Sukses


Dapat Menurunkan Berat Badan, Ini 10 Manfaat Cuka Apel

Bola.com, Jakarta - Bagi Anda yang gemar memasak, cuka apel pasti bukan sesuatu yang asing. Biasanya cuka apel digunakan sebagai campuran dalam proses memasak.

Selain mencampurkannya dalam bahan masakan, cuka apel mungkin digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat salad agar rasanya menjadi lebih segar.

Cuka apel dibuat dari sari buah apel yang difermentasi beberapa hari dan menghasilkan cairan yang berwarna coklat bening, dengan rasa yang sangat masam.

Selain digunakan untuk campuran membuat berbagai macam resep makanan, cuka apel bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan atau mengobati penyakit tertentu.

Selain untuk kesehatan, cuka apel dapat menghilangkan sakit pada gigi dan merawat kulit agar terlihat tetap cerah dan terhindar dari berbagai masalah, seperti jerawat.

Cuka apel terbuat dari bahan alami yang cenderung tidak memiliki efek samping. Konsumsi cuka apel organik agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Minum cuka apel secara rutin untuk menjaga kesehatan dan menghilangkan berbagai macam masalah di tubuh. Campurkan satu hingga dua sendok cuka apel ke dalam secangkir air hangat, dan konsumsi setiap pagi hari.

Bola.com telah merangkum dari The Good Stuff,  10 manfaat cuka apel yang baik untuk tubuh, Jumat (10/4/2020).

2 dari 4 halaman

Mencegah Gangguan Pencernaan

1. Mencegah Gangguan Pencernaan 

Jika Anda menderita masalah perut seperti gangguan pencernaan, kelebihan asam, dan kembung, cuka sari apel dapat menghilangkan masalah tersebut jika dikonsumsi sebelum makan.

Minumlah campuran satu sendok cuka apel dan madu yang dicampurkan ke dalam air hangat, dan meminumnya 30 menit sebelum makan.

2. Meredakan Sakit Tenggorokan 

Redaka sakit pada tenggorokan dengan meminum cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat, yang dapat membunuh bakteri dan mencegahnya berkembang biak dan mencapai tingkat yang berbahaya.

Campurkanlah 1/4 cup sari apel dengan 1/4 gelas air hangat, dan berkumurlah dengan campuran tersebut secara rutin atau jika Anda memerlukannya.

3. Menurunkan Kolesterol

Bagi yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, Anda dapat menurunkannya dengan meminum cuka apel.

Penelitian yang dilakukan pada 2012 menemukan bahwa, kadar lemak yang ada dalam darah dapat turun ketika meminum dua sendok cuka apel setiap hari dalam delapan minggu.

Minum cuka apel secara rutin untuk menurunkan kadar lemak yang berada di dalam darah, yang biasanya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Menurunkan Kadar Gula Darah

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Cuka apel dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, yang dapat menjadi obat ampuh bagi mereka yang mengidap diabetes.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa cuka apel dapat mengurangi fluktuasi insulin selama mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, dan secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa yang ada di dalam darah.

5. Meredakan Sakit Perut

Minumlah cuka apel yang dicampurkan dengan segelas air hangat secara rutin jika Anda sedang mengalami sakit perut. Jika infeksi bakteri yang sedang Anda alami, sifat antibiotik dan antibakteri yang terkandung dalam cuka apel akan membantu mengatasi masalah perut Anda.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meski tidak ada obat yang dapat menurunkan berat badan Anda secara cepat dan signifikan, meminum cuka apel dapat membantu menekan nafsu makan.

Asam asetat dalam cuka apel mengurangi rasa lapar, meningkatkan metabolisme tubuh, dan juga dapat mengurangi retensi air.

Sebuah studi mengatakan, bahwa mengonsumsi cuka apel dapat menurunkan kadar lemak pada mereka yang mengalami obesitas, hal tersebut terjadi karena asam asetat dapat menekan aliran gula yang ada dalam darah dan menekan nafsu makan.

4 dari 4 halaman

Menambah Energi

7. Menambah Energi

Jika saat menjalani aktivitas sehari-hari Anda merasa sering lelah, minumlah cuka apel untuk menambah energi pada tubuh. Hal tersebut terjadi karena cuka apel mengandung kalium dan enzim, yang dapat bertindak sebagai larutan elektrolit alami.

Selain itu kandungan asam amino dalam cuka apel dapat menangkal penumpukan asam laktat dalam tubuh yang dapat menghilangkan rasa lelah.

Campurkan satu atau dua sendok cuka apel ke dalam segelas air, untuk menambah energi pada tubuh.

8. Memutihkan Gigi

Cuka apel dapat membantu untuk menghilangkan noda dan membuat putih gigi Anda. Sebelum menyikat gigi, kumurlah dengan cuka apel, dan lakukan secara rutin.

9. Membersihkan Jerawat

Cuka apel dapat membersihkan jerawat yang timbul pada kulit khususnya di bagian wajah. Kandungan antibakteri cuka apel membantu menjaga jerawat tetap terkendali, sedangkan asam yang ada dapat melembutkan dan mengeksfoliasi kulit, mengurangi bintik-bintik merah dan menyeimbangkan pH kulit Anda.

10. Mengobati Hidung Tersumbat

Sari apel mengandung kalium, yang dapat menghilangkan lendir, dan asam asetat yang memiliki sifat antibakteri untuk menjauhkan hidung dari infeksi.

Sumber: The Good Stuff

Video Populer

Foto Populer