Sukses


Contoh-Contoh Pidato Pendek Hari Sumpah Pemuda yang Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Hari Sumpah Pemuda diperingati tiap 28 Oktober, dan tahun 2023 akan menjadi peringatan yang ke-95 tahun.

Hari Sumpah Pemuda dapat dimaknai sebagai momen yang tak bisa dilupakan bagi bangsa Indonesia. Sebab, Sumpah Pemuda merupakan satu di antara momen penting dan bersejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia dari jajahan negara asing.

Sumpah Pemuda lahir dari Kongres Pemuda II yang diadakan selama dua hari, tepatnya pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta.

Sumpah Pemuda adalah ikrar yang dianggap sebagai kristalisasi semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menegaskan cita-cita berdirinya bangsa Indonesia. Saat itu para pemuda menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Dalam rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober biasanya diramaikan dengan banyak kegiatan. Contohnya mengadakan lomba pidato siswa tingkat SD, SMP hingga SMA.

Berikut contoh-contoh pidato pendek Hari Sumpah Pemuda yang bisa dijadikan referensi, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (27/10/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Pidato Pendek Hari Sumpah Pemuda 1

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Hari ini, kita berkumpul dalam semangat kebersamaan dan tekad yang sama, mengenang momen bersejarah Sumpah Pemuda. Di hari ini, puluhan ribu pemuda dari berbagai suku, agama, dan budaya bersatu untuk meraih cita-cita luhur: Satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air, Indonesia.

Sumpah Pemuda mengajarkan kita arti penting persatuan dan kesatuan. Kita harus menghargai keberagaman, membangun toleransi, dan menghormati perbedaan. Mari bersama-sama memperkuat fondasi kebangsaan dengan semangat persatuan yang kukuh agar Indonesia terus bersinar di kancah dunia.

Marilah kita bersatu padu, bekerja keras, dan saling mendukung untuk mencapai impian bersama: Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya.

Terima kasih. Sumpah Pemuda, hidup! Indonesia, maju!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3 dari 4 halaman

Contoh Pidato Pendek Hari Sumpah Pemuda 2

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudara-saudara yang terkasih,

Hari ini, kita berkumpul untuk merayakan momen bersejarah dalam perjalanan bangsa ini, yakni Sumpah Pemuda. Ingatlah, pada saat itu, para pemuda dengan semangat dan tekad yang tak kenal lelah bersatu untuk menyuarakan cita-cita besar: Satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air, Indonesia.

Sumpah Pemuda mengajarkan kita pentingnya persatuan dan kesatuan. Kita percaya bahwa keberagaman adalah kekuatan, bukan kelemahan. Mari kita hargai perbedaan, dan dari sinilah kekuatan sejati bangsa ini berasal. Kita harus melupakan perbedaan-perbedaan yang memecah belah, dan bersama-sama membangun Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera.

Di tangan kita saat ini, terletak tanggung jawab besar untuk meneruskan perjuangan para pendahulu kita. Marilah kita jaga semangat Sumpah Pemuda, dengan saling menghormati dan bekerja bersama demi masa depan yang lebih baik. Mari kita tinggalkan perpecahan dan bersatu padu karena dalam persatuan kita menemukan kekuatan.

Terima kasih. Mari kita bersama-sama menjaga semangat Sumpah Pemuda, membangun negeri ini, dan meraih cita-cita bersama. Sumpah Pemuda, merdeka! Terima kasih, Indonesia maju!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4 dari 4 halaman

Contoh Pidato Pendek Hari Sumpah Pemuda 3

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saudara-saudara yang saya hormati,

Pada hari yang bersejarah ini, mari kita bersama-sama merayakan Sumpah Pemuda, sebuah tonggak sejarah yang menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan para pemuda Indonesia tahun 1928. Melalui semangat ini, puluhan ribu pemuda dari berbagai suku, agama, dan budaya bersatu untuk menyuarakan keinginan bersama: Satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air, Indonesia.

Sumpah Pemuda, yang diucapkan dengan gagah berani pada tanggal 28 Oktober 1928, menjadi pijakan dasar bagi perjuangan bangsa ini meraih kemerdekaan. Para pemuda waktu itu bersumpah untuk bersatu dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Semangat ini harus kita jaga dan perkuat sebagai landasan moral bagi generasi penerus.

Dalam semangat Sumpah Pemuda, mari kita kenang tekad para pemuda masa lalu yang rela berkorban demi Indonesia merdeka. Kita wajib menghargai keberagaman sebagai kekayaan, bukan sebagai alasan perpecahan. Marilah kita tinggalkan perbedaan-perbedaan yang tidak produktif, dan bersama-sama fokus pada persamaan dan kecintaan kita pada tanah air ini.

Terima kasih. Mari kita terus jaga semangat Sumpah Pemuda, bekerja bersama dalam persatuan, untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera bagi semua warganya. Sumpah Pemuda, hidup! Indonesia maju!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Sumber: Berbagai sumber

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer