Sukses


5 Manfaat Bermain Video Gim bagi Remaja

Bola.com, Jakarta - Bermain video gim telah menjadi suatu kegiatan yang tidak hanya memenuhi waktu luang, tetapi juga meresap ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk hiburan.

Itulah mengapa banyak yang suka bermain video gim. Dari permainan yang memacu adrenalin hingga permainan yang menuntut kecerdasan strategis, setiap genre gim menawarkan tantangan unik dan pengalaman yang menghibur.

Beragam faktor yang membuat seseorang bakal menikmati saat meluangkan waktu untuk memainkan sebuah gim pada platform tertentu.

Selain itu, bermain gim tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga memiliki dampak positif yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia.

Bahkan, bermain video gim ternyata memiliki manfaat bagi remaja. Hal itu dengan catatan dimainkan dalam waktu yang terkontrol dan sewajarnya.

Lantas, apa sajakah manfaat bermain video buat remaja tersebut? Penting tentunya bagi para remaja mengetahui manfaat bermain video gim dan cara mencegah agar tidak kecanduan.

Berikut ini manfaat bermain video gim bagi remaja yang perlu diketahui, dilansir dari Ditsmp.kemdikbud.go.id, Minggu (19/11/2023).

 

 

2 dari 5 halaman

Manfaat Bermain Video Gim

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Mayoritas gim yang beredar di dunia menggunakan bahasa Inggris. Hal ini memberikan kesempatan bagi pemainnya untuk memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris.

Awalnya mungkin harus membuka kamus setiap kali bermain, tapi seiring berjalannya waktu, pemahaman bahasa akan meningkat dan kamus tidak lagi diperlukan.

Bermain video gim bisa menjadi wadah tambahan untuk belajar bahasa di luar jam sekolah dan les bahasa.

2. Mengasah Kemampuan Berpikir

Beberapa gim dirancang untuk mengasah kemampuan berpikir. Pemain harus memutar otak untuk menyelesaikan misi atau memecahkan teka-teki yang sulit.

Hal ini juga mengajarkan pemain untuk mengambil keputusan dengan cepat. Dengan bermain gim, kemampuan berpikir akan benar-benar diuji.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Bermain Video Gim

3. Melatih Ketangkasan

Bermain video gim dapat meningkatkan ketangkasan remaja yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari.

Meskipun ada banyak jenis olahraga yang dapat meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tapi bermain video game bisa menjadi alternatif yang lebih menarik.

4. Menghibur Diri dan Menghilangkan Stress

Bermain video gim dapat menjadi cara untuk menghibur diri. Selain itu, juga dapat membantu menyegarkan pikiran yang lelah.

Ketika merasa bosan setelah seharian beraktivitas di sekolah, bermain gim bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rasa bosan dan mengembalikan semangat untuk melakukan aktivitas lainnya.

5. Melatih Kerja Sama

Dalam bermain gim, khususnya yang memiliki fitur multiplayer, sering kali memerlukan kerja sama dalam tim agar dapat menyelesaikan misi.

Pemain harus belajar bekerja sama dengan baik karena tanpa kerja sama yang solid, pemain tidak akan dapat melanjutkan permainan.

 

 

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Gim

Agar manfaat positif dari bermain video gim dapat diperoleh sepenuhnya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, yakni sebagai berikut:

1. Batasi Waktu Bermain

Meskipun bermain gim dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bahkan memiliki dampak positif, terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain gim dapat memiliki beberapa konsekuensi negatif.

Mengatur dan membatasi waktu bermain gim dapat membantu menjaga keseimbangan antara hiburan dan tanggung jawab sehari-hari, mendukung kesehatan fisik dan mental, serta memastikan bahwa waktu yang berharga dapat digunakan secara efisien.

Maka itu, penting untuk membatasi waktu bermain gim maksimal 3 jam sehari untuk menghindari masalah kecanduan.

2. Imbangi dengan Olahraga Teratur

Bermain video gim sering kali dilakukan dalam posisi duduk atau berbaring. Untuk menghindari masalah kesehatan, penting untuk mengimbanginya dengan olahraga secara teratur.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kecanduan Bermain Gim

3. Pilih Video Game Sesuai Rating

Setiap video game memiliki rating yang menunjukkan target audiensnya. Di Amerika Serikat misalnya, terdapat sistem Entertainment Software Rating Board (ESRB).

Dalam sistem ESRB, terdapat enam kategori rating, yaitu: Early Childhood (cocok untuk anak usia dini), Everyone (untuk semua umur), Everyone 10+ (untuk usia 10 tahun ke atas), Teen (untuk usia 13 tahun ke atas), Mature (untuk usia 17 tahun ke atas) dan Adults Only (untuk dewasa).

Penting bagi remaja dan orang tua untuk memahami rating tersebut dan memilih game sesuai dengan rating usianya.

4. Pastikan Perangkat Video Game dalam Pengawasan

Video gim dimainkan melalui perangkat elektronik. Orang tua perlu memastikan bahwa perangkat yang digunakan dapat selalu diawasi, misalnya dengan meletakkannya di tempat terbuka seperti ruang tamu atau ruang keluarga, bukan di kamar tidur.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer