Sukses


25 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Bola.com, Jakarta - Pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang digemari di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pada dasarnya, semua buah memang memiliki nutrisi dan kandungan tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Tak semua buah bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan kulit dan rambut. Namun, ada salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, yakni pepaya.

Pepaya kaya nutrisi, seperti vitamin (A,C, dan E), zat besi, protein, kalium, fosfor, dan karbohidrat. Buah ini dipercaya sangat baik untuk menyehatkan rambut.

Vitamin E di pepaya juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Manfaat pepaya bagi kecantikan tak perlu diragukan lagi, karena memiliki kandungan nutrisi dan vitamin cukup tinggi. Itu dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan yang menjadikan pepaya sebagai bahan utamanya.

Namun produk-produk tersebut sudah tercampur dengan bahan kimia lainnya. Pepaya akan lebih baik tanpa tercampur bahan pengawet. Buah ini bisa menyehatkan kulit dan rambut dari dalam tubuh maupun dari luar.

Anda bisa mengonsumsi pepaya sebagai perawatan dari dalam tubuh. Selain itu, Anda bisa menghaluskan pepaya sebagai masker untuk merawat kulit dan rambut dari luar. Anda bisa mencari buah pepaya yang sudah matang berwarna oranye lantaran memiliki tekstur lebih lembut.

Lantas apa saja manfaat pepaya bagi kecantikan? Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/10/2019).

 

2 dari 7 halaman

1. Mencegah Peradangan Kulit

Pepaya mengandung proteolitik (pengurai protein) chymopapain dan papain. Kandungan itu akan mempercepat proses penyembuhan serta mencegah timbulnya infeksi di area kulit yang terbakar matahari. Pepaya juga mampu mengatasi kulit belang apabila Anda menggunakannya sebagai perawatan rutin.

Pepaya memiliki kombinasi kandungan enzim dan asam alfa hidroksi (AHA). Kedua kandungan tersebut bertindak sebagai eksfolian untuk melarutkan protein tak aktif sekaligus membuang sel kulit mati.

 

3 dari 7 halaman

2. Mencerahkan Wajah dan Menghilangkan Flek Hitam

Selain mencegah peradangan, pepaya memiliki kandungan untuk mencerahkan dan menghilangkan flek hitam pada kulit.

Buah yang satu ini mampu membersihkan kulit dari kotoran dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari atau radikal bebas. Buah ini juga kerap dijadikan sebagai bahan pokok di berbagai produk kecantikan atau pemutih wajah, misalnya sabun atau lotion pepaya.

Berikut cara penggunaan pepaya untuk memutihkan wajah:

  • Haluskan atau blender buah pepaya matang hingga menjadi bubur.
  • Oleskan buah pepaya yang telah hancur tersebut ke wajah
  • Diamkan dan tunggu hingga 20 menit
  • Bilas dengan air bersih

 

4 dari 7 halaman

3. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Pepaya bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan rambut, yaitu mengatasi ketombe, mencegah kerontokan, menguatkan dan menyuburkan pertumbuhan rambut, dan membuat rambut hitam berkilau. Kandungan asam folat pada pepaya bisa membantu meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan.

Selain buahnya, biji pepaya juga bisa dijadikan sebagai perawatan rambut untuk mengurangi ketombe. Biji pepaya memiliki sifat antijamur yang dapat mengendalikan dan mencegah ketombe. Kandungan tersebut mampu mencegah infeksi jamur yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe.

Caranya, Anda perlu mencampurkan daging dan biji pepaya menjadi pasta halus layaknya masker. Kemudian oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama sat jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keramas supaya tidak lengket.

 

5 dari 7 halaman

4. Mengatasi Jerawat dan Mata Panda

Manfaat pepaya yang satu ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Banyak obat jerawat yang menggunakan pepaya sebagai bahan dasarnya. Pepaya memiliki kandungan yang dapat mencegah dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Enzim papain pada pepaya mampu mengangkat sel kulit mati yang biasanya menyumbat pori-pori penyebab jerawat.

Selain itu, buah pepaya yang masih mentah berwarna kehijauan dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, alias mata panda.

Cara membuatnya cukup mudah. Haluskan pepaya hijau hingga menjadi bubur untuk dijadikan masker di area kantung mata. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.

 

6 dari 7 halaman

5. Melembutkan dan Mengencangkan Kulit

Pepaya akan mengurangi pembentukan radikal bebas, sehingga buah ini dapat mencegah penuaan dini atau membuat terlihat awet muda. Anda bisa mencampurkan putih telur untuk masker wajah selama 20 menit. Putih telur akan membantu pepaya untuk mengencangkan kulit lebih efektif.

Setelah dibilas, hasilnya akan membuat kulit Anda terasa lebih lembut. Hal itu dikarenakan adanya proses pengelupasan kulit mati. Selain itu, cara ini juga akan membuat wajah terasa lebih segar dan merona.

 

7 dari 7 halaman

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Pepaya adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya untuk kecantikan, buah ini juga baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh seperti berikut ini:

  1. Melancarkan pencernaan
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Sebagai cadangan energi
  4. Obat insomnia alami
  5. Mencegah kanker
  6. Menurunkan berat badan
  7. Mencegah pertumbuhan parasit dalam tubuh
  8. Menyehatkan mata
  9. Menyehatkan kuku
  10. Menyembuhkan demam akibat virus dengue

Baca juga: 27 Manfaat Daun, Buah, dan Sabun Pepaya Untuk Kesehatan Juga Kecantikan

  1. Mengobati radang dan iritasi
  2. Meningkatkan kekuatan tulang dan otot
  3. Mengurangi mual
  4. Mengurangi stres dan depresi
  5. Meringankan keram saat haid
  6. Membantu penyembuhan asma
  7. Menurunkan kolesterol
  8. Membantu mengobati diabetes
  9. Mencegah kanker
  10. Menjaga kesehatan ginjal

Video Populer

Foto Populer