Sukses


Pengertian Frasa Beserta Ciri dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pernahkan kamu mendengar kata 'frasa'? Kata tersebut bisa jadi sudah tidak asing lagi. Frasa sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, meski mungkin kamu tak menyadarinya.

Frasa dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Di sisi lain, frasa merupakan satu di antara materi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Melansir dari laman yuksinau.id, frasa adalah satuan yang terdiri dari dua kata atau lebih yang menduduki satu fungsi kalimat. Frasa tidak bisa membentuk sebuah kalimat yang sempurna karena tidak mempunyai predikat atau nonpredikat.

Sederhanya, frasa adalah gabungan atau pengelompokan dari dua kata atau lebih, namun tidak bisa membentuk kalimat sempurna karena tidak memiliki predikat.

Dalam sebuah kalimat, frasa berkedudukan sebagai fungsi sintaksis. Fungsi sintaksis lebih dikenal dengan subjek (S), predikat (P), objek (O), komplemen (pelengkap), dan keterangan. 

Misalnya, dalam sebuah kalimat yang terdiri dari S-P-O, frasa dapat mengisi kalimat tersebut dengan berfungsi sebagai subjek, predikat, atau objek.

Untuk mendapatkan pemahaman secara lebih mendalam, bisa menyimak pembahasan mengenai frasa, di bawah ini.

Berikut ini pengertian frasa beserta ciri dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui, dikutip dari laman Yuksinau dan Insanpelajar, Jumat (1/10/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Frasa

1. Ciri-Ciri Frasa

  • Frasa harus terdiri minimal dua kata atau lebih.
  • Menduduki atau mempunyai fungsi gramatikal dalam kalimat.
  • Frasa harus mempunyai satu makna gramatikal.
  • Frasa bersifat nonpredikatif.
  • Frasa selalu menduduki satu fungsi kalimat.
3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Frasa

2. Jenis-Jenis Frasa

- Frasa verbal

Adalah suatu frasa yang mempunyai inti kata kerja dalam unsur pembentukannya dan juga dapat difungsikan sebagai pengganti kedudukan kata kerja dalam suatu kalimat.

- Frasa vominal

Adalah suatu frasa yang mempunyai inti kata benda dalam unsur pembentukannya dan juga dapat difungsikan sebagai pengganti dari kata benda.

- Frasa ajektiva

Adalah suatu frasa yang mempunyai inti berupa kata sifat dalam unsur pembentukannya.

- Frasa adverbia

Frasa adverbia adalah frasa yang mengandung unsur inti kata keterangan dan dapat sebagai substitusi kata keterangan dalam suatu kalimat.

- Frasa numeralia

Frasa numeralia adalah frasa yang terbentuk dari kata bilangan. Frasa ini mengungkapkan jumlah, kuantitas, dan urutan dalam suatu deret.

- Frasa preposisional

Frasa preposisional merupakan frasa yang mengandung preposisi dan objek preposisional yang dapat berperan sebagai kata keterangan dalam suatu kalimat.

- Frasa konjungsi

Frasa konjungsi adalah frasa yang mengandung konjungsi atau kata sambung.

- Frasa endosentrik

Frasa endosentrik adalah frasa yang memiliki konstituen inti yang memiliki hubungan atau kesetaraan dengan konstituen lainnya yang ada pada rangkaian kalimat tersebut.

Secara umum ada tiga jenis frasa endosentrik, yaitu frasa endosentrik atributif, apositif, dan koordinatif.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Frasa

- Frasa eksosentrik

Frasa eksosentrik adalah frasa yang tidak memiliki unsur inti. Lantaran tidak memiliki unsur inti, kalimat ini tidak dapat dipenggal-penggal atau dibeda-bedakan.

Secara umum, ada tiga bentuk frasa eksosentrik yang umumnya digunakan dalam suatu kata-kata. Tiga bentuk frasa tersebut, yakni frasa eksosentris direktif, nondirektif, dan konektif.

- Frasa setara

Frasa setara adalah frasa yang antarkatanya memiliki unsur yang setara.

- Frasa setara bertingkat

Frasa setara bertingkat merupakan frasa yang antarkatanya memiliki unsur yang tidak setara atau memiliki tingkatan-tingkatan tertentu.

- Frasa biasa

Frasa biasa merupakan frasa yang terbentuk dari makna denotasi (makna sebenarnya).

- Frasa idiomatik

Frasa idiomatik adalah frasa yang bermakna tidak sebenarnya atau memiliki konotasi tertentu.

- Frasa ambigu

Frasa ambigu merupakan frasa yang memiliki makna ganda sehingga dapat menimbulkan keraguan. Oleh karena itu, frasa-frasa ambigu umumnya memerlukan penjelasan yang lebih.

 

Sumber: yuksinau.id, insanpelajar.com

Video Populer

Foto Populer