Sukses


6 Makanan Penyebab Alergi yang Perlu Dihindari, Kenali Gejalanya

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang tentu memiliki alergi terhadap sesuatu, baik disadari maupun tidak. Ketika talergi terhadap sesuatu, tubuh akan bereaksi dengan menimbulkan berbagai gejala seperti kulit merah dan gatal, demam, atau lemas.

Alergi bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari debu, obat-obatan tertentu, hingga alergi makanan. Namun untuk alergi makanan, seseorang bisa merasakan gejala gatal, demam, mual, muntah, hingga sakit perut setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Alergi terhadap makanan bisa terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menganggap protein dalam makanan merupakan suatu ancaman bagi tubuh. Akibatnya, tubuh akan melepaskan senyawa kimia yang akan memicu reaksi alergi.

Beberapa orang menganggap alergi makanan merupakan masalah ringan. Namun sebenarnya alergi terhadap makanan bisa mengancam nyawa seseorang jika memang tubuhnya sama sekali tidak bisa menerima makanan tersebut.

Tak semua orang memiliki alergi yang sama. Sebuah melakukan penelitian dengan beberapa relawan. Hasilnya, ada orang yang alergi terhadap makanan laut (seafood), namun ada pula yang alergi terhadap telur dan sayuran.

Lalu, apa saja makanan peyebab alergi? Berikut adalah sejumlah makanan yang bisa memicu reaksi alergi beserta gejalanya yang perlu diketahui, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019).

 

2 dari 3 halaman

Gejala Alergi Terhadap Makanan

Setiap orang memang memiliki reaksi alergi yang berbeda. Alergi terhadap makanan akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan merasa sakit ringan hingga berat sehingga perlu ditangani oleh dokter.

Untuk reaksi alergi terhadap makanan, biasanya orang akan mengalami gangguan kesehatan seperti berikut ini:

- Pilek atau hidung tersumbat

- Ruam kulit yang terasa gatal

- Gatal di mulut, tenggorokan, mata, dan di bagian tubuh lain

- Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

- Sulit menelan dan berbicara

- Mengi atau bengek

- Sesak napas

- Jantung berdebar

- Pusing

- Pandangan kabur hingga gelap

- Keringat dingin

- Pingsan

 

3 dari 3 halaman

Makanan Penyebab Alergi

1. Makanan Laut (Seafood)

Makanan laut atau seafood seperti udang, lobster, kepiting, dan ikan laut merupakan pemicu alergi yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang. Sebab, aneka hidangan laut mengandung omega-3 dan mineral terlampau tinggi yang bisa memicu alergi.

Reaksi alergi terhadap makanan laut biasanya gatal-gatal, kulit kemerahan dan bentol, hingga diare. Namun dalam kasus yang lebih parah, alergi terhadap seafood bisa menyebabkan kematian.

2. Telur

Telur merupakan makanan yang bisa dikonsumsi siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Makanan ini juga dapat menjadi pemicu timbulnya alergi.

Kandungan protein dalam telur terbilang cukup tinggi, sehingga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti bentol, bisul, gatal-gatal, hingga mual dan muntah.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa memicu reaksi alergi seperti sakit perut dan ruam kulit. Kondisi ini lebih rentan dialami oleh anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. Bahkan, kacang kedelai yang terkenal bergizi juga bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti stomatitis, diare, kembung, dan sakit perut.

Selain itu, alergi terhadap kacang-kacangan juga dipercaya bisa menimbulkan masalah kulit, termasuk jerawat.

4. Susu

Susu merupakan minuman sehat yang diperlukan bagi kesehatan tubuh, mulai dari susu sapi, susu kedelai, susu kambing, hingga ASI. Namun tak semua orang bisa menerimanya.

Beberapa orang bahkan memiliki alergi terhadap minuman ini dan akan menimbulkan reaksi seperti mual, muntah, hingga diare. Kondisi ini disebabkan karena tingginya kandungan protein dalam susu.

5. Sayuran

Sayuran merupakan menu makanan sehat yang dipercaya bisa memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh. Namun tidak semua sayuran aman dikonsumsi. Bahkan, beberapa sayuran bisa menyebabkan alergi seperti gatal-gatal, mual, muntah, hingga diare. Beberapa sayuran tersebut seperti wortel, kubis, bawang merah, bawang putih, kembang kol, kentang, dan labu.

6. Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga dikenal mampu memenuhi asupan nutrisi untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun lagi-lagi tak semua orang bisa mengonsumsi semua jenis buah. Buah dapat menjadi pemicu alergi seperti ruam kulit, asam lambung, maag, mual, muntah, hingga diare. Beberapa buah pemicu alergi di antaranya adalah stroberi, jeruk nipis, lemon, anggur, pepaya, serta nanas.

Sumber: Healthline, Halodocs

 

Video Populer

Foto Populer