Sukses


7 Manfaat Lemon Bagi Kecantikan dan Kesehatan, Dapat Mencegah Batu Ginjal

Bola.com, Jakarta - Lemon merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup digemari di berbagai penjuru dunia. Buah itu berwarna kuning dengan rasa asam yang khas. Lemon termasuk ke dalam spesies jeruk yang dapat tumbuh besar dan rimbun, dengan buah yang berkumpul banyak.

Kendati rasanya asam, lemon bisa membuat tubuh lebih sehat dan segar. Manfaat dari salah satu jenis jeruk ini tentu tak perlu diragukan lagi bagi kesehatan, karena memiliki kandungan nutrisi dan vitamin cukup tinggi.

Khasiat lemon begitu beragam, mulai untuk kesehatan hingga kecantikan. Spesies jeruk yang satu ini terkenal mampu mendetoks racun dari tubuh lantaran memiliki senyawa antioksidan yang kuat.

Saking banyaknya senyawa baik dalam lemon, mampu membuat seseorang kembali segar dan bugar selepas mengonsumsinya. Lemon biasanya diolah menjadi jus, es teh lemon (lemon tea), infused water, dan lain sebagainya.

Lemon cukup mudah ditemukan karena banyak dijual di pasaran. Tetapi harga lemon relatif lebih mahal ketimbang jeruk biasa. 

Lantas apa saja manfaatnya? Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat lemon bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dilansir dari Health Line.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

1. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral yang membeku, sehingga akan menyakitkan ketika hendak buang air kecil. Orang yang rentan terkena batu ginjal adalah mereka yang kebiasaan menahan buang air kecil dan kurang minum air putih.

Namun tak perlu kahawatir, karena Anda bisa mencegahnya dengan perasan air lemon.

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat mencegah batu ginjal. Satu gelas jus lemon akan mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini berkat senyawa asam sitrat yang akan meningkatkan volume buang air kecil dan meningkatkan pH urine.

2. Mencegah Kanker

Lemon sangat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah yang satu ini memiliki kandungan limonene dan naringenin yang berperan aktif dalam membunuh sel-sel jahat.

Lemon juga memiliki senyawa flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan lemon tersebut dapat menangkal perkembangan dan pertumbuhan sel kanker.

3. Menurunkan Berat Badan

Lemon terkenal ampuh untuk menurunkan berat badan. Buah ini kerap dijadikan menu diet oleh banyak orang, seperti infused water. Lemon akan melancarkan pencernaan, sehingga lemak tidak terlalu menimbun di dalam tubuh.

Buah jenis jeruk ini mengandung serat pektin atau zat bermolekul berat dapat mudah larut di dalam perut. Setelah itu, senyawa anioksidan lemon akan meluruhkan lemah membandel dan menjadikannya sebagai cadangan energi.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Lemon bisa memnjaga kesehatan jantung seseorang apabila dikonsumsi secara rutin. Kandungan potasium dalam lemon memiliki kemampuan mengontrol tekanan darah tinggi, mengobati sakit kepala dan mual, serta mengurangi stres.

Hasil penelitian Journal of Nutrition and Metabolism, menyatakan bahwa mengonsumsi lemon setiap hari dan diimbangi dengan olahraga, terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Sebuah studi di Jepang menemukan orang yang rajin mengonsumsi cairan lemon akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Lemon Bagi Kecantikan

Lemon banyak dijadikan sebagai bahan dasar di berbagai produk kecantikan. Buah yang satu ini dapat menjadi obat antiseptik alami yang dapat mengatasi masalah kulit. Lemon berfungsi mencegah penuaan dini, menghilangkan kerutan dan membasmi komedo dan jerawat. Selain itu, lemon juga bermanfaat bagi kecantikan seperti berikut ini:

5. Mencerahkan dan Menghilangkan Kulit Belang

Apakah Anda memiliki masalah kulit belang? Lemon adalah solusinya. Anda bisa mencampur satu sendok makan jus lemon dengan air mawar. Lalu celupkan kain ke dalam cairan tersebut dan kompreskan pada kulit yang terbakar oleh sinar matahari, alias belang.

Di sisi lain, lemon juga dapat mencerahkan kulit wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih. Setelah itu, cairan lemon akan membawa bakteri keluar melalui pori-pori, sehingga Anda terbebas dari jerawat.

6. Perawatan Rambut

Kecantikan bukan hanya soal kulit, tetapi rambut. Kesehatan rambut juga menjadi salah satu penunjang kepercayaan diri. Apabila kulit sehat, tentu rambut juga perlu dirawat.

Anda bisa merawat rambut menggunakan cairan lemon yang bisa mengatasi ketombe, rambut rontok, dan masalah lainnya pada kulit kepala.

7. Perawatan Gigi

Kebersihan dan kesehatan gigi juga termasuk kedalam kecantikan. Terkadang orang akan kurang percaya diri apabila gigi menguning. Anda bisa menggosokkan bagian dalam kulit lemon pada gigi selama 10 menit setiap hari.

Selain itu, lemon juga dapat membantu mencegah sakit gigi. Cairan lemon juga dapat menghilangkan bau tak sedap alias napas bau.

 

Sumber: Health Line

Video Populer

Foto Populer