Sukses


Jenis-Jenis Buku Nonfiksi Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Buku nonfiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan fakta. Nonfiksi bersifat faktual atau peristiwa yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, nonfiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya).

Melalui pengertian di atas, bisa disimpulkan, semua yang terkandung di dalam buku nonfiksi adalah nyata dalam kehidupan. Isi dalam buku nonfiksi bukanlah khayalan seperti halnya buku fiksi.

Jenis atau genre buku nonfiksi cukup beragam. Penting mengetahui apa saja buku-buku yang termasuk dalam jenis nonfiksi.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis buku nonfiksi yang perlu diketahui, seperti dilansir dari gerbangkurikulum.sma.kemdikbud.go.id, Rabu (24/11/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Buku Nonfiksi

Karangan nonfiksi dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu nonfiksi murni dan nonfiksi kreatif. Nonfiksi murni merupakan suatu karangan pengembangan yang berdasarkan data-data yang pasti.

Contoh nonfiksi murni ialah skripsi, karya ilmiah, laporan, makalah, tesis, artikel, disertasi, buku ajar, dan lain-lain.

Sementara nonfiksi kreatif adalah suatu karangan berdasarkan data pasti yang didapatkan kemudian dikembangkan berdasarkan imajinasi menjadi bentuk puisi maupun novel.

Secara umum, buku nonfiksi dikelompokkan menjadi empat, yakni:

Buku Biografi

Buku biografi adalah buku yang berisi riwayat hidup seseorang. Buku itu ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami seseorang, tentu buku biografi ditulis agar dapat menginspirasi pembaca.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Buku Nonfiksi

Buku Pendamping

Buku pendamping adalah buku yang berfungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan, jadi buku pendamping biasanya ditulis setelah ada buku utama.

Sebagai contoh, buku pengayaan untuk anak sekolah. Kegiatan buku pelajaran itu masih bersifat umum. Jadi, buku pelajaran memerlukan buku pendamping untuk menjelaskan buku utama.

Hal itu dikarenakan ada beberapa bagian dari buku utama yang tidak bisa dijelaskan dalam buku utama.

Buku Literatur

Buku literatur adalah buku yang difungsikan sebagai rujukan kajian keilmuan, buku literatur sering disebut diktat atau buku kuliah, buku literatur sering ditulis berdasarkan penelitian.

Jadi, buku ini mempunyai kadar keilmiahan sangat tinggi. Maka, buku ini sering ditulis dosen atau peneliti.

Buku Motivasi

Buku motivasi adalah buku yang berisi kajian psikologis untuk membantu mengbangkitkan gairah atau semangat pembacanya. Buku motivasi dapat disusun berdasarkan kajian keagamaan dan moral.

Buku motivasi sering ditulis oleh entrepreneur. Dengan membaca buku motivasi, pembaca mendapatkan energi baru untuk meneruskan hidup.

4 dari 5 halaman

Butir-Butir dalam Buku Nonfiksi

Ada beberapa butir penting yang bisa diperoleh dari buku nonfiksi, di antaranya:

Gagasan/ide pokok pada buku

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok.

Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf.

Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat utama adalah kalimat topik.

Kalimat penjelas yaitu kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

5 dari 5 halaman

Butir-Butir dalam Buku Nonfiksi

Fakta

Fakta merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi dan pernyataan yang tidak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, suasana yang benar-benar terjadi dan objektif.

Sedangkan opini merupakan sikap, pandangan, atau tanggapan seseorang terhadap suatu fakta dan kebenarannya relatif.

Pendapat

Pendapat merupakan sikap, pandangan, atau tanggapan seseorang terhadap suatu fakta dan kebenarannya relatif lantaran dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif. Opini disebut juga gagasan atau argumentasi.

Pengetahuan

Teks nonfiksi merupakan teks yang menyajikan seluruh isinya berdasarkan data dan fakta. Oleh karena itu, kebenaran dari teks nonfiksi bersifat absolut. Dari buku nonfiksi juga banyak didapatkan pengetahuan.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer