Sukses


12 Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bola.com, Jakarta - Setiap orang pasti pernah mengalami masalah pada sistem pencernaan. Gangguan kesehatan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya alergi makanan tertentu hingga masuk angin.

Terdapat beberapa makanan yang bisa membuat sistem pencernaan bermasalah, misalnya diare dan sembelit. Dua gangguan kesehatan itu akan membuat perut tak nyaman dan kerap mengganggu aktivitas.

Sistem pencernaan yang bekerja dengan baik tentu menjadi dambaan bagi banyak orang. Selain itu, sistem pencernaan yang baik juga dapat membantu mempertahankan kesehatan tubuh lainnya.

Mulas atau sakit perut kerap dianggap sepele. Namun apabila didiamkan, buruknya sistem pencernaan bisa menurunkan daya tahun tubuh, sehingga mudah lemas bahkan meriang.

Mengacu pada hal tersebut, Anda perlu mengenali permasalahan pada sistem pencernaan yang umum terjadi. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara untuk menjaga sistem pencernaan supaya tetap sehat.

Berikut adalah jenis masalah sistem pencernaan beserta cara menyehatkannya hingga mengatasi sembelit atau melancarkan buang air besar (BAB) dan mencegah diare.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Masalah Sistem Pencernaan

1. Kembung dan Masuk Angin

Kembung dan masuk angin adalah masalah pada sistem pencernaan yang umum terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh udara dalam tubuh terlalu banyak. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminum jahe hangat atau berjalan kaki selama 5-10 menit. Sebaiknya, Anda tidak terlalu banyak berbaring atau tidur setelah makan atau minum, supaya tidak kembung.

2. Diare

Diare merupakan gangguan sistem pencernaan yang pernah dialami oleh banyak orang. Diare disebabkan terlalu banyak mengonsumsi asam dan pedas. Diare juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan sembarangan yang telah terkontaminasi dengan bakteri.

3. Sembelit

Sembelit merupakan suatu kondisi tidak teraturnya buang air besar (BAB). Sembelit biasanya ditandai saat seseorang hanya bisa BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu. Gangguan ini biasanya sangat mudah diatasi hanya dengan mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung serat tinggi.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang mengalami gangguan pada sistem pencernaan, Anda perlu mencoba beberapa cara sehat dan alami seperti di bawah ini:

1. Mengunyah makanan secara perlahan

2. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur

3. Kurangi konsumsi daging tinggi lemak

4. Perbanyak minum air putih

5. Berjalan kaki sebentar selepas makan

6. Hindari stres

7. Hindari merokok

8. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan berkarbonasi (soda)

9. Cuci sayur atau buah dengan bersih sebelum dikonsumsi

10. Rajib berolahraga

11. Jangan menahan buang air besar

12. Konsumsi makanan kaya probiotik seperti tempe, yogurt, tahu, dan lain sebagainya

Video Populer

Foto Populer