Sukses


20 Manfaat Jus Sirsak bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sirsak merupakan salah satu jenis buah yang memiliki daging berwarna putih. Buah tersebut berasal dari Amerika Tengah dan cukup populer di Indonesia. Buah sirsak kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Saking populernya, sirsak mudah dijumpai dengan berbagai jenis olahan makanan dan minuman, termasuk jus sirsak. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan membuat jus sirsak karena memiliki banyak biji sehingga sedikit repot memisahkan daging dengan bijinya.

Padahal jus sirsak memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika tidak sempat membuatnya, Anda bisa membeli di kedai atau outlet khusus jus. Nutrisi dalam minuman ini sangat diperlukan oleh tubuh.

Jus sirsak memiliki rasa yang lezat dan segar. Minuman ini juga memiliki banyak kandungan positif yang mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, jus sirsak sangat dianjurkan bagi para kaum wanita yang mengidamkan kecantikan alami, karena minuman ini mengandung antioksidan cukup tinggi.

Mengonsumsi jus sirsak secara rutin mampu menutrisi kulit dari dalam tubuh. Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker atau scrub, lalu dibilas dengan air bersih.

Lantas, apa saja manfaat jus sirsak? Berikut adalan manfaat jus sirsak bagi kesehatan kecantikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019).

2 dari 3 halaman

3 Manfaat Jus Sirsak untuk Mengatasi Penyakit

1. Ampuh Mencegah Kanker dan Tumor

Mskcc.org melaporkan bahwa jus sirsak mengandung antioksidan tinggi jenis alkaloid, saponin, terpenoid, flavonoid, kumarin, lakton, antrakuinon, tanin, kardiak glikosida, fenol, serta fitosterol. Kandungan tersebut akan memberikan khasiat buah sirsak yang mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker atau tumor.

Vitamin C dalam jus sirsak juga dapat menghambat adanya sel-sel kanker dan dapat mengurangi efek dari kemotrerapi.

Penelitian dari Tepic Institute of Technology (Meksiko) menemukan senyawa acetogenin dalam jus sirsak dapat memperkecil ukuran tumor. Senyawa tersebut akan memotong aliran darah sehingga tak sampai masuk ke dalam sel abnormal. Sehingga sel abnormal tidak dapat berkembang biak.

2. Membunuh Parasit

Parasit merupakan makhluk hidup yang bisa mengancam nyawa. Apabila parasit dalam tubuh cukup banyak, maka akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa membunuh parasit dengan rajin mengonsumsi jus sirsak. Kandungan antiparasit dan antibakteri dalam jus sirsak dapat melindungi tubuh dari infeksi parasit. Vitamin C dalam jus ini juga dapat membunuh parasit.

3. Mengatasi Asam Urat

Kandungan acetigenin dalam jus sirsak bermanfaat mengatasi asam urat. Anda bisa mengonsumsi jus buah sirsak secara rutin setiap dua kali sehari. Anda bisa meminumnya pagi dan sore hari.

Selain itu, jus sirsak juga dapat mengatasi penyakit rematik. Minuman ini menjadi salah satu obat alami untuk meredakan nyeri saraf, sendi, dan otot.

 

3 dari 3 halaman

17 Manfaat Jus Sirsak untuk Kesehatan Secara Umum

  1. Meningkatkan energi
  2. Menjaga jantung dan mencegah kerusakan saraf
  3. Merawat kesehatan saluran kencing
  4. Mengobati tekanan darah tinggi
  5. Menyembuhkan luka
  6. Meningkatkan konsentrasi
  7. Membantu pembentukan hemoglobin darah
  8. Mencegah katarak
  9. Mengurangi risiko diabetes
  10. Mengatur keseimbangan asam dan basa dalam darah
  11. Menyembuhkan infeksi
  12. Melegakan pernafasan
  13. Meredakan stres
  14. Menyehatkan kulit
  15. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  16. Baik bagi saluran gastrointestinal
  17. Mencegah osteoporosis

Video Populer

Foto Populer