Sukses


Cara Membuat Skala Prioritas Keuangan, biar Tidak Boncos

Bola.com, Jakarta - Skala prioritas keuangan adalah daftar kebutuhan seseorang dengan susunan mulai hal paling penting dan mendesak hingga yang bisa ditunda pemenuhannya.

Nantinya, hasil penyusunan ini akan berguna dalam pengambilan keputusan ketika orang tersebut hendak membelanjakan uangnya.

Tujuan seseorang menyusun skala prioritas kebutuhan adalah untuk menekan pengeluaran, menghindari pemborosan, dan memenuhi kebutuhan sesuai kemampuan pribadi karena mereka tahu mana yang wajib dipenuhi terlebih dahulu.

Contoh skala prioritas adalah ketika membuat rencana pengeluaran bulanan. Ketika bertindak sebagai seorang kepala keluarga, kebutuhan yang akan didahulukan adalah belanja bahan makanan, uang bulanan istri, biaya pendidikan anak, tabungan dan dana darurat, baru kemudian disusul oleh anggaran rekreasi.

Berikut cara membuat skala prioritas, dilansir dari lamanĀ Ocbcnisp, Selasa (31/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Faktor Penentu Skala Prioritas

Pendapatan

Perbedaan pendapatan merupakan hal yang membuat prioritas masing-masing orang berbeda. Makin tinggi penghasilan seseorang, biasanya mereka akan memiliki standar alternatif kebutuhan lebih tinggi.

Peran dalam Keluarga

Peran seseorang dalam keluarga juga berpengaruh dalam menentukan prioritas kebutuhan. Seorang pelajar mungkin akan menempatkan barang impiannya dalam daftar pertama, sedangkan kepala keluarga bisa saja lebih memprioritaskan pendidikan anak dan asuransi.

Lingkungan Sekitar

Lingkungan tempat tinggal biasanya turut mempengaruhi prioritas seseorang. Mereka yang tinggal di area penduduk berpenghasilan tinggi biasanya akan memiliki kebutuhan yang berbeda.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Skala Prioritas

Kemampuan Finansial

Hal penting dalam menentukan prioritas kebutuhan adalah kemampuan finansial. Sesuaikan penghasilan dengan pengeluaran mana saja yang harus diprioritaskan.

Misalnya, kamu memiliki pendapatan sebesar Rp4 juta dengan tanggungan istri dan anak, tentu keinginan membeli mobil mewah tidak bisa didahulukan.

Urgensi Kebutuhan

Urgensi adalah hal yang sangat penting dan mendesak untuk segera diselesaikan. Tak kalah penting dari kemampuan finansial, kamu juga perlu memperhatikan urgensi suatu kebutuhan.

Buatlah daftar barang yang perlu didahulukan pembeliannya, misal kamu harus membeli bahan makanan terlebih dahulu dibanding tas bermerek.

Mempertimbangkan Masa Depan

Pertimbangan terkait masa depan juga bisa menjadi hal yang penting dalam menentukan prioritas. Meski terlihat tidak mendesak, kebutuhan seperti membayar premi asuransi dan investasi penting dipertimbangkan karena berkaitan dengan kesejahteraan di masa mendatang.

Kesempatan

Adakalanya kamu akan dihadapkan pada kebutuhan yang tidak mendesak, tetapi hanya dapat dijangkau dalam waktu tertentu atau bahkan sekali seumur hidup. Misalnya, tawaran diskon besar untuk pembelian barang tersier yang sangat berguna bagi kegiatan sehari-hari.

Jika dirasa kesempatan ini tidak akan datang dua kali, tak masalah untuk mendahulukannya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Skala Prioritas

Pertimbangan saat Berbelanja

Ada beberapa hal penting untuk dipertimbangkan pada saat berbelanja agar daftar prioritas yang telah kamu susun dapat terlaksana. Berikut ini pertimbangan-pertimbangan tersebut:

Harga

Perbedaan harga barang tentu akan memengaruhi pengeluaran kamu. Oleh karena itu, lakukan survei perbandingan di beberapa toko agar dapat memilih mana yang paling terjangkau.

Mutu

Ketika membeli sesuatu, perhatikan pula kualitasnya. Membeli barang berkualitas baik, meski harganya lebih mahal tentu akan menguntungkan untuk jangka panjang.

Waktu

Usahakan untuk membeli sesuatu pada saat harga barang tersebut turun atau ada diskon maupun promo. Biasanya hal ini terjadi ketika hari raya atau tahun baru.

Tempat

Dalam daftar prioritas belanja, jangan lupa untuk menentukan toko tempat berbelanja. Pilihlah lokasi terdekat dari rumah agar tidak membutuhkan biaya transport besar.

Jumlah

Jangan lupa untuk berbelanja sesuai jumlah yang telah ditentukan agar pengeluaran kamu tidak membengkak.

Ā 

Sumber:Ā Ocbcnisp

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer