Sukses


IBL Cabut Keanggotaan Mountain Gold Timika, Masalah Internal Tak Kunjung Selesai Jadi Penyebab

Bola.com, Jakarta - Manajemen Indonesian Basketball League (IBL) mengambil langkah berani. Mereka memutuskan mencabut lisensi keanggotaan klub Mountain Gold Timika.

Klub tersebut sudah diberi tenggat waktu untuk menyelesaikan persoalan internal. Namun, hingga batas waktu yang sudah ditetapkan, persoalan itu tak bisa diselesaikan dengan baik.

Dalam rilis resmi mereka, manajemen IBL menjelaskan terkait proses pencabutan lisensi keanggotaan Mountain Gold Timika. Klub tersebut memang bermasalah terutama soal gaji pemain.

“Kami mencabut lisensi Mountain Gold Timika berdasarkan proses panjang pendampingan klub perihal permasalahan yang dialami, berbagai upaya mediasi yang dilakukan sehingga pada akhirnya liga menetapkan sesuai dengan peraturan pelaksanaan IBL Bab II Pasal 7 ayat 2 poin 2.2 butir 2.2.2 tentang keputusan pencabutan lisensi klub IBL dapat terjadi karena klub tidak membayarkan gaji pokok, uang kontrak, bonus dan tunjangan lainnya selama lebih dari tiga bulan sejak musim berakhir," jelas IBL dalam rilis resminya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sudah Dipanggil

Manajemen IBL sebenarnya sudah memanggil pihak Mountain Gold Timika. Proses pemanggilan itu dilakukan pada 25 Juli 2023.

Setelah pemanggilan itu sudah ada surat peringatan pertama yang dilayangkan kepada manajemen Mountain Gold Timika. Namun, permasalahan yang ada tak juga selesai.

"Sejak 25 Juli 2023, IBL sudah mulai memanggil manajemen Klub Mountain Gold Timika, yang kemudian berlanjut pada 9 Agustus, IBL menerbitkan surat peringatan pertama kepada Mountain Gold TImika disusul dengan surat peringatan kedua pada tanggal 31 Agustus," jelas IBL.

3 dari 3 halaman

Harus Diselesaikan

Lebih lanjut, meski lisensi mereka sudah dicabut, Mountain Gold Timika tidak bisa lepas dari tanggung jawab. Mereka tetap wajib menyelesaikan persoalan dengan para pemainnya.

"Meskipun pencabutan lisensi ini dilakukan oleh IBL, kewajiban terhadap penyelesaian hak para pihak yang tercantum pada perikatan serta perjanjian dengan pihak manajemen Mountain Gold sebagai PT (perusahaan) tetap harus diselesaikan sesuai dengan yang disepakati para pihak termasuk implikasi secara hukum terhadap pasal wanprestasi yang timbul akibat kelalaian yang terjadi," tandas manajemen IBL.

Video Populer

Foto Populer