Sukses


6 Hadis tentang Menghargai Waktu yang Bisa Jadi Pengingat

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang pasti akrab dengan "waktu". Bagi sebagian orang, waktu itu sangat berharga karena waktu terus berjalan dan tak akan bisa terulang.

Namun, adakalanya, kita pernah menyia-nyiakan waktu. Padahal, waktu termasuk satu di antara nikmat yang diberikan oleh Allah Swt. kepada manusia.

Umat muslim dianjurkan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Dalam ajaran Islam, menghargai waktu adalah bentuk bukti keimanan dan ketakwaan seorang muslim.

Allah Swt. berkali-kali menyebutkan waktu dalam ayat-ayat Al-Qur'an. Satu di antaranya tercantum dalam surah Al Asr ayat 1-2.

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian."

Pada hakikatnya, waktu bagi manusia adalah umurnya sendiri. Saat waktu berlalu maka usianya pun makin berkurang.

Rasulullah saw. juga sering memperingatkan umatnya dalam beberapa hadis tentang menghargai waktu.

Berikut enam hadis tentang menghargai waktu yang bisa jadi pengingat umat muslim, dikutip dari laman iainponorogo.ac.id dan Bacaanmadani, Kamis (9/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Menghargai Waktu

Hadis tentang Menghargai Waktu (1)

"Jagalah lima perkara sebelum (datang) lima perkara (lainnya). Mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, waktu luangmu sebelum sibukmu dan hidupmu sebelum matimu." (HR. Nasai, Baihaqi)

Hadis tentang Menghargai Waktu (2)

"Usia umatku (muslim) antara 60 hingga 70 tahun, dan sedikit sekali dari mereka yang melewatinya." (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi)

Hadis tentang Menghargai Waktu (3)

"Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang." (HR. Bukhari, Tirmidzi, Ibnu Majah)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Menghargai Waktu

Hadis tentang Menghargai Waktu (4)

"Siapkan lima sebelum (datangnya) lima. Masa hidupmu sebelum datangnya waktu matimu. Masa sehatmu sebelum datangnya waktu sakitmu, masa senggangmu sebelum datang masa sibukmu, masa mudamu sebelum datang masa tuamu, dan masa kayamu sebelum datang masa miskinmu." (HR. Baihaqi)

Hadis tentang Menghargai Waktu (5)

"Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi Rabb-Nya, hingga dia ditanya tentang lima perkara, tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan dan untuk apa ia belanjakan, serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya." (HR. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Menghargai Waktu

Hadis tentang Menghargai Waktu (6)

"Dari Abdullah bin Umar ia berkata: 'Rasulullah saw. memegang kedua pundakku seraya bersabda, Jadilah kamu di dunia ini seakan-akan kamu orang asing atau orang yang melewati suatu jalan'.

Ibnu Umar berkata: 'Apabila kamu berada di sore hari janganlah kamu menunggu (melakukan sesuatu) hingga pagi hari (datang)'.

Apabila kamu berada di pagi hari jangankah menunggu (melakukan sesuatu) hingga sore (datang). Gunakan waktu sehatmu untuk menghadapi sakitmu, dan waktu hidupmu untuk menghadapi matimu." (HR. Bukhari)

 

Sumber: iainponorogo.ac.id, Bacaanmadani

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer