannya untuk memodulasi kadar serotonin dan dopamin sehingga bisa juga digunakan sebagai obat untuk menghilangkan depresi.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer