Sukses


Pengertian dan Macam-macam Energi yang Ada dalam Kehidupan

Bola.com, Jakarta - Energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak dan susah dibuktikan, akan tetapi dapat dirasakan keberadaannya. Secara umum, banyak pula yang menyebut energi atau tenaga yang dapat digunakan dalam berbagai proses kegiatan.

Dalam kehidupan, manusia membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Tanpa adanya energi, manusia atau makhluk hidup lainnya akan kesulitan dalam melakukan sesuatu.

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah atau dikonversi menjadi bentuk lain, sesuai dengan hukum kekekalan energi.

Energi dibagi menjadi dua, energi terbarukan dan energi tak terbarukan.

Sebagai kekuatan utama dalam kehidupan, energi memiliki berbagai macam bentuk yang dimanfaatkan dan bekerja sesuai dengan kebutuhannya.

Ada macam-macam energi yang ada di dunia ini, baik yang berskala kecil maupun besar. Apa saja macam-macam energi?

Berikut ini rangkuman mengenai macam-macam energi, seperti dilansir dari laman ZonaReferensi, Selasa (8/9/2020). 

2 dari 4 halaman

Macam-macam Energi

1. Energi Otot

Energi otot merupakan jenis energi yang berasal dari otot dalam tubuh manusia atau makhluk hidup lain. Manusia atau makhluk hidup lain bisa menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena memiliki energi otot ini.

2. Energi Kalor (Panas)

Energi kalor atau energi panas merupakan jenis energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan wujud zat tertentu. Energi kalor ini umumnya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk bentuk energi lainnya.

3. Energi Kinetik (Gerak)

Energi kinetik atau energi gerak adalah jenis energi yang ada dalam gerakan atau energi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Makin besar kecepatan benda bergerak, maka makin besar pula besaran energi kinetik yang dihasilkan.

4. Energi Potensial

Energi potensial adalah jenis energi yang dimiliki oleh suatu benda dikarenakan posisinya atau kedudukannya terhadap suatu acuan. Pada dasarnya, semua benda di atas permukaan bumi memiliki energi potensial yang diakibatkan gaya gravitasi bumi.

3 dari 4 halaman

Macam-macam Energi

5. Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan bentuk energi yang dihasilkan dari suatu benda yang bergetar. Partikel partikel udara yang bergetar tersebut menimbulkan getaran bunyi. Benda yang dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.

6. Energi Cahaya

Energi cahaya merupakan jenis energi yang diperoleh dari benda-benda yang mampu memancarkan cahaya. Bentuk energi cahaya terbesar tentunya berasal dari cahaya matahari, yang bisa diubah menjadi energi listrik melalui sel surya.

7. Energi Listrik

Energi listrik adalah jenis energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan listrik. Energi listrik menjadi jenis energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Listrik digunakan untuk menghidupkan alat-alat elektronik rumah tangga.

8. Energi Kimia

Energi kimia adalah jenis energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia. Energi ini dihasilkan oleh suatu zat yang membentuk proses reaksi kimia untuk diubah menjadi energi tertentu. Makanan yang sering kita makan juga mengandung unsur kimia di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Macam-macam Energi

9. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah jenis energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel lain.

Energi yang dihasilkan reaksi nuklir sangat besar sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.

10. Energi Pegas

Energi pegas merupakan jenis energi yang ada pada semua benda lentur atau elastis. Saat kita memberikan gaya pada benda itu, maka energi yang dihasilkan ialah energi potensial. Sedangkan, saat dilepaskan, maka energinya berubah menjadi energi kinetik.

 

Sumber: ZonaReferensi

Video Populer

Foto Populer