Sukses


Cars Menerapkan Integritas dalam Bekerja yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Integritas adalah bertindak secara konsisten antara apa yang dikatakan dengan tingkah lakunya sesuai nilai-nilai yang dianut (nilai-nilai dapat berasal dari nilai kode etik di tempat dia bekerja, nilai masyarakat atau nilai moral pribadi).

Secara sederhana, integritas adalah melakukan perbuatan yang beretika dan terpuji baik saat dilihat atau tidak dilihat oleh siapa pun.

Seseorang yang memiliki integritas yang tinggi akan selalu melakukan perbuatan sesuai etika moral dan prinsip yang dipegangnya.

Maka itu, saat di dunia kerja, mereka akan selalu bekerja keras dalam menyelesaikan pekerjaannya serta memperlakukan rekan kerja dengan hormat.

Berikut cara menerapkan integritas dalam bekerja, dilansir dari laman Glints, Kamis (2/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Menerapkan Integritas dalam Bekerja

1. Tunjukkan sikap selalu semangat bekerja

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menerapkan integritas dalam bekerja adalah dengan menunjukkan sikap proaktif dan semangat menjalani pekerjaan.

Tunjukkan hal tersebut dengan masuk kantor tepat waktu, selalu mengerjakan pekerjaan sebelum deadline, hingga bersemangat saat harus rapat terus-menerus.

Saat kamu menunjukkan sikap yang selalu semangat dalam bekerja, tentunya akan menyebarkan kesan yang positif di kantor. Bahkan, hal itu bisa membuat rekan kerja untuk ikut bersemangat.

2. Menghormati pendapat orang lain

Menghormati pendapat orang lain adalah satu di antara contoh bentuk integritas. Hal yang satu ini juga harus kamu lakukan saat berada di tempat kerja.

Saat berdiskusi, jangan pernah memaksakan kehendak agar orang lain menuruti pendapat kita. Hal itu membuat kita terlihat egois dan tidak kompeten.

Menurut Forbes, menerapkan integritas dalam bekerja bisa dilakukan dengan menghormati pendapat yang diberikan oleh orang lain. Bahkan, seharusnya kita mendorong agar setiap orang mau memberikan pendapat dan ide demi kemajuan perusahaan.

3 dari 3 halaman

Cara Menerapkan Integritas dalam Bekerja

3. Berikan contoh yang positif

Meski kamu belum menjabat sebagai seorang pemimpin, bukan berarti tidak perlu memberikan contoh sikap yang positif. Misalnya, kamu bisa bekerja dengan keras serta selalu menjunjung etika profesi agar dapat memberikan yang terbaik untuk perusahaan.

Saat memberikan contoh yang positif seperti itu, tentunya akan membuat orang lain untuk tertarik ikut melakukannya.

Saat semua orang di tempat kerja mampu memberikan contoh yang positif, tentu lingkungan kerja akan lebih sehat.

4. Selalu patuhi peraturan perusahaan

Seseorang yang berintegritas pastinya juga akan selalu mematuhi segala peraturan yang ditentukan oleh perusahaan.

Kamu harus paham dan ingat bahwa kebijakan perusahaan dikembangkan untuk kebaikan karyawan serta meningkatkan profesionalisme.

 

Sumber: Glints

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer