Sukses


Macam-Macam Alasan Mengapa Harus Berhenti Mengonsumsi Minuman Bersoda

Bola.com, Jakarta - Minuman bersoda telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern. Namun, kesadaran seseorang akan dampak buruk minuman bersoda terhadap kesehatan terbilang cukup minim.

Perlu diketahui, jika terlalu banyak dikonsumsi, minuman bersoda dapat memberikan efek tidak baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, beberapa di antaranya adalah dapat meningkatkan risiko terkena kanker pada seseorang.

Mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi minuman bersoda akan menghindarkan dari risiko terkena berbagai macam penyakit. Kamu dapat mengganti minuman jenis ini dengan yang lebih sehat seperti jus atau air putih.

Ada beberapa alasan yang perlu kamu cermati mengapa kamu harus segera berhenti mengonsumsi minuman bersoda, satu di antaranya mengurangi risiko terkena kanker.

Berikut macam-macam alasan mengapa harus berhenti mengonsumsi minuman bersoda, dikutip dari Viralventura, Selasa (31/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Alasan Mengapa Harus Berhenti Mengonsumsi Minuman Bersoda

1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih biasanya sering diakibatkan karena mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung kalori dan juga gula, satu di antaranya adalah minuman bersoda.

Mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering dapat dengan mudah menaikan berat badan dengan cukup signifikan, dan dapat menaikan risiko terkena penyakit seperti obesitas.

Mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi minuman bersoda akan membantumu memiliki berat badan yang lebih ideal. Gantilah minum bersoda dengan air putih agar tubuh juga tetap terjaga kesehatannya.

2. Mengurangi Masalah Kandung Kemih

Kebanyakan minuman bersoda yang sering kamu konsumsi mengandung banyak kafein di dalamnya, dan dapat menyebabkanmu sering melakukan buang air kecil.

Namun, hal tersebut dapat menjadi lebih buruk lagi karena bisa membuat infeksi pada kandung kemih, dan membuatmu melakukan buang air kecil lebih sering dari yang seharusnya.

Minuman bersoda juga mengandung pemanis buatan yang dapat mengakibatkan beberapa masalah juga pada kandung kemih.

3 dari 4 halaman

Alasan Mengapa Harus Berhenti Mengonsumsi Minuman Bersoda

3. Meminimalisasi Risiko Terkena Penyakit

Minuman bersoda memang minuman yang lezat dan menyegarkan. Satu di antara bahan di dalam minuman bersoda yang dapat membuat rasa lezat adalah gula.

Seperti yang diketahui, mengonsumsi banyak gula dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit, seperti kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan diabetes.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, asam urat, dan obesitas.

Mulailah mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula seperti minuman bersoda, dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Memiliki atau mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula adalah hal tidak baik untuk kesehatan gigi secara keseluruhan.

Minuman bersoda mengandung lebih banyak gula daripada yang kamu kira, selain itu minuman bersoda mengandung asam dan dapat menyebabkan berbagai gangguan pada gigi.

Meminum diet soda juga tidak mengurangi risikomu memiliki masalah pada gigi karena diet soda juga memiliki kadar dan gula yang sama banyaknya dengan soda biasa.

4 dari 4 halaman

Alasan Mengapa Harus Berhenti Mengonsumsi Minuman Bersoda

5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Bahan aditif dan juga pewarna buatan adalah beberapa bahan dasar untuk membuat minuman bersoda, dan bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

Bahan-bahan kimia di dalam minuman bersoda dapat merusak sel-sel di dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai macam jenis kanker.

Hilangkanlah minuman bersoda dari daftar minuman kesukaanmu, dan menggantinya dengan minuman yang lebih menyehatkan seperti juah buah dan sayuran atau air putih.

 

Sumber: Viralventura

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer