Sukses


20 Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan, Bisa Bantu Atasi Berbagai Penyakit

Bola.com, Jakarta - Jus mangga salah satu minuman menyegarkan. Selain segar dan manis, buah yang satu ini kaya vitamin C, vitamin A, kalium, serta zat besi. Jus mangga dibuat dari buah yang telah matang berwarna oranye.

Buah mangga yang masih mentah belum bisa dijadikan jus, karena teksturnya keras dan rasanya cukup asam. Selain rasanya lezat dan segar, jus mangga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Terlebih, jus mangga dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit tertentu. Jus mangga mengandung rendah kalori dan serat tinggi.

Minuman ini juga menjadi sumber vitamin A, C dan E, serta memiliki kandungan folat, B6, zat besi, hingga kalsium. Jus mangga juga mengandung antioksidan baik, mengandung phytochemical yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Jus mangga tentu aman dikonsumsi bagi semua orang, anak-anak maupun dewasa. Selain aromanya khas, jus mangga dapat memberikan manfaat baik bagi kulit.

Kandungan vitamin C dalam jus mangga juga tak kalah dari jus jeruk, anggur, lemon, atau tomat. Lantas apa saja manfaat jus mangga?

Berikut adalah sederet manfaat jus mangga bagi kesehatan tubuh yang dapat mencegah penyakit berbahaya, seperti dirangkum dari Health Line dan Medical News Today, Kamis (7/11/2019).

2 dari 3 halaman

4 Manfaat Jus Mangga untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Jus buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Sehingga minuman sehat yang satu ini mampu mencegah berbagai penyakit seperti berikut ini:

1. Mencegah Kanker

Jus mangga mengandung pektin, serat makanan yang larut dan efisien menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan tersebut juga dapat mencegah perkembangan sel kanker prostat.

Menurut hasil sebuah penelitian The European Prospective Investigation of Cancer menemukan adanya hubungan kuat antara buah mangga yang dijadikan jus untuk menurunkan risiko kanker, khususnya pada saluran pencernaan.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menjaga Kesehatan Jantung

Jus buah mangga memiliki vitamin C dan serat tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Minuman sehat ini juga kaya kalium yang amat dibutuhkan tubuh. Kandungan kalium di jus mangga berfungsi menyeimbangkan sel cairan tubuh guna mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Sehingga jus mangga dipercaya mampu menurunkan kolestrol dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

3. Mengatasi Obesitas

Manfaat lain dari jus mangga adalah mencegah obesitas. Jus buah mangga mengandung serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan, serta bisa menurunkan kalori.

Jus mangga berperan penting untuk menghilangkan masalah gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar. Sebab, jus mangga mengandung bahan bioaktif guna meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

4. Menyembukan Anemia

Jus mangga dipercaya dapat menyembuhkan anemia atau kekurangan sel darah. Mengapa demikian? Jus buah mangga memiliki zat besi yang berperan dalam membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

16 Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan

Jus mangga tidak hanya mampu mencegah dan mengatasi penyakit kronis, tetapi minuman sehat ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini:

  1. Membantu menurunkan berat badan
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh
  3. Mengurangi diabetes
  4. Menyehatkan tulang, otot dan sendi
  5. Mencegah asma
  6. Mencegah panas dalam
  7. Menunda penuaan dan terlihat awet muda
  8. Mengatasi masalah pencernaan
  9. Menghilangkan sel kulit mati
  10. Mendorong terbentuknya kolagen
  11. Meredakan iritasi kulit
  12. Mencegah jerawat
  13. Menjaga kesehatan rambut
  14. Menurunkan tekanan darah
  15. Menjaga kesehatan mata
  16. Meredakan sembelit

Video Populer

Foto Populer