Sukses


6 Faktor yang Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Bola.com, Jakarta - Kanker adalah satu di antara penyakit yang sangat dihindari oleh kebanyakan orang, karena penyakit ini cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk menghindari risiko terkena kanker kita harus memiliki gaya hidup yang lebih sehat dengan berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat setiap hari.

Kanker sendiri merupakan istilah yang sering dipakai untuk berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Selain itu sel kanker tidak dapat hilang dengan sendirinya, sel kanker akan terus tumbuh dan berkembang di tubuh jika tidak segera ditangani dengan baik dan benar.

Ada beberapa penyebab kanker, seperti faktor keturnan, faktor lingkungan yang tidak sehat, dan juga faktor gaya hidup yang tidak sehat. Faktor keturunan sendiri biasanya akan membawa sel kanker pada seseorag bahkan sebelum mereka di lahirkan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bertambahnya risiko terkena berbagai macam kanker, seperti tidak menghindari asap rokok dan jarang melakukan aktivitas fisik.

Berikut Bola.com Telah merangkum dari The Healthy dan Dayton Daily News , 6 faktor yang dapat menyebabkan risiko terkena kanker bertambah

2 dari 4 halaman

Tidak Menghindari Asap Rokok

1. Tidak Menghindari Asap Rokok

Mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah mencoba untuk menjadi ramah dengan tidak meminta para perokok untuk merokok di luar rumah, atau Anda mencoba untuk menghindari pertengkaran karena mengusik para perokok.

Namun, hal tersebut sebenarnya adalah hal yang sangat merugikan kesehatan Anda, karena dalam asap rokok mengandung berbagai macam bahan kimia yang dapat menyebar ke dalam udara di ruangan Anda.

Dari seluruh bahan kimia yang ada, 70% dari mereka dapat menyebabkan kanker. Maka dari itu mintalah anggota keluarga Anda atau tamu untuk merokok di luar ruangan atau rumah Anda.

Dengan hal itu Anda telah mengurangi risiko terkena berbagai macam jenis kanker yang dapat timbul dari bahan kimia yang ada pada asap rokok.

2. Makanan Kemasan 

Lapisan BPA pada kemasan makanan kaleng atau minuman dapat menambah risiko orang terkena kanker payudara. Hal tersebut juga termasuk dalam BPA yang terkandung pada kemasan plastik.

Ada beberapa cara agar Anda dapat menghindari risiko terkena kanker, makanlah makanan segar atau jika tidak dapat menemukan makanan segar Anda juga dapat mengonsumsi makanan beku, dan menghindari makanan yang ada di dalam kaleng.

Cari juga berbagai jenis bahan makanan seperti saus, sup, dan berbagai jenis minuman yang dijual di dalam botol kaca, jika Anda ingin menyimpan makanan usahakan simpanlah dalam toples kaca atau toples dari besi anti karat.

 

3 dari 4 halaman

Obesitas

3. Obesitas

Memiliki berat badan yang berlebihan tak hanya membuat Anda ulit bergerak dan membuat baju Anda terlihat lebih sesak. 

Namun memiliki berat badan yang berlebih dapat memicu kelebihan hormon esterogen dan pertumbuhan berbagai sel yang tak terkendali. Semakin sering sel tumbuh dan tak terkendali, akan menambah risiko Anda terkena penyakit kanker.

Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan peradangan kronis, yang semakin hari dapat merusak DNA, yang merupakan satu di antara penyebab kanker.

Kurangilah berat badan Anda dengan sering berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, selain itu mengurangi makanan-makanan yang tidak menyehatkan dan mengandung banyak kalori juga dapat membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

4. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama merupakan satu di antara penyebab kanker. Pastikan punggung Anda tersangga dengan benar ketika duduk di sofa saat menonton tv dan saat Anda sedang duduk di kursi kerja.

Duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker karena aliran darah yang tidak mengalir dengan lancar. Kanker usus, kanker paru, dan kanker endometrium adalah beberapa kanker yang dapat myerang Anda jika duduk terlalu lama.

Berilah jeda untuk melakuan aktivitas fisik saat Anda sedang bekerja dan mengharuskan Anda untuk dudu di kursi pada waktu yang lama.

 

4 dari 4 halaman

Tidak Melakukan Aktivitas Fisik yang Cukup

5. Tidak Melakukan Aktivitas Fisik yang Cukup

Melakukan aktivitas fisik dan tidak berdiam diri telalu lama dapat mengurangsi risiko Anda terkena kanker. Lakukanlah aktivitas fisik seperti bersepeda, berjalan mengelilingi taman, atau joging secara rutin.

Orang yang meningkatkan aktivitas fisik mereka, menurunkan 40% risiko terkena kanker, dibandingkan dengan mereka yang kurang melakukan aktivitas fisik dan berdiam diri terlalu lam.

6. Tidak Mengurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol adalah satu di antara penyebab dari kanker yang paling nyata. Kurangilah minum minuman beralkohol pada hari Anda, hal tersebut dapat membantu Anda dalam usaha untuk menghindari kanker.

Minuman beralkohol yang terlalu sering diminum dapat menyebabkan beberapa kanker, seperti kanker payudara, kanker hati, dan kanker tenggorokan. Gantilah minuman beralkohol dengan minuman yang lebih sehat, agar kesehatan Anda teap terjaha dan terhindarh dari risiko terkena kanker.

 

Sumber : The Healthy dan Dayton Daily News

Video Populer

Foto Populer