Sukses


Pengertian Cuaca, Unsur-Unsur, Jenis, dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Cuaca adalah keadaan yang terjadi pada atmosfer, langit atau udara di bumi. Cuaca merupakan perubahan suhu, angin, curah hujan, dan sinar matahari.

Cuaca berbeda di berbagai belahan dunia terjadi dalam hitungan menit, jam, hari, dan minggu. Perbedaan cuaca biasanya terjadi akibat suhu dan kelembapan yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Perubahan cuaca sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor di sekitar wilayahnya. Itulah sebabnya kondisi udara di setiap pulau bisa berbeda karena sudut pemanasan matahari dan kemiringan sumbu bumi.

Di sisi lain, terkadang pengertian cuaca sering disamakan dengan iklim atau musim. Padahal, pengertian cuaca beda dengan iklim dan musim. Ini sebabnya, penting mengetahui pengertian cuaca yang sesungguhnya.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui dan memahami lebih banyak mengenai cuaca, bisa membaca unsur-unsur hingga jenisnya.

Berikut ini rangkuman tentang unsur-unsur cuaca, jenis dan pengaruhnya terhadap kesehatan, seperti dilansir dari laman Pendidikan.co.id, Kamis (14/1/2021).

2 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Cuaca

Tekanan udara

Tekanan udara merupakan gaya yang timbul akibat keberadaan berat lapisan udara. Tekanan udara disebut juga dengan kerapatan massa udara dalam suatu wilayah tertentu dan bisa berubah. Tekanan udara diukur menggunakan barometer.

Kelembaban udara

Kelembapan udara adalah kandungan uap air yang ada di udara pada waktu tertentu. Kelembaban udara bisa berubah-ubah dan tergantung pada suhu di suatu tempat. Pengukuran kelembapan udara menggunakan higrometer.

Suhu

Suhu menjadi satu di antara faktor dari perubahan cuaca. Suhu dengan temperatur berbeda dari tempat yang satu dan lainnya akan berpengaruh pada cuaca.

Penyebab perubahan suhu hingga memengaruhi cuaca adalah:

  • Durasi dan sudut sinar matahari ke bumi, akibat letak lintang suatu wilayah.
  • Ketinggian suatu wilayah. Area datar biasanya menerima panas matahari lebih besar.
  • Kondisi awan. Makin banyak awan, maka panas matahari akan banyak terserap oleh awan tersebut dan bumi hanya menerima lebih sedikit.
  • Kondisi pepohonan di bumi. Makin banyak tumbuhan tinggi, maka panas matahari akan tertahan.

Angin

Angin dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi, serta adanya perbedaan tekanan udara di sekitar. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan rendah. Angin dapat diukur dengan anemometer.

Curah hujan

Curah hujan adalah jumlah atau intensitas air hujan yang turun di suatu tempat dalam kurun tertentu. Tingginya curah hujan di setiap wilayah berbeda-beda, tergantung garis lintang, ketinggian tempat, arah angin, suhu udara, serta luas daratan. Curah hujan diukur dengan ombrometer.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Cuaca

Cuaca Cerah

Cuaca cerah diakibatkan oleh sinar matahari yang masuk ke Bumi. Namun, pada saat cuaca cerah, udara yang dirasakan tidak begitu panas dan tidak ada pula hujan yang turun.

Cuaca Panas

Cuaca panas menyebabkan keadaan terasa sangat gerah dan kering. Hal ini terjadi karena cahaya matahari tegak lurus masuk ke Bumi.

Cuaca Berawan

Cuaca berawan muncul akibat sejumlah awan bergerombol di langit. Akhirnya berkas sinar matahari terhalang dan tidak terasa panas.

Cuaca Sejuk

Cuaca sejuk bisa terjadi ketika humiditas udara cukup tinggi, angin bertiup cepat, dan suhu udara rendah.

Cuaca Berangin

Cuaca berangin disebabkan oleh gerakan angin yang cukup kuat. Saat cuaca berangin, biasanya langit agak berawan dan suhu udara cenderung rendah.

Cuaca Hujan

Cuaca hujan berlangsung saat titik-titik air yang berada di atas langit atau awan berubah menjadi tetesan air. Titik-titik air yang berasal dari penguapan air akibat sinar matahari di permukaan bumi, seperti danau, sungai, laut, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Pengaruh Cuaca Terhadap Kesehatan

Beberapa pengaruh atau dampak cuaca bagi kehidupan sehari-hari, di antaranya :

Cuaca ekstrim bisa memicu masalah psikologis

Orang-orang yang tinggal pada wilayah dengan iklim yang terbilang intens, yakni sering terjadi badai serta tornado, lebih rentan mengalami gangguan kejiwaan.

Adanya badai tersebut bisa menyebabkan stres, sedangkan pasca bencana bisa menyebabkan gangguan psikologis yang berkepanjangan bagi orang yang tinggal di daerah bencana.

Hujan Membuat Alergi Jadi Parah

Pada musim semi biasanya sering membuat orang mengalami flu. Namun, apabila kamu mempunyai alergi musiman, maka besar kemungkinan alergi tersebut akan kian parah saat musim hujan.

Cuaca Panas Memicu Risiko Sakit Jantung

Temperatur udara yang meningkat itu bisa memengaruhi kesehatan jantung. Kemudian apabila seseorang itu mengalami dehidrasi serta terpapar panas yang cukup tinggi, bisa berpotensi memicu kerusakan otak.

 

 

Sumber: Pendidikan.co.id

Video Populer

Foto Populer