Sukses


Macam-Macam Cara Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

Bola.com, Jakarta - Saat musim hujan, kendati membawa keindahan dan kesegaran alam, juga sering kali menjadi tantangan bagi kesehatan tubuh.

Fluktuasi suhu, kelembapan yang tinggi, dan peningkatan risiko infeksi membuat pentingnya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi fokus perhatian kita.

Selama musim hujan, risiko terkena flu, batuk, dan pilek lebih tinggi karena kelembaban udara yang tinggi dan suhu yang rendah.

Selain itu, hujan dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri pada permukaan yang lembap seperti dinding rumah dan perabotan. Hal ini dapat memicu alergi dan masalah pernapasan pada orang yang rentan terhadap kondisi ini.

Itulah mengapa, kamu harus melakukan beberapa upaya untuk menjaga kesehatan di saat musim penghujan tiba. 

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan dilakukan dengan memperhatikan gaya hidup dan berbagai hal yang kita konsumsi.

Berikut macam-macam cara menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh saat musim hujan, seperti disadur dari Liputan6, Senin (6/11/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

1. Tidur yang Cukup

Jangan anggap sepele manfaat tidur. Melansir My Heart Finder, tidur yang cukup bermanfaat untuk mencegah tubuh sakit, dapat menjaga berat badan yang ideal, dan menurunkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup serta kualitas tidur yang buruk, tubuh kesulitan melepaskan sitokin. Sitokin adalah protein yang berperan penting dalam melawan infeksi.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh jam atau lebih untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan jadwal yang teratur setiap malamnya.

2. Olahraga Teratur dan Berjemur

Olahraga ringan yang teratur baik untuk sistem kekebalan dan kesehatan mentalmu. Dengan berolahraga dapat meningkatkan aliran darah yang mengedarkan sel darah putih ke seluruh tubuh.

Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh dan menjadi garis terdepan ketika tubuh terinfeksi kuman.

Jangan lupa untuk menyempatkan diri berjemur. Meski mungkin matahari tidak selalu muncul setiap hari di musim hujan, tubuh membutuhkan asupan Vitamin D untuk membantu menangkal kuman.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

3. Minum Air Mineral yang Banyak

Minum air mineral yang banyak dapat membantu membuang racun tubuh dan mengencerkan lendir di saluran pernapasan.

Jika kamu pilek, lendir tersebut akan meningkat untuk melawan infeksi dan menjaga lendir tetap encer memudahkan kamu untuk mengeluarkannya dari hidung.

Banyak minum air mineral juga membantu mencegah dehidrasi. Umumnya, manusia harus minum minimal empat hingga enam cangkir per hari, tetapi kebutuhan air orang dapat berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh masing-masing.

4. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang sehat dan seimbang merupakan hal penting untuk menjaga sistem imun tubuh. Sebagian besar sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan sehingga kamu harus menjaga agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Jika kamu membutuhkan bantuan, bisa berkonsultasi dengan dokter untuk membantu kamu menentukan nutrisi yang baik bagi tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

5. Segera Vaksinasi Flu

Flu yang dialami saat musim hujan dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Maka itu, sebisa mungkin kamu mencegahnya dengan divaksinasi flu. Idealnya, vaksinasi flu dilakukan sekali setiap tahun untuk menjaga tubuh kebal dari virus penyebab flu.

6. Hindari Stimulan

Untuk menjaga daya tahan tubuh, hindari stimulan penurun daya tahan tubuh, seperti minuman energi, soda, kafein yang berlebih, dan nikotin.

Merokok dapat menekan sistem kekebalanmu karena menekan antibodi yang dibuat oleh tubuh secara alami yang berfungsi untuk melawan flu.

Minuman beralkohol juga perlu diwaspadai. Minuman ini selain dapat menaikan berat badan, dapat pula menciptakan lingkungan yang menarik bagi virus.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Gabriella Ajeng Larasati, Editor: Dinny Mutiah. Published: 12/11/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer