Sukses


Pelajar Makin Antusias Jalani Kompetisi Atletik, Peserta SAC Indonesia 2023 di Jakarta dan Banten Meningkat Signifikan

Bola.com, Jakarta - Student Athletic Championship (SAC) Indonesia 2023 terus berlanjut, di mana DKI Jakarta-Banten Qualifiers digelar di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta, 3-5 November 2023. Jumlah peserta di sesi kualifikasi SAC Indonesia 2023 ini meningkat pesat jika dibandingkan dengan kualifikasi yang sama pada tahun lalu.

Kualifikasi DKI Jakarta-Banten untuk SAC Indonesia 2023 diikuti oleh 4.520 pelajar yang mewakili 360 sekolah, dari level SD, SMP, maupun SMA/Sederajat.

Catatan itu membuat jumlah peserta naik 68 persen, sementara partisipasi sekolah yang mengikuti kompetisi ini meningkat 51 persen. Pada musim lalu, sesi kualifikasi DKI Jakarta-Banten diikuti oleh 2.689 siswa dari 239 sekolah.

Ketua Pengprov PASI DKI Jakarta, Mustara Musa, menyambut baik antusiasme peserta, baik siswa maupun sekolah, dalam SAC Indonesia 2023.

Menurutnya ini menjadi selaras dengan agenda PB PASI yang akan mencari talenta muda yang bakal disiapkan untuk jenjang berikutnya.

"Kompetisi ini berhasil menarik minat anak-anak kalangan pelajar untuk merasakan pengalaman berkompetisi di atletik. Semoga bisa terus diselenggarakan setiap tahunnya, agar bisa menjadi ukuran bagi para pelajar dan pelatih untuk terus meningkatkan performa," ujar Mustara Musa.

"Tidak ada kata lain, kalau ingin memajukan pembinaan atletik itu harus dengan kompetisi karena itu bisa memaksimalkan potensi diri dan memacu anak untuk kembali berlatih, terutama untuk kompetisi yang akan datang," lanjutnya mengenai SAC Indonesia 2023.

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 3 halaman

Peserta dari Banten Tidak Kalah Bersaing

Seperti musim lalu, SAC Indonesia 2023 DKI Jakarta-Banten Qualifiers mempertandingkan lima event utama, yaitu sprint, lari jarak menengah, estafet, lompat jauh, dan tolak peluru. Bahkan untuk tingkat SD juga diperlombakan Kids Athletics.

Persaingan sengit tersaji pada hari pertama kompetisi, Jumat (3/11/2023). Bahkan peserta dari Banten tak mau kalah bersaing. Sebagai contoh, delegasi dari SMAN 15 Kota Tangerang memiliki wakil yang patut diperhitungkan pada nomor lompat jauh putri, yaitu Pepry Delilah.

Siswa kelas XI ini berhasil naik podium juara dengan jarak lompatan terbaiknya mencapai 4,62 meter. Padahal ini ajang pertama bagi Pepry.

"Senang banget. Memang dari awal sudah ambisi harus bisa naik podium, karena dari tahun kemarin ingin ikut, tetapi ada kendala," ungkap Pepry usai lomba.

Perjuangan Pepry untuk menghuni podium pertama tentunya tak mudah. Ia bahkan datang ke Stadion Atletik Rawamangun seorang diri, tanpa ditemani pelatih dan orang tua.

"Kebetulan pelatih ada keperluan yang enggak bisa ditunda. Jadi enggak apa-apa berangkat sendiri naik motor. Walaupun sempat nyasar hahaha," kelakarnya. 

Dengan berhasil menghuni podium pertama, Pepry otomatis berhak tampil pada National Championship yang akan digelar  di Solo pada Januari 2024.

Ia akan ditemani oleh dua wakil dari DKI Jakarta-Banten Qualifiers, yakni Dhleta Rahma Dewi P dari SMAN 3 Tangerang dan Rahila Savira Nadin dari SMAN 2 Pandeglang, yang masing-masing mengisi podium kedua dan ketiga setelah mencatatkan lompatan 4,50 meter dan 4,20 meter.

Dari persaingan putra, Bagus Athaya Ahnaf dari SMAN 1 Ciruas berhasil meraih podium juara dengan lompatan sejauh 5,62 meter.

Kemudian Yanka Yaferdwiky dari SMAN 100 Jakarta pada posisi kedua, yang juga mengklaim tiket menuju National Championship setelah mencatatkan jarak lompatan sejauh 5,52 meter.

Sedangkan Muhammad Ichsan dari SMAN 4 Jakarta menyusul di urutan ketiga dengan perolehan lompatan sejauh 5,43 meter. 

3 dari 3 halaman

Masih Ada 2 Kualifikasi Wilayah Lagi

DKI Jakarta-Banten qualifiers merupakan penyelenggaraan kempat pada SAC Indonesia 2023. Tiga kualifikasi sebelumnya sukses digelar, masing-masing di Medan (Sumatera Qualifiers), Bandung (West Java Qualifiers), dan Kupang (Bali-Nusra Qualifiers).

Setelah ini, masih ada dua penyelenggaraan lagi, yang akan dilangsungkan di Semarang (Central Java Qualifiers) dan Surabaya (East Java Qualifiers).

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2.000 sekolah dari seluruh Indonesia. Tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat, mulai di babak regional atau qualifiers dan berlanjut ke National Championship. Juara, runner-up, dan peringkat ketiga dari masing-masing nomor lomba tingkat SMA/sederajat dari babak regional qualifiers, akan dilombakan di tingkat nasional atau babak National Championship.

Video Populer

Foto Populer