Sukses


5 Obat Diare Alami, Ampuh Tanpa Biaya Mahal

Bola.com, Jakarta - Diare adalah salah satu masalah kesehatan yang menyerang sistem pencernaan. Diare dapat menyerang siapa pun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Penderitanya terus merasa sakit perut atau mulas, serta mengganggu aktivitas lantaran harus bolak-balik ke toilet. Berbagai cara guna dilakukan untuk mengatasi diare, termasuk membeli obat-obatan di apotek.

Walaupun sudah banyak obat diare yang dijual, obat-obatan tanpa resep dokter bukanlah pilihan terbaik. Apalagi jika obat tersebut mengandung senyawa kimia yang akan memberikan efek samping lain pada tubuh.

Jadi untuk pertolongan pertama, Anda bisa menggunakan obat diare alami ini yang mungkin sudah tersedia di rumah. Jika tidak, Anda bisa mencarinya di pasaran dengan harga relatif murah dan tentunya memberikan dampak berkelanjutan bagi kesehatan tubuh lainnya.

Diare ditandai dengan feses yang lebih encer daripada biasa dan lebih sering untuk buang air besar. Oleh karena itu, diare bisa diobati melalui makanan sehat yang terdiri dari cairan dan makanan padat yang mudah dicerna di usus. Lantas, apa saja obatnya? Berikut adalah obat diare alami dan ampuh yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/10/2019).

 

2 dari 6 halaman

1. Obat Diare Alami: Buah Pisang

Ketika seseorang mengalami diare, dokter selalu menganjurkan untuk mengonsumsi pisang matang, tujuannya agar diare cepat sembuh. Alasannya, pisang mengandung pektin tinggi.

Pektin merupakan serat larut dalam air yang membantu memadatkan feses sehingga bisa mengatasi diare. Selain itu, pisang mengandung kalium, yaitu elektrolit yang mendukung sejumlah fungsi penting dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan.

Kandungan pektin pada buah pisang juga bisa menyerap cairan dalam usus. Sehingga kotoran yang dikeluarkan lebih padat dan tidak berair. Tentunya buah yang satu ini cukup mudah ditemui di pasaran dengan harga relatif murah.

 

3 dari 6 halaman

2. Obat Diare Alami: Kentang

Sama seperti pisang, kentang juga mengandung kalium yang bisa meredakan diare. Kentang memiliki kandungan pati yang bisa mengeraskan feses. Sehingga menu yang satu ini ampuh mengatasi diare secara alami. 

Anda bisa mengolah kentang dengan cara dikukus, dan hindari menambahkan mentega, margarin, atau saus pedas. Selain itu, Anda bisa mengolahnya menjadi bubur kentang untuk menghentikan diare.

 

4 dari 6 halaman

3. Obat Diare Alami: Jahe

Jahe sudah lazim digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk untuk mengatasi diare. Tumbuhan herbal ini bisa digunakan untuk mengobati keracunan makanan dan juga mampu membantu menyingkirkan kram dan sakit perut.

Jahe memiliki kandungan yang bersifat anti radang, anti nyeri dan anti bakteri, sehingga cocok untuk mengobati diare sekaligus menghangatkan perut. Untuk mengobati diare, Anda dapat menggunakan jahe ini dengan cara sebagai berikut. 

Ambil sepotong kecil jahe yang sudah bersih, kemudian parut. Setelah itu, tambahkan satu sendok teh madu sebagai pemanis alami. Namun, sebaiknya Anda tidak segera minum air setelah mengonsumsi jahe supaya khasiatnya bekerja terlebih dulu di dalam perut.

Anda juga bisa mengonsumsi jahe sebagai teh hangat untuk menyembuhkan diare. Siapkan beberapa potong jahe dan digeprek terlebih dulu, kemudian rebuslah dengan air secukupnya hingga mendidih, kemudian tuangkan dan saring ke dalam gelas, tunggu hingga hangat kuku dan tambahkan madu sebelum diminum.

 

5 dari 6 halaman

4. Obat Diare Alami: Air Rebusan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat menjadi obat anti diare alami dan ampuh. Tentu Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan ramuan ini. Anda bisa memetik daun jambu biji yang ada di sekitar rumah.

Air rebusan daun jambu biji terbukti ampuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia Coli (E.coli) dan staphylococcus aureus. Bakteri tersebut merupaka salah satu penyebab diare. 

Selain itu, daun jambu biji dapat membantu memadatkan tinja atau feses. Caranya, Anda perlu merebus 4-5 lembar daun jambu biji yang sudah dicuci. Rebus hingga airnya berubah warna, lalu minum air rebusan saat hangat kuku.

Lakukan secara rutin tiga kali sehari untuk mengobati diare. Jika diare sembuh, Anda tak boleh mengonsumsinya lagi lantaran akan membuat kesulitan buang air besar (BAB).

 

6 dari 6 halaman

5. Obat Diare Alami: Yogurt

Yogurt terkenal mampu melancarkan pencernaan, tetapi minuman ini juga dapat mengatasi diare. 

Yogurt mengandung bakteri baik (probiotik), terutama bakteri hidup seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium. Probiotik merupakan bakteri baik untuk sistem pencernaan. Makanan atau minuman dengan probiotik tinggi bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dan melawan kuman atau bakteri jahat penyebab diare.

Video Populer

Foto Populer