Sukses


5 Manfaat Buah Tin, Dipercaya Bisa Mencegah Kanker Payudara

Bola.com, Jakarta - Buah tin atau yang dikenal dengan buah ara punya banyak manfaat bagi kesehatan. Buah tin mengandung antioksidan tinggi berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Tak kalah dengan buah-buahan lain, tin juga memiliki kandungan vitamin, mineral dan molekul gula, serta nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti protein dan zat besi.

Buah tin banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal. Tak hanya buahnya, bahkan batang hingga daun tin juga memiliki khasiat penting.

Tanaman buah tin dimanfaatkan sebagai teh yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit kronis. Buah tin kini banyak dibudidayakan di Asia, termasuk Indonesia.

Buah tin menjadi sumber vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamnin C, vitamin k, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi baik bagi tubuh. Selain itu, buah ara mengandung antioksidan tinggi guna menangkal sel-sel jahat yang menjadi penyebab kanker.

Lantas, apa saja manfaat buah tin atau buah ara untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut tim Bola.com merangkum beberapa manfaat buah tin, seperti dilansir Healthline dan Organic Facts.

 

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Buah Tin: Obat Anti Kanker

Buah tin ataupun daunnya memiliki senyawa antikanker yang terdapat pada getah pucuk daun tin. Getah tumbuhan tin dipercaya mampu menekan pertumbuhan sel kanker.

Buah tin juga mengandung ficin yang bisa memicu apoptosis pada sel kanker. Setelah itu, sel kanker akan hancur dengan sendirinya. Sehingga Anda akan menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker payudara.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Buah Tin: Mengobati Diabetes

Seperti dilansir Health Line, buah tin mampu mengobati diabetes karena bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini telah terbukti dengan adanya sebuah studi yang dilakukan oleh seorang peneliti di Spanyol.

Buah tim memiliki kandungan senyawa aktid yang memiliki kesamaan seperti hormone insulin. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar gula darah berlebih.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Buah Tin: Baik untuk Kesehatan Kulit

Banyak obat herbal kemasan yang mengandung buah tin berguna untuk kesehatan kulit. Buah ara ini terkenal mampu mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, dan vitiligo.

Tin kaya vitamin, antioksidan, dan mineral yang baik untuk kulit. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga kulit menjadi lebih cantik dan sehat.

Di sisi lain, buah tin bisa digunakan sebagai masker wajah supaya tampil lebih percaya diri dengan kulit wajah sehat dan merona. Caranya, Anda harus mengancurkan buah tin dan campurkan dengan satu sendok makan yogurt supaya kulit terasa lebih lembap. Kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat.

 

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Buah Tin: Menjaga Berat Badan

Tak kalah dengan buah lainnya, tin juga memiliki kandungan serat cukup tinggi yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian Dr. Joe Vinson dari Universitas Scranton, buah tin adalah sumber nutrisi unggul. Tetapi Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak menambah berat badan.

 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Buah Tin: Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat buah tin dan daunnya lainnya yakni bisa mengobati batu ginjal. Kok Bisa? Daun tin mengandung senyawa saponin dan alkaloid yang bermanfaat sebagai diuretic dan bisa mengatasi masalah ginjal.

Selain itu, kandungan saponin dan alkaloid dalam daun tin dapat menghancurkan batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Kemudian batu ginjal yang telah hancur itu bisa terbawa saat buang air kecil.

 

Sumber: Organic Facts

Video Populer

Foto Populer