Sukses


Macam-Macam Tanda Seseorang Harus Mengubah Pola Makan

Bola.com, Jakarta - Pola gizi yang sehat merupakan satu di antara pilar penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita. Namun, terkadang kebiasaan pola makan yang tidak sehat dapat menjadi sumber berbagai masalah kesehatan serius. 

Mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, makanan kemasan, hingga berbagai camilan tidak sehat akan memberi risiko kamu terkena berbagai macam penyakit.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung tinggi gula juga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang pada akhirnya akan timbul penyakit diabetes.

Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan prima adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin.

Mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan berlemak, akan memberikan dampak positif bagi tubuh karena mereka kaya akan kandungan nutrisi dan gizi.

Ada beberapa tanda yang dapat kamu cermati bahwa pola makan yang kamu lakukan perlu diubah menjadi lebih sehat, beberapa di antaranya adalah memiliki masalah pencernaan dan masalah sirkulasi darah.

Nah, berikut macam-macam tanda seseorang harus mengubah pola makan, seperti dilansir dari Curiousmob, Selasa (7/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tanda Kamu Harus Mengubah Pola Makan

1. Memiliki Masalah Pencernaan

Mengalami masalah pencernaan merupakan hal menjengkelkan, apalagi saat mengelami sembelit atau susah buang air besar, yang akan berefek pada sakit pada bagian perut.

Jika kamu telah mengonsumsi berbagai jenis obat, tetapi tidak kunjung usai masalah pada pencernaan, mungkin yang harus dilihat adalah pola makanmu, bisa saja terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan cepat saji.

Kurangi mengonsumsi makanan cepat saji, dan beralih pada makanan yang menyehatkan tubuh, seperti makanan yang memiliki kandungan serat dan nutrisi yang tinggi.

Kamu dapat mencoba memulai mengonsumsi sayur-sayuran. Berbagai macam jenis buah, yoghurt, dan juga kacang-kacangan, makanan penuh nutrisi dan serat tersebut dapat meredakan dan mengurangi risiko masalah pada pencernaan.

2. Masalah Sirkulasi Darah

Masalah sirkulasi darah biasanya dialami oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes karena kadar gula yang cukup tinggi pada aliran darah mereka.

Seseorang yang memiliki masalah dengan sirkulasi darah harus memperhatikan asupan atau pola makan mereka karena makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap sirkulasi darah di dalam tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat akan memberikan efek buruk pada sirkulasi darah manusia, dan pada beberpa kasus akan menimbulkan varises.

Jika kamu memiliki sirkulasi darah yang buruk atau varises, coba mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi alami, seperti bawang dan beri. Penting juga meminum banyak air untuk mendorong aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh.

3 dari 4 halaman

Tanda Kamu Harus Mengubah Pola Makan

3. Kesulitan dalam Berkonsentrasi dan Mengingat

Pola makan yang kamu miliki tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan badan atau secara fisik saja, tetapi juga dapat sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan emosional.

Makanan tinggi gula atau makanan cepat saji dapat memengaruhi daya ingat dan kemampuan sesorang untuk berkonsentrasi. Beberapa makanan, seperti minuman bersoda, bahkan dikaitkan dengan munculnya penyakit alzheimer.

Namun, banyak juga makanan enak yang dapat menyehatkan otak dan kondisi mental, seperti biji-bijian, ikan salmon, sayuran, dan berbagai macam kacang-kacangan.

Beberapa jenis makanan tersebut dapat meningkatkan kinerja otak untuk menghindari masalah mental dan membantu kamu untuk tetap fokus dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

4. Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang memiliki tekanan darah yang cukup tinggi karena tidak memperhatikan pola makan sehari-hari. Makanan yang kamu konsumsi tanpa disadari dapat berpengaruh pada tekanan darah.

Ada berbagai macam makanan yang dapat menurunkan tekanan darah, dan begitu pula ada juga yang dapat menaikkan tekanan darah. Usahakan menghindari makanan tinggi garam atau makanan kemasan yang banyak mengandung natrium.

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, ubahlah pola makanmu dengan makan lebih banyak sayuran hijau, beri, pisang, dan ikan berlemak. Setelah kamu mengubah pola makan dengan makanan sehat, kamu mungkin bisa mengurangi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4 dari 4 halaman

Tanda Kamu Harus Mengubah Pola Makan

5. Berat Badan Mengalami Kenaikan Signifikan

Jika kamu memiliki kenaikan berat badan yang terus-menerus dan cukup signifikan maka kamu harus segera mengubah pola makan agar berat badan tidak terus mengalami kenaikan.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menaikan berat badanmu dengan cukup cepat, seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, dan makanan kemasan.

Jenis makanan tersebut biasanya mengandung banyak kalori dan gula yang dapat menambah lemak di dalam tubuhmu. Kelebihan berat badan yang tidak segera ditangani dengan baik akan menyebabkan obesitas.

Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan gizi, seperti sayur-sayuran, ikan, buah-buahan, dan biji-bijian sehingga akan membantumu menjaga berat badan yang ideal.

 

Sumber: Curiousmob

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer