Sukses


7 Manfaat Buah Nangka bagi Kesahatan dan Kecantikan, Baik untuk Mata Minus

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan nangka. Buah ini cukup populer dan banyak diolah menjadi berbagai menu makanan. Nangka matang bisa disantap langsung atau dijadikan pelengkap sup buah segar hingga puding.

Selain dagingnya yang matang, buah nangka mentah pun menjadi menu khas andalan bagi masyarakat di Yogyakarta yakni gudeg, dan sayur nangka di menu masakan khas Padang. Bahkan di beberapa daerah wisata lainnya, nangka matang juga bisa dijadikan camilan untuk oleh-oleh. 

Di balik rasanya yang lezat dan aroma khasnya, nangka menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa mengonsumsi buah nangka dengan porsi secukupnya. Lagi pula pohon dari buah berduri ini biasa tumbuh di halaman sekitar rumah atau kebun. 

Namun tak perlu khawatir jika Anda ingin mengambil manfaat dari buah nangka tetapi tidak memiliki pohonnya. Nangka juga banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah.

Manfaat nangka hadir karena adanya kandungan thiamin, riboflavin, kalium, kalsium, zat besi, niasin, serta vitamin A dan vitamin C. Nangka juga mengandung serat rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Berikut adalah manfaat nangka bagi kesehatan dan kecantikan, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019).

 

2 dari 8 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Nangka memiliki kandungan kalium yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 dalam buah nangka dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Selain itu, buah ini mengandung resveratrol yang memiliki efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, iskemia, hingga hipertensi.

Senyawa potasium dalam buah nangka juga mampu menjaga keseimbangan sodium atau elektrolit yang berfungsi mengatur kadar air dalam tubuh. Apabila kadar sodium terganggu, maka akan timbul kerusakan pada arteri dan jantung.

 

3 dari 8 halaman

2. Mencegah Kanker

Nangka memiliki kandungan zat phytochemical, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Menurut laporan American Institute for Cancer Research, senyawa phytochemical memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel. Kerusakan tersebut dikenal sebagai stres oksidatif yang menimbulkan beberapa penyakit kronis, termasuk kanker.

Senyawa anti-oksidan, fitonutrien, dan kandungan Vitamin C dalam nangka dapat menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker lambung, kanker kulit dan kanker prostat.

 

4 dari 8 halaman

3. Melancarkan Pencernaan

Nangka memiliki kandungan serat cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat menjaga kelancaran sistem pencernaan. Bagi Anda yang mengalami sembelit atau buang air besar (BAB) kurang lancar, maka konsumsilah buah yang satu ini.

Penelitian menunjukkan serat makanan dalam buah nangka dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar. The Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan bagi para kaum wanita untuk mengonsumsi 25 gram dan pria 38 g serat per hari. 

Selain daging buahnya, biji nangka juga mengandung prebiotik, yang dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus. Biji nangka banyak diolah menjadi berbagai menu masakan, seperti direbus atau dikukus, hingga manjadi campuran dalam sayur asem.

 

5 dari 8 halaman

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah bisa membantu mengontrol gula darah. Buah ini memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Indeks glikemik merupakan ukuran kecepatan darah naik setelah mengonsumsi makanan tertentu. 

Manfaat ini dikarenakan adanya serat dalam buah nangka yang berfungsi memperlambat pencernaan dan membantu mencegah lonjakan gula darah. Selain itu, buah ini mengandung protein yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan. 

Kandungan antioksidan flavonoid dalam buah nangka juga bermanfaat untuk membantu kadar gula darah yang seimbang. Sehingga Anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

 

6 dari 8 halaman

5. Baik untuk Mata Minus

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah dapat meningkatkab kesehatan mata. Buah ini kaya nutrisi yang mendukung kesehatan mata seperti beta-karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin.

Semua kandungan tersebut sangat penting untuk penglihatan mata mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva. Nangka juga dapat meningkatkan fokus penglihatan mata, sehingga baik dikonsumsi bagI Anda yang memiliki penglihatan rabun jauh alias mata minus.

Selain itu, lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam buah nangka dapat menyaring cahaya berbahaya dan melindungi serta menjaga fungsi sel sehat yang berada di sekitar mata. Sehingga dapat mengurangi risiko glaukoma, degenerasi makula dan katarak.

7 dari 8 halaman

6. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Tulang merupakan anggota tubuh penting guna menopang kehidupan seseorang. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang ingin menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dengan berbagai cara, baik olahraga maupun mengonsumsi nutrisi yang penting bagi tulang.

Anda bisa mengonsumsi nangka untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. Buah nangka mengandung kalsium dan magnesium cukup tinggi guna menjaga kekuatan tulang dan gigi. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi buah nangka dapat mengurangi risiko osteoporosis atau tulang keropos.

Artikel menarik lainnya.

 

8 dari 8 halaman

7. Cegah Penuaan Dini

Memiliki kulit yang sehat dan awet muda merupakan dambaan bagi banyak orang. Tak sedikit mereka melakukan perawatan demi memiliki kulit cantik dan awet muda, mulai dari bahan alami hingga obat-obatan kimiawi.

Sebenarnya Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan buah nangka. Anda bisa mengonsumsi dagingnya yang matang untuk menutrisi kulit dari dalam tubuh. Selain itu, Anda bisa menghaluskan dagingnya dengan cara diblender untuk dijadikan masker kulit. Sifat lengket pada nangka dapat menjaga kulit tetap kencang dan mengatasi berbagai kerutan.

 

Sumber: The Academy of Nutrition and Dietetics, Health Me Up

Video Populer

Foto Populer