Sukses


Contoh Profesionalitas dalam Bekerja beserta Cara Meningkatkannya

Bola.com, Jakarta - Profesionalitas adalah karakteristik atau sifat-sifat yang menunjukkan tingkat kualitas, komitmen, etika, dan perilaku yang diharapkan dari seseorang dalam konteks pekerjaan atau karier.

Ini mencakup berbagai aspek dalam lingkungan profesional, dan profesionalitas yang baik sering kali dianggap sebagai faktor penting dalam kesuksesan di tempat kerja.

Profesionalitas yang kuat adalah kualitas yang sangat dihargai dalam dunia kerja.

Profesionalitas akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang efisien, produktif, dan berintegritas. Profesionalitas juga berkontribusi pada citra dan reputasi individu atau organisasi.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang profesionalitas, dilansir dari laman Ekrutes, Minggu (5/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Profesionalitas dalam Bekerja

1. Ahli dan Mahir

Seseorang yang punya sikap profesional tinggi biasanya menguasai dalam suatu bidang. Selain itu, mahir juga dalam menggunakan alat dan strategi tertentu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas pekerjaannya.

2. Bertanggung Jawab

Orang yang profesional tentu akan memiliki rasa tanggung jawab terhadap beban kerja yang sudah menjadi tugasnya dengan berusaha menyelesaikannya tepat waktu.

Namun, perlu diingat bahwa alangkah baiknya jika sikap tersebut diiringi dengan rasa tanggung jawab terhadap keluarga, bukan semata-mata untuk pekerjaan saja karena jika individu terlalu mengutamakan profesionalitas pekerjaan di atas segalanya, bisa disebut juga workaholic.

3. Memisahkan Urusan Pribadi dengan Kantor

Contoh sikap profesional selanjutnya adalah tidak membawa masalah pribadi ke kantor karena hal tersebut bisa saja menghambat produktivitas dan menurunkan integritasmu.

3 dari 5 halaman

Contoh Profesionalitas dalam Bekerja

4. Obyektif dan Independen

Sikap profesional berikutnya ditunjukkan oleh kemampuanmu dalam mempertahankan objektivitas serta bebas dari segala konflik. Tak hanya itu, kamu juga harus menunjukkan sikap independen, dalam arti tidak memiliki kecenderungan untuk bergantung kepada orang lain.

Dengan kata lain, mampu mengambil keputusan dan inisiatif lebih dahulu sebelum disuruh oleh orang lain. Kamu juga harus punya keyakinan akan pendirian dan prinsipmu sendiri tanpa mudah terpengaruh oleh keputusan atau pendapat orang lain.

5. Berorientasi ke Masa Depan

Sifat profesional juga ditunjukan oleh contoh sikap yang berorientasi ke masa depan, entah itu jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan begitu, kamu akan mampu mengatur strategi terhadap lingkungan yang terus berubah dan berkembang.

Selain itu, bisa juga untuk mengantisipasi suatu masalah yang mungkin akan terjadi di masa depan.

6. Cerdas dan Berpengalaman

Contoh sikap yang satu ini mengacu pada wawasan dan keterampilanmu dalam menganalisis suatu persoalan dan peka dalam membaca situasi.

Hal tersebut biasanya terasa seiring banyaknya pengalaman kamu dalam menjalankan tugas pekerjaan. Makin berpengalaman kamu maka akan cerdas dan cermat juga kamu dalam menyelesaikan masalah atau mengambil suatu keputusan.

4 dari 5 halaman

Skill Pengembangan Diri untuk Tingkatkan Profesionalitas

1. Critical Thinking

Sebagai seorang profesional, pastinya harus memiliki pemikiran yang kritis terhadap situasi atau masalah tertentu. Bagaimana cara melatihnya?

Perbanyaklah membaca buku untuk menambah wawasanmu serta sering berdiskusi dengan orang yang lebih ahli. Kamu bisa berdiskusi dengan guru, keluarga, rekan kerja, maupun sahabat.

2. Menganalisis dan Menyeleksi Informasi

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, kamu perlu memiliki bekal skill menganalisis informasi agar terhindar dari berita hoaks yang sering muncul.

Jika kamu sampai menggunakan informasi yang tidak benar saat bekerja maka profesionalitasmu akan berkurang.

Tipsnya adalah jangan langsung percaya dengan segala informasi atau berita yang kamu peroleh, entah itu dari mulut orang lain atau media sosial.

Cari tahu dulu kebenarannya dengan mengakses lebih banyak informasi dari sumber yang dapat dipercaya sebagai perbandingan.

5 dari 5 halaman

Skill Pengembangan Diri untuk Tingkatkan Profesionalitas

3. Kreatif dan Inovatif

Skill pengembangan diri sebagai seorang profesional adalah kreatif dalam mengatur strategi untuk menyelesaikan masalah secara efektif. Selain itu, kamu juga harus inovatif, yaitu mampu menemukan gagasan atau ide-ide baru yang berkaitan dengan bidang pekerjaan kamu.

4. Skill Kolaborasi

Sebagai orang yang profesional, tidak harus selalu independen dan melakukan segala pekerjaan maupun mengambil keputusan sendiri.

Adakalanya kolaborasi dan kerja sama tim lebih dibutuhkan agar tugas bisa diselesaikan dengan baik.

Melalui kegiatan tukar pikiran atau pengalaman, kritik, dan saran akan membangun mental kamu menjadi seorang profesional yang lebih baik.

5. Time Management

Tepat waktu merupakan suatu hal yang menjadi kebiasan seorang yang memiliki jiwa profesional tinggi.

Jika kamu kurang mampu dalam memanajemen waktu, tentu akan membuat pekerjaanmu berantakan. Contohnya, datang terlambat ke kantor atau menyelesaikan tugas melebihi deadline.

Cobalah untuk membiasakan diri untuk lebih disiplin waktu, dimulai hal-hal kecil seperti bangun pagi tepat waktu dan membuat timeline kegiatan sehari-hari.

 

Sumber: Ekrutes

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer