Sukses


20 Manfaat Tomat bagi Kesehatan Beserta Risikonya yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Kendati harganya murah, tomat padat nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan tomat dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes. Selain itu, tomat bisa dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Tomat mengandung senyawa karotenoid tinggi termasuk lutein dan likopen. Kandungan-kandungan tersebut sangat penting bagi kesehatan mata supaya tidak mudah rabun.

Tomat menjadi salah satu sayuran yang paling mudah dikonsumsi karena bisa diolah menjadi jus, salad, isi sandwich, dan berbagai menu masakan. Sayuran ini juga baik dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Tomat memiliki berbagai jenis dan ukuran, seperti tomat ceri, tomat besar, tomat hijau dan merah.

Manfaat tomat akan lebih maksimal apabila dikonsumsi secara langsung tanpa diolah. Tetapi masih banyak orang yang tidak suka memakan tomat secara lansung sehingga mau-tak mau harus diolah terlebih dahulu. Meski begitu, tomat tetap memberi manfaat baik bagi kesehatan.

Sayuran jenis ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, dan lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi kulit dari risiko radikal bebas dan sinar ultraviolet. Tomat juga mampu menghaluskan dan menyembuhkan berbagai masalah kulit lainnya, seperti jerawat dan komedo.

Lantas apa saja manfaat tomat? Berikut adalah segudang manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari Medical News Today.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

  1. Mencegah penyakit kanker
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Menjaga kesehatan jantung
  4. Mengatasi diabetes
  5. Menyembuhkan sembelit
  6. Melancarkan pencernaan
  7. Menjaga kesehatan mata
  8. Melembapkan dan mencerahkan kulit
  9. Mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo
  10. Menyehatkan janin (bagi ibu hamil)
  11. Memperbanyak ASI bagi ibu menyusui
  12. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi
  13. Mencegah hipertensi
  14. Mengatasi kulit berminyak
  15. Mengurangi kerontokan rambut
  16. Meningkatkan mood
  17. Menjaga kekuatan sistem imun tubuh
  18. Menjaga kekuatan tulang, sendi dan otot
  19. Meningkatkan fungsi otak
  20. Mengobati luka supaya tidak infeksi
3 dari 3 halaman

Risiko Mengonsumsi Tomat Secara Berlebihan

Anda tak boleh terlena dengan segudang manfaat tomat. Kendati memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, sayuran ini juga dapat memicu sejumlah efek samping apabila dikonsumsi berlebihan.

Environmental Working Group (EWG) setiap tahunnya menyusun daftar buah-buahan dan sayuran dengan tingkat zat residu pestisida tertinggi. Makanan ini dikenal sebagai Dirty Dozen.

Simak juga: 16 Manfaat Minum Jus Tomat Campur Wortel Setiap Hari untuk Diet dan Ibu Hamil

EWG menyarankan seseorang untuk membeli tomat organik tanpa diberi pestisida untuk mencegah penyakit. Namun sayangnya kini banyak tomat di pasaran yang sudah terkena pestisida. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa mencuci tomat dengan bersih.

Di sisi lain, tomat juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan bagi pengidap penyakit jantung yang harus minum obat dengan kadar kalium tinggi. Selain itu, jika terlalu banyak mengonsumsi kalium dan potasium dalam tomat, maka akan berbahaya bagi yang memiliki gangguan ginjal.

Sumber: Medical News Today

Video Populer

Foto Populer