Sukses


12 Manfaat Cokelat Bagi Kecantikan dan Kesehatan, Cegah Risiko Penyakit Jantung

Bola.com, Jakarta - Cokelat adalah salah satu makanan populer di berbagai penjuru dunia. Cokelat banyak disukai berbagai kalangan usia, mulai anak-anak hingga orang tua.

Makanan yang berasal dari biji buah kakao ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai olahan menu, mulai dari bubuk cokelat, perasa dan pewarna makanan, dan minuman.

Sayang, masih banyak orang yang masih punya anggarap keliru tentang cokelat. Kebanyakan mengira mengonsumsi cokelat bisa mengakibatkan diabetes, kulit berjerawat, penyakit jantung koroner, hingga hipertensi. Namun perlu diketahui biji buah kakao tersebut malah mengandung antioksidan tinggi.

Netherlands Journal of Medicine menyatakan cokelat mengandung senyawa fenolik yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, jenis yang biasa digunakan adalah cokelat hitam atau dark chocolate lantaran mengandung lebih sedikit lemak dan gula ketimbang cokelat biasa. Anda tentunya tidak boleh mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Setidaknya 10 gram dalam satu hari saja.

Berikut adalah ragam manfaat cokelat bagi kesehatan dan kecantikan kulit yang bisa mencegah berbagai penyakit kronis, seperti dirangkum dari Medical Newt Today, Selasa (22/10/2019).

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penelitian dari The Journal of Nutrition menyatakan cokelat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Para peniliti menyimpulkan mengonsumsi cokelat secara teratur dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.

Mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang juga bisa mengurangi risiko atrial fibrillation, yakni kondisi detak jantung yang tidak teratur yang dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainnya.

2. Meningkatkan Performa Atlet

Cokelat sangat dianjurkan sebagai asupan untuk para atlet atau bagi Anda yang gemar berolahraga.

Penelitian dari Jurnal International Society of Sports Nutrition menunjukkan cokelat hitam dapat meningkatkan ketersediaan oksigen selama olah fisik.

3. Melawan Sel Kanker

Cokelat adalah salah satu makanan yang dapat mencegah dan melawan sel kanker. Sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kanker yang berbahaya.

4. Menurunkan Tekanan Darah dan Mengtasi Stres

Apakah Anda memiliki riwayat darah tinggi? Cokelat adalah solusinya. Buah biji kakao ini terkenal mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Di sisi lain, cokelat sangat berperan penting melindungi peredaran darah atau aliran darah berkat kandungan senyawa flavonoidnya

Setelah itu, cokelat memiliki kandungan untuk menenangkan saraf yang tegang. Ketika seseorang mengonsumsi cokelat, maka akan membuat perasaannya menjadi lebih baik. Anda bisa menurunkan tingkat stres atau depresi setelah mengonsumsi cokelat dan meningkatkan kinerja otak.

5. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang ragu manfaat cokelat yang satu ini. Justru mereka menilai cokelat dapat membuat seseorang semakin gemuk. Padahal cokelat dapat membantu seseorang untuk menerapkan program diet.

Penelitian dari University of Copenhagen menemukan bahwa biji buah kakao ini dapat membuat mudah kenyang. Tetapi Anda harus memerhatikan jumlah asupan cokelat, jangan mengonsumsinya berlebihan.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Cokelat Bagi Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, cokelat juga baik bagi kecantikan kulit. Anda bisa mengonsumsinya sebagai makanan maupun masker cokelat. Berikut adalah manfaat cokelat bagi kecantikan:

  1. Melembapkan kulit
  2. Melindungi sinar UV matahari
  3. Membuat awet muda dan menyamarkan garis halus atau keriput
  4. Membersihkan dan mendetoks kulit dari radikal bebas
  5. Mencerahkan dan menutrisi kulit
  6. Mengatasi jerawat
  7. Membersihkan pori-pori wajah

Sumber: Medical News Today

Video Populer

Foto Populer