Sukses


7 Manfaat Mengesankan Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Temulawak, dengan nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza, adalah tumbuhan herbal yang telah lama dikenal karena manfaat dalam dunia pengobatan tradisional.

Temulawak mengandung berbagai senyawa aktif, termasuk kurkumin, desmetoksikurkumin, dan bisdemetokskurkumin. Senyawa-senyawa ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman herbal ini sering diambil manfaatnya dengan cara membuatnya sebagai jamu tradisional atau mengonsumsi ekstraknya yang ampuh mengatasi masalah pencernaan.

Selain dengan menanamnya sendiri, kamu dapat dengan mudah menemukan temulawak di berbagai pasar tradisional atau pusat perbelanjaan lainnya.

Berikut tujuh manfaat mengesankan temulawak untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari Healthline, Rabu (22/11/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Kanker

Satu di antara manfaat temulawak yang cukup populer adalah dapat mencegah munculnya kanker karena temulawak memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan di dalam temulawak dapat menangkal paparan radikal bebas yang terkadang dapat menimbulkan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Kamu dapat mengonsumsi jamu yang dibuat dari parutan temulawak secara rutin setiap hari, untuk mendapatkan manfaat dari tanaman herbal ini.

2. Mengatasi Peradangan

Selain memiliki sifat antioksidan, temulawak juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu tubuh dalam mengatasi peradangan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Antiinflamasi yang terkandung di dalam temulawak dapat menyembuhkan luka yang dialami akibat goresan benda tajam atau terjatuh dari kendaraan bermotor.

Temulawak dapat mengurangi peradangan yang terkadang dapat menyebabkan luka menjadi makin parah dan sulit sembuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

3. Meningkatkan Energi 

Seseorang biasanya ingin meningkatkan energi di dalam tubuh dengan cara mengonsumsi suplemen atau minuman berenergi. Namun, mengonsumsi minuman berenergi terkadang dapat menimbulkan efek samping.

Untuk menghindari efek samping, kamu dapat meningkatkan energi pada tubuh dengan mengonsumsi tanama herbal seperti temulawak secara rutin setiap harinya.

Kamu dapat menambah energi di dalam tubuh secara alami dengan mengonsumsi rebusan temulawak yang dicampurkan dengan kunyit secara rutin. Usahakan tidak menambah pemanis di dalamnya.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat dan lancar, kita harus selalu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Mengonsumsi temulawak dapat membantu kamu menjaga kesehatan sistem pencernaan karena kandungan serat dan kurkumin di dalamnya.

Mengonsumsi temulawak juga dapat membantu kamu yang sedang mengalami diare dan masalah pencernaan lainnya seperti sembelit atau sulit buang air besar.

4 dari 4 halaman

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

5. Membantu Menambah Nafsu Makan

Mengonsumsi air rebusan atau jamu temulawak dapat membantu menambah nafsu makan, khususnya bagi anak-anak.

Kandungan minyak astiri pada temulawak dapat menambah nafsu makan seseorang yang terkadang hilang, dan dapat menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, satu di antaranya adalah munculnya penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung.

Mengonsumsi temulawak dapat membantu kamu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal itu karena kandungan kurkuma yang cukup tinggi di dalam temulawak dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan efektif.

7. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat temulawak selanjutnya adalah membantu meningkatkan fungsi normal ginjal. Cara kerjanya dengan memaksimalkan fungsi organ dalam menyaring darah dari racun dan sisa-sisa metabolisme tubuh. Kegunaan ini terjadi berkat kandungan minyak atsiri dalam rempah.

Temulawak juga baik untuk meredakan gejala penyakit ginjal. Guna mendapat manfaat ini, rebus setengah rimpang temulawak dengan 4 gelas air. Lalu, tambahkan kumis kucing dan rebus hingga airnya sedikit asat. Nikmati selagi hangat dan konsumsi tiga kali dalam sehari.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer