Sukses


Macam-Macam Tips Ampuh Merawat Rumah di Musim Hujan agar Tubuh tetap Sehat

Bola.com, Jakarta - Musim hujan sering membawa keindahan alam yang memberikan suasana segar, tetapi juga berbagai tantangan dalam merawat rumah dan menjaga kesehatan.

Musim hujan juga dapat membawa berbagai penyakit, seperti demam berdarah, malaria, dan flu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan rumah di musim hujan agar tubuh tetap sehat.

Hal tersebut dikarenakan keadaan rumah dan lingkungan di sekitar sangat memengaruhi kondisi kesehatanmu dan keluarga. 

Rumah yang sehat memiliki sirkulasi udara baik, bebas dari polutan udara, ventilasi udaranya baik, punya sumber air bersih, dan bebas dari hama

Ada beberapa tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga rumah agar kondisi tubuh tetap sehat. Apa saja?

Berikut macam-macam tips ampuh merawat rumah di musim hujan agar tubuh tetap sehat, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (21/11/2023).

2 dari 3 halaman

Tips Merawat Rumah di Musim Hujan agar Tubuh tetap Sehat

1. Bersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi bisa menjadi sarang kuman karena suasananya lembap dan basah. Kondisi tersebut membuat kuman dan bakteri dapat berkembang biak dengan mudah di kamar mandi. 

Maka, kamu perlu membersihkan toilet secara berkala, menyikat lantai kamar mandi menggunakan cairan desinfektan, serta menutup bak kamar mandi agar tidak menjadi sarang telur nyamuk. 

2. Bersihkan dan Desinfeksi Area Rumah yang Lain

Tak hanya kamar mandi saja yang harus dibersihkan. Area lain seperti ruang keluarga, tak boleh luput dari perhatian. Kamu perlu menyapu dan mengepel rumah setidaknya satu kali dalam sehari. 

Bersihkan pula jendela, gagang pintu, sakelar lampu menggunakan cairan desinfektan dan lap bersih. Jangan lupa untuk mengganti karpet dan gorden secara berkala bila kamu menggunakannya.

3 dari 3 halaman

Tips Merawat Rumah di Musim Hujan agar Tubuh tetap Sehat

3. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Sirkulasi udara di dalam rumah harus dipastikan dalam kondisi baik. Kamu harus membuka jendela dan pintu, terutama di pagi hari, untuk membiarkan sinar matahari masuk ke rumah serta menjaga sirkulasi udara tetap baik. 

Jika kamu menggunakan air conditioner, pastikan kamu membersihkannya secara berkala. Jangan biarkan asap rokok masuk di dalam rumahmu. 

4. Jaga Kebersihan Diri

Sebelum dan setelah membersihkan rumah, jangan lupa untuk rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. 

Selain itu, gunakan sarung tangan saat kamu membersihkan rumah, terutama ketika menggunakan cairan desinfektan. Kamu juga wajib mandi setidaknya dua kali dalam sehari, terutama bila masih bekerja di luar rumah. 

5. Jaga Kebersihan Kamar Tidur 

Cara merawat rumah di musim hujan berikutnya adalah menjaga kebersihan kamar tidur. Kamar tidur yang gelap dan lembap, berisiko menyebabkan iritasi saluran pernapasan maupun kekambuhan alergi. 

Selain itu, debu, tungau, parasit, dan jamur bisa saja ada di kamar tidur. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebersihan kamar tidur adalah:

  • Ganti seprai secara berkala.
  • Rutin menyapu dan mengepel lantai kamar tidur.
  • Hindari menggantung pakaian, topi, atau tas di dinding.
  • Jemur kasur dan bantal secara berkala.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 19/11/2020)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer