Sukses


Macam-Macam Bentuk Diferensiasi Sosial

Bola.com, Jakarta - Diferensiasi sosial adalah suatu konsep yang merujuk pada proses dan hasil pembentukan perbedaan-perbedaan dalam masyarakat. Diferensiasi sosial mencerminkan keragaman dalam masyarakat

Dalam dinamika masyarakat, perbedaan-perbedaan sosial menjadi fenomena yang tak terhindarkan. Perbedaan ini dapat muncul dari berbagai faktor seperti ekonomi, budaya, agama, pendidikan, dan lainnya.

Diferensiasi sosial atau perbedaan sosial dapat diartikan pembedaan warga masyarakat ke dalam golongan-golongan atau kelompok-kelompok secara horizontal atau sejajar.

Adanya proses diferensiasi sosial tersebut menunjukkan kemajemukan dan heterogenitas sosial masyarakat. Diferensiasi sosial dapat memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu diferensiasi sosial. Untuk lebih jelasnya, ketahui bentuk-bentuk diferensiasi sosial yang ada di masyarakat.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam bentuk diferensiasi sosial yang perlu diketahui, dilansir dari ma.madrasahtbs.sch.id, Rabu (15/11/2023).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bentuk-Bentuk Diferensiasi Sosial

1. Diferensiasi Sosial Berdasarkan Jenis Kelamin

Diferensiasi ini dapat diartikan sebagai diferensiasi yang timbul secara alamiah dan kodrati (dari Tuhan), pria dan wanita terlahir dengan berbagai perbedaan fisik, sifat maupun kecenderungan.

Laki-laki pada umumnya lebih kuat secara fisik dan menyukai hobi serta profesi yang lebih menantang dibandingkan perempuan yang diciptakan lebih lemah secara fisik dan tidak mau mengambil risiko pekerjaan yang berat.

Jika hal seperti itu terjadi semata-mata merupakan kecenderungan alamiah yang ada pada diri pria dan wanita, bukan diskriminasi.

2. Diferensiasi Sosial Berdasarkan Profesi

Diferensiasi ini didasari suatu pekerjaan yang memerlukan keahlian atau ketrampilan khusus. Dalam hidup sosial telah tumbuh dan berkembang berbagai macam profesi atau pekerjaan yang merupakan sumber penghasilan.

 

3 dari 4 halaman

Bentuk-Bentuk Diferensiasi Sosial

3. Diferensiasi Sosial Berdasarkan Ras

Ras merupakan pengelompokan manusia yang didasarkan atas ciri-ciri fisik atau biologis yang melekat pada diri manusia.

Terdapat ciri-ciri fisik yang khas yang dimiliki oleh manusia, seperti postur tubuh, bentuk dan warna rambut, bentuk dan warna mata, warna kulit, bentuk hidung, bentuk bibir, bentuk wajah, dan lain sebagainya.

4. Diferensiasi Klan (Clan Differentiation)

Klan adalah kesatuan terkecil dari kerabat unilateral. Pada sebuah klan, masyarakat dengan hubungan kerabat memiliki faktor pertalian darah yang sangat kuat.

Sedangkan masyarakat yang bertalian dengan faktor teritorial atau daerah hampir tidak terlihat dan cenderung kendur. Setiap orang merasa ada hubungan darah antara satu dengan yang lainnya, karena merasa satu keturunan.

Begitu juga kelangsungan hak dan kewajiban dalam suatu kelompok, ditentukan berdasarkan garis keturunan. Bentuk klan dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Satu di antaranya klan yang ada pada budaya Batak yang disebut dengan marga, seperti merga Simanjuntak, Hutabarat, Harahap, Hutagalung, dan lain sebagainya.

 

4 dari 4 halaman

Bentuk-Bentuk Diferensiasi Sosial

5. Diferensiasi Suku Bangsa

Ciri-ciri yang paling menonjol merupakan identitas suku bangsa adalah bahasa dan kebudayaan. Maka itu, diferensiasi sosial berdasarkan suku bangsa sering ditunjukkan dengan adanya perbedaan bahasa dan kebudayaan.

6. Diferensiasi Sosial Berdasarkan Agama

Seperti diketahui, agama merupakan suatu sistem terpadu mengenai kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci dan menyatukan semua pengikutnya ke dalam suatu komunitas moral yang disebut umat.

Semua ajaran agama telah mengatur bagaimana hubungan manusia di dalam dunia maupun akhirat, baik hubungan antara sesama manusia maupun hubungan antara manusia dengan Tuhan.

 

Sumber: Web MA NU TBS Kudus

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer