Sukses


Pengertian News Item Text, Struktur, Ciri, dan Tujuannya

Bola.com, Jakarta - News item text bisa diartikan sebagai jenis teks dalam bahasa Inggris yang memuat informasi tentang peristiwa atau insiden sehari-hari atau yang baru terjadi, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

Adapun informasi yang disampaikan dalam news item text bersifat penting dan layak diberitakan kepada pembaca, pendengar ataupun penonton.

Selain itu, dalam memuat informasi pada news item text tidak boleh sembarangan, tetapi harus berdasarkan fakta dan sumber-sumber yang tepercaya.

Terlepas dari itu, news item text memegang peran penting dalam dunia jurnalistik untuk menyampaikan informasi yang aktual kepada pembaca, pendengar ataupun penonton.

Tak heran kamu sering menemukan news item text pada surat kabar, situs web berita, atau disiarkan di televisi maupun radio.

Nah, jika kamu ingin menjadi seorang jurnalis andal, bisa mencermati rangkuman tentang news item text pada artikel ini hingga selesai.

Berikut penjelasan lebih detail mengenai news item text yang bisa jadi bahan pembelajaran, dikutip dari laman Tuliskan dan Dailybloggerpro, Selasa (14/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Struktur News Item Text

  • Kejadian Inti

Bagian ini disebut juga dengan main event atau newsworthy event. Kejadian inti merupakan ringkasan dari peristiwa utama yang menjadi fokus teks tersebut. Penjelasan yang diberikan harus padat, jelas, dan lugas agar informasi pentingnya dapat tersampaikan dengan sempurna.

  • Latar Belakang

Setiap kejadian pasti memiliki latar belakang masing-masing. Dalam penyusunan news item, latar belakang harus dicantumkan yang meliputi perincian penyebab, orang yang terlibat, tempat kejadian, waktu, dan proses terjadinya peristiwa tersebut.

  • Sumber Informasi

Bagian terakhir dalam teks news item yaitu sumber informasi atau source. Adapun pengertian sumber informasi merujuk pada penjelasan tambahan atau pernyataan yang diberikan oleh saksi kejadian, narasumber, para ahli atau pihak lain yang mengetahui kejadian tersebut.

3 dari 4 halaman

Ciri News Item Text

  • Bahasa yang digunakan singkat, tetapi padat dan berfokus kepada suatu kejadian.
  • Teks ini juga mencantumkan informasi utama pada judul teksnya (headline).
  • Biasanya menggunakan kata kerja untuk menunjukkan aktivitas (action verbs) seperti push, hit, jump, crash, dan lain sebagainya.
  • Tenses yang biasa digunakan pada teks ini adalah past tenses karena peristiwa yang diceritakan sudah terjadi. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bisa menggunakan present tense.
  • Teks ini juga menggunakan saying verb seperti said, stated, reported, dan lain sebagainya.
4 dari 4 halaman

Tujuan News Item Text

Tujuan dari news item text adalah memberitahu informasi kepada pembaca, pendengar ataupun penonton tentang peristiwa atau insiden sehari-hari yang layak untuk diberitakan atau penting.

Informasi yang diberitakan biasanya adalah peristiwa atau insiden terbaru.

 

Sumber: Tuliskan, Dailybloggerpro

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer