Sukses


Macam-Macam Amalan Sunah di Malam Jumat, Penuh Pahala Berlimpah

Bola.com, Jakarta - Dalam Islam, hari Jumat adalah hari yang istimewa dan penuh keberkahan. Apalagi hari Jumat disebut sebagai 'sayyidul ayyam' atau tuannya semua hari.

Itulah mengapa umat Islam dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan, untuk mendapat keberkahan dan keistimewaan saat malam Jumat.

Malam Jumat memiliki makna yang istimewa dalam agama Islam. Ini adalah waktu yang dianggap penuh berkah dan mendatangkan pahala berlimpah.

Kita akan memahami mengapa malam ini dianggap sebagai waktu yang istimewa dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Pada malam ini, umat muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong untuk melaksanakan amalan-amalan khusus yang diwariskan oleh Rasulullah saw.

Berikut ini beberapa amalan yang bisa dikerjakan umat muslim di malam Jumat, disadur dari Liputan6, Kamis (9/11/2023).

2 dari 3 halaman

Amalan Sunah di Malam Jumat

1. Memperbanyak Selawat

Satu di antara amalan sunah yang bisa dilakukan di malam Jumat adalah memperbanyak membaca selawat. Membaca selawat dilakukan sebagai wujud kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad saw.

Dengan memperbanyak selawat, seorang muslim akan makin dekat derajatnya dengan Nabi saw.

Nabi Muhammad saw, bersabda: "Perbanyaklah selawat kepadaku setiap hari Jumat karena selawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari Jumat, maka barang siapa yang paling banyak berselawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku". (HR. Baihaqi)

2. Membaca Surah Al Kahfi

Membaca surah Al-Kahfi pada Malam/Hari Jumat merupakan satu di antara amalan sunah yang bisa umat Islam lakukan.

Rasulullah Shallallahu Alayhi Wa Sallam bersabda: Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat akan diberikan cahaya baginya di antara dua Jumat. (HR. Al Hakim).

Adapun keutamaan membaca surat Al Kahfi adalah:

1. Terhindar dari Fitnah Dajal.

2. Akan diterangi cahaya oleh Allah Swt. di antara dua Jumat.

3. Dijauhkan dari godaan setan.

4. Diampuninya segala dosa.

5. Sebagai pengingat akan hari kiamat.

3 dari 3 halaman

Amalan Sunah di Malam Jumat

3. Salat Tahajud

Amalan sunah selanjutnya yang bisa mendatangkan pahala di malam Jumat adalah saling membangunkan suami/istri untuk bersama-sama melaksanakan salat Tahajud.

"Semoga Allah merahmati seorang laki-laki yang bangun di waktu malam lalu salat dan ia pun membangunkan istrinya lalu sang istri juga salat. Bila istri tidak mau bangun, ia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah juga merahmati seorang perempuan yang bangun di waktu malam lalu ia salat dan ia pun membangunkan suaminya. Bila suami enggan untuk bangun, ia pun memercikkan air ke wajahnya." (HR. An Nasa’i. Hadis senada juga diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi)

4. Memperbanyak Doa

Malam jumat dan hari Jumat merupakan waktu yang mustajab dikabulkannya doa oleh Allah Swt. Dengan memperbanyak doa pada waktu tersebut, segala permohonan dan keinginan seorang hamba akan didengar oleh Allah Swt.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan salat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta". (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dan lainnya)

Kita dapat membaca doa berikut:

"Ya Allah, jika Engkau hinakan daku, siapa lagi yang akan memuliakan aku. Jika Engkau muliakan aku, siapa lagi yang mampu menghinakan aku. Jika Engkau binasakan aku, siapa lagi yang akan beribadah kepada-Mu atau yang akan memohon kepada-Mu tentang persoalannya. Sungguh, aku tahu tidak ada kezaliman dalam hukum-mu, tidak ada yang tergesa-gesa dalam siksaan-mu. Karena tergesa-gesa itu hanya terjadi pada orang takut ketinggalan, dan butuh pada kezaliman yang lemah. Sementara Engkau ya Ilahi benar-benar Maha Mulia dari semua itu."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Putry Damayanty. Editor: Muhamad Ridlo. Published: 19/1/2023)

Baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer