Sukses


7 Manfaat Sering Mengonsumsi Ikan Laut bagi Kesehatan Anak Muda

Bola.com, Jakarta - Kesehatan merupakan hal penting yang perlu dimiliki setiap orang. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Satu di antara elemen kunci dalam memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal adalah melalui pola makan yang seimbang. Ada banyak makanan sehat dan penuh nutrisi yang bisa dikonsumsi.

Dalam hal ini, ikan laut menjadi satu di antara harta karun nutrisi yang sering kali dilupakan oleh banyak orang. Ikan laut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Hal itu karena ikan laut sumber gizi yang kaya dan mengandung berbagai nutrisi penting. Dari omega-3, vitamin hingga mineral esensial, ikan laut menyediakan berbagai manfaat penting.

Selain itu, mengonsumsi ikan laut secara teratur dapat menjadi bagian penting dari diet seimbang yang mendukung kesehatan tubuh. Bahkan, ikan laut bermanfaat bagi kesehatan remaja.

Jadi, tak perlu ragu untuk menyantapnya karena ikan laut mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dengan tubuh yang sehat, seseorang dapat menjalani kegiatan sehari-hari dengan lancar dan penuh semangat.

Berikut manfaat sering mengonsumsi ikan laut bagi kesehatan remaja yang perlu diketahui, dilansir dari ditsmp.kemdikbud,go.id, Minggu (29/10/20223).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Rutin Mengonsumsi Ikan Laut

1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Nutrisi dalam ikan, terutama asam lemak omega-3, dapat meningkatkan kemampuan otak. Hal ini karena ikan bisa meningkatkan kadar Asam Eicosapentaenoic (EPA) dan Docosahexaenoic (DHA) sehingga baik untuk mendukung pertumbuhan otak.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Asam lemak omega-3 pada pada ikan dapat membantu menajamkan penglihatan. Selain itu, mengkonsumsi ikan juga dapat membuat mata tetap sehat dan cerah karena adanya kandungan vitamin A pada ikan.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Mengonsumsi makanan laut bukan hanya mencegah terjadinya depresi, melainkan juga bisa membantu mengatasi depresi.

Asam lemak omega-3 pada ikan dapat meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin dalam otak yang berperan menciptakan rasa bahagia pada seseorang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Rutin Mengonsumsi Ikan Laut

4. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Asam lemak omega-3 pada ikan laut baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. asam lemak omega-3 dapat mempermudah pergerakan sendi dan mengurangi kekakuan sendi akibat Arthritis Rheumatoid (peradangan kronis pada sendi).

Kandungan vitamin D pada beberapa ikan, seperti ikan salmon dan tuna bisa mendukung pertumbuhan tulang dan penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Dengan mengonsumsi ikan 1-3 gram per hari dapat mengurangi gejala nyeri sendi, termasuk kekakuan, bengkak, dan rasa tidak nyaman pada persendian.

5. Mencegah Penyakit Anemia dan Gondok

Ikan laut mengandung mineral yang baik untuk dikonsumsi. Mineral tersebut di antaranya adalah zat besi dan yodium. Zat besi berguna untuk mencegah anemia, dan yodium berguna untuk mencegah penyakit gondok.

6. Mengembangkan Massa Otot

Mengonsumsi ikan laut dapat membantu mengembangkan massa dan kekuatan otot pada remaja. Hal tersebut dikarenakan ikan laut memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak jahat.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan EPA pada ikan laut dapat memblokir enzim perusak kolagen sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari, membantu mengurangi pengaruh penuaan, dan memperbaiki kerusakan pada kulit.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer