Sukses


Jenis-Jenis Timbre Vokal yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Timbre merupakan istilah yang berhubungan dengan seni musik. Sementara, vokal disebut juga dengan kualitas nada.

Lantas, apa pengertian dari timbre vokal? Timbre vokal adalah warna nada yang menentukan suara nyanyian tertentu.

Sama seperti alat musik yang terdengar berbeda satu sama lain, meski memainkan nada yang sama, suara manusia juga berbeda dari suara lainnya bergantung pada berbagai faktor.

Lantaran teknik vokal dan kekhasan bentuk tubuh serta saluran vokal seorang penyanyi, pemain yang berbeda menghasilkan kumpulan gelombang suara yang berbeda saat mereka menyanyikan lagu tertentu.

Setiap penyanyi menciptakan jumlah dan intensitas nada tambahan yang berbeda serta membangkitkan kualitas pengucapan.

Berikut ini jenis-jenis timbre vokal beserta cara meningkatkannya, dilansir dari laman Masterclass, Selasa (21/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Jenis-Jenis Timbre

1. Sopran

Suara sopran merupakan suara yang dimiliki kebanyakan perempuan atau suara anak-anak karena sebagian besar ditandai dengan nada tinggi yang jelas dan cerah.

2. Mezzo-soprano

Mezzo-soprano dapat menempati rentang yang mirip dengan soprano, tetapi menghasilkan kualitas suara yang lebih hangat dan subur.

3. Contralto

Wanita dengan suara rendah sering kali termasuk kategori contralto karena rentang vokal mereka sering kali lebih dalam dan berbobot.

4. Tenor

Tenor membangkitkan kecerahan kasar dalam penampilan mereka pada nada tinggi dari suara tradisional laki-laki.

5. Bariton

Biasanya pada suara pria, bariton terasa hangat dan halus dalam penyampaiannya.

6. Bass

Bass dapat mencapai oktaf yang lebih rendah dibandingkan jenis suara lainnya, dan sebagai hasilnya, bass mampu menangkap keagungan magisterial dan mengesankan dalam vokalisasinya.

 

Sumber: Masterclass

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer