Sukses


5 Contoh Paragraf Induktif Berbagai Tema, Singkat dan Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Ada lima jenis paragraf yang dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Satu di antara jenis paragaraf adalah paragraf induktif.

Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang memuat penjelasan-penjelasan berupa fakta, contoh-contoh, perincian khusus, atau bukti, lalu diakhiri dengan kalimat utama.

Paragraf induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum. Singkatnya, paragraf induktif adalah paragraf yang meletakkan gagasannya di akhir kalimat.

Kalimat gagasan dalam paragraf induktif ditandai dengan munculnya konjungsi, seperti; jadi, maka, dengan demikian, akhirnya, dan karena itu.

Jika kamu masih merasa kebingungan, ada beberapa contoh paragraf induktif dalam berbagai tema yang bisa dicermati.

Berikut lima contoh paragraf induktif singkat dan mudah dipahami, dikutip dari laman Gurupendidikan dan Kakakpintar, Jumat (3/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Induktif 1

Bagi warga Jakarta, membuang sampah senaknya ke sungai sudah jadi kebiasaan, bahkan tradisi sejak dulu. Padahal, kebiasaan buruk ini sudah dirasakan akibatnya hampir setiap tahun.

Sampah-sampah ini bisa menyebabkan aliran sungai terhambat dan akhirnya menimbulkan banjir. Tidak heran banjir yang terjadi di Jakarta sering kali disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.

3 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Induktif 2

Belajar dengan sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam bukan hal yang patut dicontoh. Apalagi kalau esok harinya adalah hari ujian.

Akibat yang bisa dirasakan adalah rasa kantuk ketika sedang mengerjakan ujian. Maka itu, persiapkan diri dan mulai belajar sejak jauh-jauh hari sebelum waktu ujian tiba.

4 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Induktif 3

Secara ekonomi, kota ini sangat kondusif untuk berbisnis. Secara budaya, kota ini amat kaya akan ragam budaya etnis. Penduduknya relatif terbuka terhadap unsur etnis yang berbeda-beda.

Secara geografis, kota ini terletak di daerah yang relatif tinggi, tetapi tidak terlalu tinggi. Artinya, kota ini relatif sejuk. Itulah antara lain tiga hal yang membuat kami merasa amat kerasan tinggal di Kota Bandung ini.

5 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Induktif 4

Tempe mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan protein yang tinggi itu membuatnya hampir setara dengan makanan lain yang mengandung protein, seperti daging, dan susu.

Meski hampir sama, harga tempe lebih murah jika dibandingkan dengan harga daging ayam ataupun susu. Hal itu membuat tempe menjadi makanan pilihan bagi sebagian orang karena harganya yang terjangkau.

Itulah mengapa, tempe menjadi makanan bergizi pengganti makanan-makanan mahal.

6 dari 6 halaman

Contoh Paragraf Induktif 5

Manusia tidak bisa hidup sendiri di dunia ini. Mereka selalu memerlukan bantuan orang lain dalam segala segi kehidupan.

Contohnya adalah manusia membutuhkan manusia lainnya untuk keperluan seperti, makan, bepergian, membangun tempat tinggal, dan lain-lain. Bahkan ketika mati pun manusia masih membutuhkan uluran tangan manusia lain.

Hal ini membuktikan bahwa tidak ada manusia yang bertahan hidup di dunia sendiri karena pasti mereka akan mati. Oleh karena itu, manusia disebut juga dengan makhluk sosial.

 

Sumber: Gurupendidikan, Kakakpintar

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer