Sukses


5 Contoh Surat Pribadi untuk Guru di Sekolah, Penuh Makna dan Menyayat Hati

Bola.com, Jakarta - Jasa bapak dan ibu guru kepada murid-muridnya begitu besar. Guru bertanggung jawab untuk mendidik murid, tidak hanya dari sisi akademik, tetapi juga agar mempunyai sikap dan berperilaku baik.

Maka, sudah sepatutnya kita harus menghormati bapak dan ibu guru, karena mereka adalah sosok pahlawan tanpa tanda jasa dan "orang tua" siswa saat berada di sekolah.

Pada peringatan Hari Guru Nasional 25 November, tidak ada salahnya untuk memberikan apresiasi kepada sosok guru yang telah memberi ilmu kepada kita.

Kamu bisa memberikan apresiasi melalui surat pribadi yang baik, sopan, dan menyayat hati kepada bapak dan ibu guru di sekolah.

Namun, membuat surat pribadi untuk guru memang tidak terlalu mudah. Untuk membantumu dalam pembuatannya, kamu bisa menyimak beberapa contohnya di bawah ini.

Berikut lima contoh surat pribadi untuk guru di sekolah, dikutip dari laman Gurupenyemangat dan Suratresmi, Senin (20/11/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi untuk Guru di Sekolah (1)

Nomor: 003/25/11/2023

Perihal: Surat dari Murid dalam Rangka Hari Guru Nasional

Lampiran: Buket Bunga

Kepada:

Yth. Guruku Tercinta

di Tempat

 

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Dengan hormat, 

Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan untuk guruku tercinta di mana pun berada.

Melalui surat yang amat sederhana ini, saya atas nama Nesya, ingin menyampaikan sepatah dua patah ucapan dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional Nasional 2023.

Sebagai muridmu yang nakal dan senantiasa menghabiskan keringatmu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segunung ilmu yang engkau ajarkan, atas kebaikan yang engkau bagikan, juga atas mulianya adab yang engkau tunjukkan.

Duhai guruku tercinta, engkau telah mengajarkan kami dengan teladan, dengan perilaku yang tidak sekadar kata dan teori, serta tentang pentingnya kesabaran dan ketulusan. Sungguh, engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa yang tiada yang patut ditiru.

Duhai guruku tersayang, sebagai muridmu yang kadang bolos dan enggan mengerjakan PR, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan yang ceroboh, atas kemalasan hingga membentakmu yang sudah rela berlelah-lelah untuk mengajariku. Sungguh, engkaulah lilin yang rela membakar dirimu sendiri demi bisa menerangi kami para siswa.

Duhai guruku, demikianlah sepotong surat sederhana ini saya hadiahkan untukmu. Semoga ibu sehat selalu dalam perlindungan-Nya. Wassalamu'alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

 

Salam,

 

Nesya

3 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi untuk Guru di Sekolah (2)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.

Guruku tercinta

Di Bandung

 

Terima kasih telah menjadi cahaya penuntun dan telah menginspirasi kami untuk berhasil. Maaf kami sering bersikap menyebalkan dan engkau tetap sabar. Engkau adalah guru terbaik kami.

Selamat Hari Guru Nasional 2023. Semoga engkau sehat dan bahagia selalu.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi untuk Guru di Sekolah (3)

Jakarta, 25 November 2023

Yth.

Ibu Kartika

Di SMA Negeri 22 Jakarta

 

Hallo, Ibu Kartika! Apa kabar? Semoga selalu dilimpahkan kesehatan dan kebahagiaan. Saya Rizki Aulia.

Pada 25 November ini, saya menulis surat untuk menyampaikan selamat Hari Guru Nasional kepada ibu. Semoga ibu selalu diberikan nikmat dan selalu dalam lindungan Tuhan.

Sekian surat dari saya. Jika ibu ada waktu, saya ingin sekali bisa bertemu ibu ketika sedang bersantai di rumah. Semoga bisa terwujud segera!

 

Salam rindu,

 

Rizki Aulia

5 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi untuk Guru di Sekolah (4)

Nomor: 001/25/11/2023

Perihal: Surat Cinta untuk Guruku Tersayang

Lampiran: Sekuntum Bunga

 

Kepada

Yth. Guruku Terkasih

Di Tempat

 

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Dengan hormat,

Tiada kata yang pantas saya ucapkan selain doa tulus untuk kesehatan dan keselamatanmu, duhai guruku.

Melalui surat sederhana ini, saya ingin menyampaikan ucapan permohonan maaf atas segala sikap, tindakan, serta perilaku yang kurang baik. Saya menyadari bahwa selama dididik oleh bapak/ibu guru, sering kali membantah perkataan, ribut di kelas, bahkan sengaja tidak mengerjakan tugas.

Duhai guruku tersayang, bagi saya hal-hal tersebut sungguh sangat sepele, tapi dari hal-hal yang remeh tersebutlah saya bisa belajar tentang pentingnya perilaku disiplin, tanggung jawab, serta melaksanakan amanah.

Duhai guruku tercinta. Tiada ucapan seindah doa untukmu karena engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa. Benar-benar pahlawan yang mengajariku baca tulis hitung, mengenalkan kepadaku tentang luasnya dunia, juga mengajarkanku tentang ketulusan sejati.

Kepada guruku tercinta, demikianlah surat ini saya sampaikan. Sambutlah hari bahagiamu, Hari Guru Nasional dengan penuh sukacita. Semoga Allah Swt. membalas kebaikanmu dengan pahala yang tiada putus-putusnya.

Selamat Hari Guru Nasional untuk guruku tercinta.

 

Wassalamu'alaikum warahmatulah wabarakatuh.

6 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi untuk Guru di Sekolah (5)

Yang terhormat Bapak/Ibu guru

 

Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak/Ibu guru, karena telah menjadi guru yang paling saya kagumi selama ini. 

Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2023 ini, saya ingin menyampaikan rasa penghormatan atas apa yang telah Bapak/Ibu guru lakukan kepada saya.

Dengan kesabaran, perhatian tinggi, dan rajin mengajarkan kami dalam belajar khususnya saya menjadi murid dan pribadi yang baik daripada sebelumnya.

Bapak/Ibu guru selalu ada untuk kami. Selalu ada untuk mendukung penuh cita-cita kami. Saya dan teman-teman telah giat belajar semampunya, tapi jika bukan karena dukungan dan semangat Bapak/Ibu guru, kami mungkin cepat menyerah dan mudah putus asa, dan dapat meraih apa yang saya cita-citakan.

Dengan kekuatan yang Bapak/Ibu guru berikan dan tidak pernah lelah membimbing kami, semoga saya menjadi pribadi yang berguna di masa depan.

Sekali lagi saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Bapak/Ibu guru. Selamat Hari Guru Nasional 2023.

Semoga Bapak/Ibu guru selalu diberikan kekuatan dan kesehatan serta terlimpahkan banyak rezekinya oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

 

Salam hormat,

 

Dari murid tercinta Kelas X.

 

 

Sumber: Gurupenyemangat, Suratresmi

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer