Sukses


Macam-Macam Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Bola.com, Jakarta - Kesehatan mata yang optimal merupakan hal yang penting untuk menjaga kualitas hidup yang baik. Dalam era digital yang kian mendominasi, perawatan mata menjadi makin penting, terutama dengan peningkatan penggunaan gadget dan paparan cahaya biru yang berlebihan.

Hal tersebut tidak baik dilakukan. Lantaran makin lama kita berada di depan layar komputer atau handphone maka mata kita akan terlalu sering terkena radiasi layar yang dapat menganggu kesehatan mata.

Saat keadaan mata sudah mengalami masalah atau gangguan, untuk menyembuhkannya cederung lebih sulit daripada saat kita menjaganya agar tetap sehat.

Bahkan jika keadaan gangguan mata yang makin memburuk akan berdampak cukup negatif. Bisa saja kamu akan kehilangan penglihatan karenanya.

Menjaga kesehatan mata bukanlah sesuatu hal sulit, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Beberapa di antaranya adalah rutin mengonsumsi makanan sehat dan beristirahat yang cukup saat menggunakan komputer.

Berikut macam-macam cara sederhana menjaga kesehatan mata, seperti dikutip dari Healthline, Sabtu (28/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

1. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi merokok juga dapat menganggu kesehatan mata karena asap yang dikeluarkan dari rokok mengandung berbagai macam bahan kimia berbahaya.

Saat mata terlalu sering terkena asap rokok maka mata kita akan terpapar berbagai macam jenis bahan kimia. Pada akhirnya dapat menimbulkan gangguan pada mata, seperti katarak dan kerusakan saraf optik.

Kerusakan saraf optik yang menjadi makin parah dapat menyebabkan penglihatan yang kabur hingga kehilangan penglihatan atau kebutaan.

2. Hindari Menggunakan Lensa Kontak Terlalu Lama

Menggunakan lensa konta terkadang memang membantu penglihatan dan memberikan kesan indah bagi mata. Namun, menggunakannya terlalu lama dapat berdampak negatif pada kesehatan mata.

Batas aman dalam menggunakan lensa kontak adalah delapan jam. Jika saat menggunakan lensa kontak lalu mata merasa kering, segeralah teteskan cairan yang khusus disediakan untuk penggunaan lensa kontak.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi berbagai macam makanan sehat seperti buah dan sayuran adalah cara alami yang dapat kamu lakukan dalam usaha menjaga kesehatan mata.

Sayuran dan buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi, khususnya vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan menjauhkan mata dari berbagai gangguan serius.

Selain itu mengonsumsi sayuran seperti wortel yang mengandung tinggi beta karoten, akan menangkal berbagai macam masalah mata yang berkaitan dengan usia, seperti berkurangnya penglihatan.

4. Menggunakan Kacamata Hitam

Menggunakan kaca mata hitam saat melakukan aktivitas di luar rumah di siang hari dapat melindungi mata dari paparan sinar UV, selain itu menggunakan kacamata juga dapat melindungi mata dari debu.

Mata yang terlalu sering terpapar sinar UV dapat memiliki berbagai gangguan, di antaranya paparan sinar UV dapat menyebabkan katarak, kornea terbakar, hingga kanker mata.

Dengan hal itu, usahakan menggunakana kacam mata hitam saat bepergian keluar rumah di siang hari agar mata dapat terjaga kesehatannya.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

5. Berolahraga dengan Rutin

Berolahraga secara rutin tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh. Hal tersebut juga dapat menjaga kesehatan mata dan meminimalisasi risiko penyakit mata.

Berolahraga dapat menurangi risiko kamu kehilangan penglihatan karena tekanan darah tinggi dan obesitas. Dengan berolahraga, tubuh akan terpacu untuk terus bergerak dan menjauhi tekanan darah yang tinggi.

6. Tidak Berada di Depan Layar Komputer Terlalu Lama

Tidak berada di depan layar komputer terlalu lama adalah cara yang cukup mudah untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan mata, dan menghindarkannya dari gangguan.

Terlalu lama di depan layar komputer atau handphone, dapat membuat mata kita mudah lelah dan terlalu sering terpapar radiasi layar, yang pada akhirnya mengakibatkan mata kering.

Selain itu jarak aman saat berada di depan layar komputer adalah 71 cm, dan perhatikan tingkat kecerahan layar, sebisa mungkin mengaturnya tidak terlalu terang.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer