Sukses


5 Tanda Kekurangan Zat Besi, Sebabkan Sesak Napas

Bola.com, Jakarta - Zat besi merupakan komponen utama hemoglobin dalam sel darah merah, yang berfungsi mengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Zat besi jadi satu di antara nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa zat besi, fungsi hemoglobin (protein di dalam sel darah merah) tidak dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, zat besi punya berbagai fungsi lain, seperti mengatur suhu tubuh dan membentuk enzim dalam tubuh.

Sementara manfaatnya dalam tubuh, tak kalah banyak. Mulai menjaga fungsi organ tubuh, meningkatkan sistem imunitas, menjaga fungsi otot dan otak, mengoptimalkan metabolisme tubuh, menjaga ibu hamil agar sehat, membantu pertumbuhan janin, hingga meningkatkan kecerdasan.

Apa yang akan terjadi pada tubuh kita saat kekurangan zat besi?

Seperti dilansir dari Alo Dokter, Senin (30/3/2020), kekurangan zat besi berpotensi menyebabkan anemia, memicu kerontokan rambut, menimbulkan rasa lelah dan lemah, dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada bayi dalam kandungan

Zat besi dapat ditemukan pada hewan dan beberapa jenis tumbuhan.

Anda bisa mengonsumsi daging merah, ikan laut, kacang-kacangan, sayuran hijau, hingga kuning telur untuk mencukup kebutuhan harian Anda akan zat besi. Jangan khawatir bosan karena Anda bisa menggilir jenis makanan tersebut sehingga tetap bisa disajikan dalam menu sajian setiap hari.

Lalu seperti apa tanda jika Anda mengalami zat besi? Hal ini penting Anda ketahui sehingga bisa cepat melakukan penanganan, semisal segera mengonsumsi jenis makanan yang bisa memberi asupan zat besi pada Anda.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, tanda Anda kekurangan zat besi, Senin (30/3/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Lelah dan Sesak Napas

Lelah yang dirasakan setelah beraktivitas seharian penuh menjadi pertanda berkurangnya zat besi yang ada dalam tubuh. Kekurangan zat besi umumnya disertai gejala lain, seperti lemas, sulit berkonsntrasi, hingga mudah emosi.

Kekurangan zat besi mampu menghambat suplai oksigen ke seluruh tubuh dan mengakibatkan sesak napas. Sebagian orang yang mengalami kekurangan zat besi borpotensi terkena anemia.

3 dari 6 halaman

2. Wajah Tampak Pucat

Kekurangan zat besi akan mengakibatkan wajah Anda tampak pucat. Kekurangan zat besi akan menghambat tubuh memproduksi hemoglobin.

Kadar hemoglobin yang diproduksi oleh tubuh berkurang dari yang biasanya, akan memberikan efek merah pada kulit wajah. Kulit pun akan terlihat lebih pucat.

Untuk mengetahui Anda kekurangan zat besi ,dapat melakukan pengecekan di area kelopak mata bawah, bibir, dan gusi.

Jika terlihat warna yang lebih pucat dan tak secerah biasanya, bisa dikatakan Anda kekurangan zat besi.

4 dari 6 halaman

3. Lidah Bengkak

Kekurangan suplai oksigen akibat kekurangan kadar zat besi di dalam tubuh membuat otot-otot, termasuk lidah merasakan bengkak dan nyeri. Selain itu, akan terlihat pecah-pecah di bagian sisi mulut.

5 dari 6 halaman

4. Rambut Rontok

Tanda selanjutnya jika Anda kekurangan zat besi adalah mengalami kerontokan pada rambut. Folikel rambut membutuhkan suplai oksigen yang memadai.

Jika kekurangan zat besi, suplai oksigen ke folikel rambut akan terhambat dan suplai oksigen akan dialihkan ke organ-organ vital yang dianggap lebih penting.

6 dari 6 halaman

5. Sakit Kepala Persisten

Suplai oksigen yang memadai sangat penting untuk kerja organ-organ yang ada di dalam tubuh. Kekurangan zat besi dipercaya bisa menghambat atau mengurangi suplai oksigen tersebut.

Jika kekurangan zat besi akan menyebabkan pembengkakkan pada arteri otak sehingga menimbulkan rasa sakit pada kepala Anda.

Sumber: Berbagai sumber

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer