Sukses


Bacaan Doa Salat Tahajud agar Permohonan Diterima Allah Swt.

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa salat Tahajud penting diketahui umat muslim. Doa tersebut dibaca umat muslim setelah salat Tahajud agar keinginannya cepat terkabul.

Dalam kesendirian malam, ketika dunia terlelap dalam tidurnya, mereka yang bangun untuk melaksanakan salat Tahajud memiliki kesempatan yang istimewa untuk berkomunikasi langsung dengan Allah agar permohonan diterima.

Makna sejati dari doa-doa yang dibacakan setelah menunaikan salat Tahajud lebih dari sekadar rangkaian kata-kata.

Doa ini mengandung kearifan yang luar biasa, merangkai permohonan yang mendalam, dan menjadi jembatan spiritual antara hamba dengan Sang Pencipta

Berikut bacaan doa salat Tahajud agar permohonan diterima Allah Swt., dikutip dari Liputan6, Rabu (22/11/2023)

2 dari 5 halaman

Doa setelah Salat Tahajud

Berikut ini bacaan doa setelah salat Tahajud dalam tulisan Arab:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Doa setelah salat Tahajud dalam tulisan latin:

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

3 dari 5 halaman

Doa setelah Salat Tahajud

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad saw. itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya kepada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

4 dari 5 halaman

Tata Cara Berdoa yang Disukai Allah Swt.

Tata cara berdoa yang disukai oleh Allah Swt. mencakup beberapa aspek yang penting dalam hubungan antara hamba dan Sang Pencipta.

Allah Swt. berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina". (Dalam Al-Qur'an surah Al-Mu’min/40:60)

Agar doa tersebut cepat terkabul, sebagai seorang muslim harus selalu memberikan usaha yang terbaik dan maksimal karena usaha saja tidak cukup dalam menjalani kehidupan. Harus dibarengi dengan doa yang senantiasa dipanjatkan hanya kepada Allah semata.

Berikut adalah beberapa prinsip dan tata cara yang dianjurkan dalam berdoa agar mendapat keridhaan Allah Swt.:

1. Niat yang Murni

Sebelum memulai doa, pastikan niatmu tulus dan murni untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. 

2. Menjaga Khusyu' (Khusyuk)

Berdoa dalam keadaan khusyu' atau khusyuk, yakni dalam keadaan hati yang khusyuk dan penuh konsentrasi. Ini melibatkan sikap tenang, menghentikan pikiran dari gangguan-gangguan yang tak perlu, serta merasakan kehadiran Allah Swt. dalam doa.

3. Memohon dengan Kerendahan Hati

Saat memohon, tunjukkan kerendahan hati dan pengakuan akan keterbatasan diri sendiri. Minta dengan yakin, tetapi juga dengan kesadaran sepenuhnya bahwa keputusan akhir ada pada kebijaksanaan Allah Swt.

4. Konsistensi dan Kesabaran

Teruslah berdoa dengan konsistensi dan kesabaran. Meski jawaban terhadap doa mungkin tidak langsung terlihat, percayalah bahwa Allah Swt. selalu mendengar dan menjawab doa hamba-Nya pada waktu yang tepat.

Tata cara ini mencerminkan kerendahan hati, kepasrahan, dan keyakinan yang kuat pada keagungan dan kasih sayang Allah Swt.

Dengan mempraktikkan tata cara ini, diharapkan setiap doa yang dipanjatkan akan diterima dengan keridaan-Nya.

5 dari 5 halaman

Urutan Berdoa yang Baik

1. Mengucapkan Puji-pujian kepada Allah

Agar doa cepat terkabul, sebaiknya diawali dengan memberikan puji-pujian kepada Allah, seperti membaca hamdalah dan tasbih.

2. Membaca Selawat

Setelah memberikan puji-pujian pada Allah, selanjutnya adalah memberikan selawat kepada Nabi Muhammad agar kita senantiasa diberikan syafaat oleh nabi kelak di akhirat.

3. Perbanyak Doa di Waktu yang Diijabah

Ada waktu-waktu yang diijabah untuk berdoa, seperti ketika turun hujan, antara azan dan ikamah, ketika berbuka puasa, saat sepertiga malam dan setelah selesai salat. Jadi, manfaatkan waktu tersebut untuk memperbanyak doa.

4. Harus Bersungguh-sungguh

Agar doa cepat terkabul, lakukan dengan penuh kesungguhan. Penuhi diri dengan harapan hanya kepada Allah semata.

Bersihkan hati dan akui segala dosa karena dengan kerendahan diri di hadapan Allah, akan membuat hati makin tulus dan ikhlas dalam berdoa.

5. Membaca Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Inti dalam doa keselamatan adalah untuk memohon untuk diselamatkan di dunia dan akhirat (dari api neraka). Adapun doa tersebut adalah:

"Rabbana atina fiddunnya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar."

Artinya:

Ya Tuhan kami, berikanlah kebijakan di dunia serta kebijakan di akhirat kelak dan lidungilah kami dari azab api neraka yang pedih.

Meminta pertolongan atau berdoa kepada Allah Swt. sebaiknya dilakukan tidak hanya pada saat kondisi yang sempit atau kesusahan. Namun, berdoalah kepada-Nya dalam keadaan apa pun, baik saat sedih mau pun senang.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fadjriah Nurdiarsih. Published: 28/3/2023)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer