Sukses


Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan buah nangka yang banyak diolah menjadi berbagai menu makanan. Buah nangka yang telah matang bisa disantap langsung atau dijadikan pelengkap aneka makanan seperti sup buah segar hingga campuran puding.

Buah nangka kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tak hanya daging buahnya, biji nangka juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bahkan sejak zaman dahulu biji nangka telah dimanfaatkan dan dimasak menjadi campuran berbagai menu masakan, terutama sayur asam. Meski populer, banyak yang belum menyadari khasiat biji nangka.

Melansir dari Style Craze, biji nangka memberikan manfaat untuk kesehatan. Biji nangka mengandung protein dan zat tinggi untuk melindungi kulit. Biji nangka juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kesehatan aliran darah dan mengobati anemia.

Biji nangka yang telah dimasak memiliki rasa lezat dan lembut seperti kentang. Terlebih, biji nangka juga bisa dikonsumsi semua orang, baik anak-anak maupun orang tua. Lalu, apa saja manfaatnya?

Berikut adalah manfaat biji nangka untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui banyak orang, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019).

2 dari 3 halaman

Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan

1. Mengontrol Diabetes

Sebuah penelitian menemukan biji nangka memiliki senyawa yang bersifat anti-diabetik dan dipercaya efektif mengatasi penyakit diabetes. Senyawa tersebut akan mengurangi kadar gula darah dengan sangat signifikan.

Biji nangka sangat disarankan bagi pasien diabetes maupun seseorang yang memiliki risiko terkena penyakit diabetes. Biji buah nagka akan sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

2. Mengatasi Anemia

Biji nangka dapat meningkatkan asupan zat besi ke dalam tubuh. Biji nagka baik bagi Anda yang memiliki kadar hemogblobin atau sel darah merah yang rendah.

Kadar at besi dalam biji nagka juga mampu mencegah dan mengatasi anemia sekaligus mencegah beberapa penyakit yang berhubungan dengan darah. Sebab, kandungan zat besi dalam biji nangka mampu melawan gejala anemia seperti mudah lemah.

3. Mengurangi Risiko Diare

Sebagian besar orang zaman dahulu telah menggunakan biji nangka sebagai obat diare. Sebuah penelitian mengatakan ekstrak biji nangka memiliki sifat anti-mikroba yang akan menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus.

Biji nangka juga mengandung nutrisi dan memperlancar pencernaan. Serat dalam biji nangka juga bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama dan dapat mencegah sembelit atau konstipasi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan, biji nangka juga bermanfaat untuk meningkatkan toleransi glukosa dan juga profil lipid, serta dapat mengurangi obesitas.

Rajin mengonsumsi biji nangka juga bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat biji nangka juga bisa menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

5. Mencegah Kanker

Biji nangka mengandung senyawa seperti antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker. Selain itu, biji nangka juga mampu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Buah nangka tidak hanya bisa dimakan dagingnya saja, namun bijinya juga dapat dikonsumsi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan Anda.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Biji nangka memiliki kandungan vitamin A yang dapat memelihara kesehatan mata. Mengonsumsi sayur biji nangka secara rutin dapat mencegah Anda dari penyakit mata seperti rabun senja hingga katarak.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Biji Nangka untuk Kecantikan

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tingginya kadar antioksidan yang terkandung dalam biji nangka, membuatnya dapat memperbaiki kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Manfaat biji nangka juga bisa menunda penuaan dini sehingga terlihat awet muda. Biji buah nangka juga mampu mengurangi bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, dan kerutan pada wajah. Anda bisa menggunakan masker biji nangka untuk menutrisi kulit dari luar dan memakannya untuk memelihara kecantikan dari dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Tak hanya untuk kulit, biji nangka juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, serta mengendalikan uban yang keluar terlalu dini. Ekstrak biji nangka juga sangat cocok digunakan untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut dari kerontokaan.

Sumber: Stylecraze

Video Populer

Foto Populer