Sukses


Rheza Danica Ahrens Rebut Podium ARRC China, Pembalap AHRT Bakal Pastikan Status Juara Asia

Bola.com, Jakarta - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens, berhasil meraih podium kedua dalam race pertama seri kelima Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 di kelas Asia Production 250 cc (AP250) di Zhuhai International Circuit, China, Sabtu (4/11/2023).

Hasil yang diraih Rheza Danica Ahrens ini memperkuat posisi 3 besar klasemen ARRC 2023 yang dikuasai pembalap AHRT, yaitu Rheza bersama Veda Ega Pratama dan Herjun Atna Firdaus. Salah satu pembalap AHRT ini akan menjadi juara Asia AP250.

Balapan ARRC di Zhuhai, China, dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pembalap binaan PT AStra Honda Motor (AHM) untuk meraih podium tertinggi. Rheza, Veda, dan Herjun memang tampil agresif sepanjang balapan berlangsung.

Dalam hasil sesi kualifikasi kelas AP250 ARRC 2023, Veda mampu menempati posisi pertama dengan catatan waktu tercepat 1:50,117. Sementara Rheza dan Herjun memulai balapan dari posisi keempat dan kelima dengan catatan waktu tercepat masing-masing 1:50,583 dan 1:50,741.

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 3 halaman

Makin Pede

Selepas start race pertama pada Sabtu (4/11/2023), Rheza sempat kesulitan mempertahankan posisinya hingga turun ke posisi ketujuh. Secara perlahan, Rheza mampu masuk dalam rombongan terdepan bersama tiga pebalap lainnya.

Memasuki lap kelima, ia tampil secara konsisten dan impresif dengan memberikan perlawan yang ketat untuk pembalap lainnya. Akhirnya, Rheza berhasil finis pada posisi kedua setelah bersaing pada tikungan terakhir hingga menyentuh garis finis.

"Alhamdullillah, race pertama ini memberikan hasil yang baik buat saya dan Astra Honda. Pastinya ini sudah menguatkan kepercayaan diri saya untuk tampil makin baik di race berikutnya," ujar Rheza dalam rilis yang diterima Bola.com.

"Terima kasih kepada tim yang sudah bekerja keras menberikan motor terbaik untuk saya. Dalam pertarungan yang sangat ketat hari ini, saya masih bisa terus bersaing di top group dan semoga race kedua besok bisa kembali lebih baik lagi," lanjut Rheza.

Veda juga tampil dominan sepanjang balapan. Pebalap muda ini dapat mempertahankan posisi pertama sejak awal balapan dan mampu memperlebar jarak dengan pebalap lainnya hingga 7 detik.

Namun, Veda harus menjalani hukuman ride trough yang dijalaninya di lap 8, hingga harus puas finis di posisi keenam. Sedangkan pebalap lainnya, Herjun harus menyelesaikan balapan lebih cepat akibat terjatuh pada tikungan terakhir pada lap kedua.

Dengan hasil ini, juara AP250 dapat dipastikan digenggam oleh pebalap AHRT mengingat posisi klasemen sementara ARRC 2023 diduduki 3 pebalap AHRT, yaitu Rheza pada posisi pertama dengan perolehan 175 poin, Herjun pada posisi kedua dengan 149 poin, dan Veda pada posisi ketiga dengan total 110 poin.

3 dari 3 halaman

Hasil Kelas Lain

Pada kelas Supersport 600cc (SS600), pebalap AHRT, Adenanta Putra, start dari posisi tiga yang didapatkan dari hasil kualifikasi dengan catatan waktu tercepat 1:36,893.

Sejak awal balapan, Adenanda bersaing dengan pebalap lainnya yang berada di grup terdepan. Pada pertengahan balapan berlangsung, terjadi insiden dan red flag dikibarkan sehingga balapan terhenti sesaat.

Balapan dilanjutkan dengan persaingan ketat antar pebalap pada 4 lap terakhir. Adenanta tertahan pada rombongan kedua dan harus puas finis pada posisi ke-8.

"Race pertama ini berjalan tidak sesuai harapan. Saat saya mencoba untuk menekan agar bisa terus bersaing dengan top group, saya kurang bisa menguasai traksi roda belakang, terutama saat akan akselerasi pada tikungan," ungkap Adenanta.

"Hal ini membuat saya kehilangan sedikit waktu dan kesulitan untuk bisa bertarung di top group. Saya akan berusaha untuk tampil lebih baik lagi di race kedua besok," lanjutnya.

Pada kelas Asia Superbike 1000cc, Andi Farid Izdihar, yang saat ini tergabung di Honda Asia-Dream Racing memberikan kemampuan terbaiknya dengan menunggangi CBR1000RR.

Start dari posisi kedua, Andi Farid bersaing ketat pada rombongan pertama dengan menghadapi tiga pebalap lainnya untuk perebutan podium. Andi akhirnya finis di posisi keempat.

Balapan kedua pada seri kelima ARRC di Zhuhai, China akan digelar pada Minggu, 5 November 2023. Kelas AP250 berlangsung pada pukul 13:30 WIB dan kelas SS600 pada pukul 14:20 WIB.

Video Populer

Foto Populer