Sukses


Bacaan Doa saat Terjadi Bencana Alam Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, bencana alam sering kali menjadi ujian yang menguji ketahanan dan ketabahan umat Islam.

Saat terjadi bencana alam, umat muslim dianjurkan untuk berdoa. Dalam ajaran Islam, doa memiliki kekuatan spiritual yang mampu memberikan ketenangan jiwa dan kekuatan dalam menghadapi situasi-situasi sulit seperti bencana alam. 

Doa saat terjadi bencana alam bisa kamu lafalkan agar terhindar dari marabahaya. Sebagai negara dengan letak geografis yang strategis, Indonesia termasuk kawasan yang rentan dengan bencana alam.

Dalam pandangan Islam, bencana alam termasuka tazkirah; peringatan agar para hamba Allah senantiasa memperkuat keimanan dan ketakwaan. Oleh sebab itu, setiap muslim hendaknya selalu terjaga untuk senantiasa mengingat Allah.

Berikut bacaan doa saat terjadi bencana alam menurut agama Islam, disadur dari Merdeka, Kamis (26/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa saat Terjadi Bencana Alam Menurut Agama Islam

Doa saat Terjadi Bencana Alam

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

Doa ketika Terkena Musibah 

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah kepadaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa saat Terjadi Bencana Alam Menurut Agama Islam

Doa ketika Terjadi Gempa Bumi Hingga Gunung Meletus

Doa 1

Bismillahilladzi la yadurru ma'asmihi syai'un fil ardhi wa laa fissamaa'i, wa huwassamii'ul 'aliim

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudarat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Doa 2

Allohumma bihaqqil fatihah, wasirril fatihah, yaa faarijal hamma, wa yaa kasyifal ghomma, yaa man li ibaadihi yaghfiru wa yarham, yaa dafi'al bala-i yaa allah, wa yaa dafi'al bala-i ya rohman, wa yaa dafi'al bala-i yaa rohiim.

Artinya: "Ya Allah, dengan kebenaran Al-Fatihah dan rahasia Al-Fatihah, Wahai Sang Pembedah Kegelisahan. Wahai Sang Penyingkap Kebingugnan. Wahai Zat yang mengampuni dan mengasihi para hamba-Nya, Wahai Sang Penolak Bala, Ya Allah. Tuhan Yang Maha Pengasih. Wahai Sang Penolak Bala, Tuhan Yang Maha Penyayang."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa saat Terjadi Bencana Alam Menurut Agama Islam

Doa Memohon Perlindungan

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal hadmi wa a‘ûdzubika minat taraddî wa a‘ûdzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘ûdzubika an yatakhabbathanîsy syaithânu ‘indal maut wa ‘aûdzubika an amûta fî sabîlika mudbiran wa a‘ûdzubika an amûta ladîghan.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung kepada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung kepada-Mu dari tenggelam, terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung kepada-Mu apabila setan menjerumuskan kepadaku ketika akan mati, dan aku berlindung kepada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung kepada-Mu apabila mati karena disengat."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Khulafa Pinta Winastya. Published: 5/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer