Sukses


Macam-Macam Cara Terbaik Membuat Tubuh Tetap Hangat saat Musim Hujan

Bola.com, Jakarta - Musim hujan adalah satu di antara musim yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, di balik suasananya yang dianggap romantis, musim hujan juga memiliki tantangan tersendiri, satu di antaranya adalah suhu udara yang dingin.

Tubuh yang kedinginan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pilek, flu, dan bahkan pneumonia. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tubuh tetap hangat saat musim hujan.

Untuk menghindarinya, kamu perlu tahu bagaimana cara menghangatkan badan saat musim hujan. Kamu bisa menyimaknya pada artikel di bawah ini.

Berikut macam-macam cara terbaik untuk membuat tubuh tetap hangat saat musim hujan, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (17/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Terbaik Membuat Tubuh Tetap Hangat saat Musim Hujan

1. Penuhi Kebutuhan Kalori

Tubuhmu membutuhkan "bahan bakar" agar suhunya tetap terjaga, terutama ketika udara di luar sedang dingin-dinginnya. Untuk itu, kamu dapat memenuhi kebutuhan kalori agar tubuh bisa bekerja dan menjalankan fungsinya secara normal.

Konsumsi setidaknya satu makanan hangat dalam sehari. Selain itu, cobalah makan berbagai buah, sayuran, dan makanan yang tidak diolah lainnya.

2. Pakai Kaus Kaki, Terutama saat Tidur

Tidak hanya membantu menghangatkan seluruh tubuh, kaki yang hangat juga dapat memberi sinyal ke otakmu bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Sebab, banyak orang tidak bisa tidur karena kakinya kedinginan.

Jadi, satu di antara cara sederhana untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan adalah dengan memakai kaus kaki. Kenakan juga kaus kaki saat berada di luar rumah, terlebih saat cuaca sedang dingin dan berangin.

3. Selalu Bawa Payung

Pasti tidak ada orang yang mau kehujanan. Pasalnya, kehujanan dapat membuat suhu tubuh menurun secara drastis. Hal ini membuatmu berisiko terkena penyakit. Maka itu, selalu bawa payung ke mana pun kamu pergi untuk menjaga tubuh tetap hangat.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik Membuat Tubuh Tetap Hangat saat Musim Hujan

4. Penuhi Kebutuhan Zat Besi dan Vitamin B12

Jika kebutuhan zat besi dan vitamin B12 tidak tercukupi, kamu berisiko terkena anemia.

Anemia terjadi saat jumlah sel darah merah terlalu sedikit dan tak bisa mengantarkan oksigen dengan cukup ke seluruh tubuh. Anemia bisa membuatmu merasa kedinginan.

Anemia juga bisa terjadi karena seseorang tidak mengonsumsi makanan mengandung vitamin B12 yang cukup, atau tubuhnya tidak dapat menyerap vitamin tersebut secara maksimal.

Kamu bisa memperoleh kandungan vitamin B12 dari daging ayam, telur, atau ikan. Sementara itu, dapatkan kandungan zat besi dengan mengonsumsi unggas, makanan laut, buncis, dan sayuran berdaun hijau.

5. Menggunakan Pakaian Berlapis

Cara lainnya untuk menghangatkan badan adalah dengan mengenakan pakaian berlapis. Apalagi jika kamu hendak keluar saat musim hujan.

Mulailah dengan kain tipis, seperti pakaian dalam yang menyerap kelembapan. Lalu, tambahkan kaus tebal atau sweater dan kenakanlah jaket sebagai pakaian terluar.

Tiga lapisan biasanya sudah cukup menahan tubuhmu dari rasa dingin. Cukup tambahkan lapisan lain jika kamu masih kedinginan dan copot satu di antaranya jika sudah merasa kegerahan.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan

Meski tubuhmu tidak berkeringat banyak seperti saat musim panas, tubuh juga tetap harus terhidrasi. Perlu diketahui, kekurangan cairan dapat membuat daya tahan tubuh menurun dan membuat kita gampang terserang penyakit.

Kamu dapat mengonsumsi susu atau teh hangat sebagai satu di antara cara menghangatkan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan cairan.

Namun demikian, usahakan tetap minum air putih minimal delapan gelas atau sebanyak 2 liter per hari.  

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik Membuat Tubuh Tetap Hangat saat Musim Hujan

7. Pilih Pakaian yang Tepat

Pilihlah bahan pakaian yang membuat tubuhmu tetap terjaga kehangatannya, misalnya baju berbahan flanel. Pakaian berjenis flanel akan membuatmu tetap nyaman dan memberi kesempatan tubuh "bernapas".

Tubuh juga tidak akan terlalu panas atau lembap karena berkeringat saat mengenakan baju berbahan flanel.

Apabila benar-benar kedinginan, coba pakai celana panjang dan penutup kepala untuk tidur.

8. Konsumsi Makanan Pedas

Cara lain untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan adalah dengan makan makanan pedas.

Keringat biasanya sering bercucuran setelah kamu mengonsumsi makanan pedas. Kamu pun jadi kegerahan dan rasa dingin tak lagi terlalu terasa menusuk. Namun, perhatikan, saat punya masalah atau gangguan pencernaan, sebaiknya jangan konsumsi makanan pedas terlalu banyak.

9. Berolahraga

Jalan-jalan atau joging bisa digunakan sebagai cara menghangatkan badan. Jika di luar terlalu dingin, lakukan saja olahraga di dalam ruangan, seperti sit up dan push up.

Tidak hanya menghangatkan tubuh, olahraga ringan ini membantu membangun otot dan membakar kalorimu.

Olahraga ringan juga dapat meningkatkan suhu tubuhmu, setidaknya untuk sementara waktu. Pastikan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar tubuh tetap sehat.

10. Jaga Tubuh Tetap Kering

Jika tanpa sengaja mengalami kehujanan maka pastikan kamu segera mengganti baju dan mengeringkan tubuh. Baju dan tubuh basah akibat hujan akan membuatmu kedinginan. Kondisi ini dapat membuatmu sakit flu.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 2/2/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer