Sukses


Kesulitan Berkonsentrasi, ini 5 Tanda Bahwa Anda Harus Segera Mengubah Pola Makan

Bola.com, Jakarta - Pola makan yang Anda pakai dalam sehari-hari, sangat berpengaruh dengan keadaan tubuh secara menyeluruh. Sehingga semakin tidak sehat makanan yang Anda konsumsi semakin tidak baik pula keadaan tubuh Anda.

Mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, makanan kemasan, hingga berbagai camilan tidak sehat akan memberi risiko Anda terkena berbagai macam penyakit.

Satu di antara masalah pola makan yang akan timbul adalah naiknya berat badan dengan cukup drastis, karena terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda mengandung banyak gula dan kalori, yang dapat menimbun lemak dalam tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung tinggi gula juga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang pada akhirnya akan timbul penyakit diabetes.

Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan prima adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin.

----------

Kabar Ramadhan: Mau Buka Puasa Bareng Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama 1000 orang, artis dan live musik. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

----------

Mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan ikan berlemak, akan memberikan dampak positif bagi tubuh Anda, karena mereka kaya akan kandungan nutrisi dan gizi.

Ada beberapa tanda yang dapat Anda cermati bahwa pola makan yang Anda lakukan perlu diubah menjadi lebih sehat, beberapa di antaranya adalah memiliki masalah pencernaan dan masalah sirkulasi darah.

Berikut Bola.com merangkum dari Curious Mob, 5 tanda bahwa Anda harus segera mengubah pola makan.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Kami:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Memiliki Masalah Pencernaan

Mengalami masalah pencernaan merupakan sebuah hal yang cukup menjengkelkan, apalagi saat mengelami sembelit atau susah buang air besar, yang akan berefek pada sakit pada bagian perut.

Jika Anda telah mengonsumsi berbagai jenis obat namun tidak kunjung usai masalah pada pencernaan, mungkin yang harus dilihat adalah pola makan Anda, Bisa saja terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji.

Kurangilah mengonsumsi makanan cepat saji, dan beralih pada makanan yang menyehatkan tubuh, seperti makanan yang memiliki kandungan serat dan nutrisi yang tinggi.

Anda dapat mencoba memulai mengonsumsi sayur-sayuran. Berbagai macam jenis buah, yogurt, dan juga kacang-kacangan, makanan penuh nutrisi dan serat tersebut dapat meredakan dan mengurangi risiko masalah pada pencernaan.

3 dari 6 halaman

2. Masalah Sirkulasi Darah

Masalah sirkulasi darah biasanya dialami oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes, karena kadar gula yang cukup tinggi pada aliran darah mereka.

Seseorang yang memiliki masalah dengan sirkulasi darah, harus memperhatikan asupan atau pola makan mereka. Karena makanan yang Anda konsumsi akan cukup berpengaruh dengan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat akan memberikan efek buruk pada sirkulasi darah manusia, dan pada beberpa kasus akan menimbulkan varises.

Jika Anda memiliki sirkulasi darah yang buruk atau varises, cobalah mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi alami, seperti bawang dan beri. Penting juga meminum banyak air untuk mendorong aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh.

 

4 dari 6 halaman

3. Kesulitan Dalam Berkonsentrasi dan Mengingat

Pola makan yang Anda miliki tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan badan atau secara fisik saja, namun juga dapat sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan emosional.

Makanan tinggi gula atau makanan cepat saji dapat memengaruhi daya ingat dan kemampuan sesorang untuk berkonsentrasi. Beberapa makanan, seperti minuman bersoda, bahkan dikaitkan dengan munculnya penyakit alzheimer.

Namun banyak juga makanan enak yang dapat menyehatkan otak dan kondisi mental Anda, seperti biji-bijian, ikan salmon, sayuran, dan berbagai macam kacang-kacangan.

Beberapa jenis makanan tersebut dapat meningkatkan kinerja otak Anda untuk menghindari masalah mental dan membantu Anda untuk tetap fokus dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

5 dari 6 halaman

4. Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang memiliki tekanan darah yang cukup tinggi karena tidak memerhatikan pola makan sehari-hari. Makanan yang Anda konsumsi tanpa disadari dapat berpengaruh pada tekanan darah.

Ada berbagai macam makanan yang dapat menurunkan tekanan darah dan begitupula ada juga yang dapat menaikan tekanan darah. Usahakan menghindari makanan tinggi garam atau makanan kemasan yang banyak mengandung natrium.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, ubahlah pola makan Anda dengan makan lebih banyak sayuran hijau, beri, pisang, dan ikan berlemak. Setelah Anda mengubah pola makan dengan makanan sehat, Anda mungkin bisa mengurangi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6 dari 6 halaman

5. Berat Badan Mengalami Kenaikan Cukup Signifikan

Jika Anda memiliki kenaikan berat badan yang terus menerus dan cukup signifikan, maka Anda harus segera merubah pola makan, agar berat badan tidak terus mengalami kenaikan.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menaikan berat badan Anda dengan cukup cepat, seperti makanan cepat saji, minuman bersoda, dan makanan kemasan.

Jenis makanan tersebut biasanya mengandung banyak kalori dan gula yang dapat menambah lemak di dalam tubuh Anda. Kelebihan berat badan yang tidak segera ditangani dengan baik akan menyebabkan obesitas.

Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan gizi, seperti sayur-sayuran, ikan, buah-buahan, dan biji-bijian. Sehingga dengan demikian akan membantu Anda menjaga berat badan yang ideal.

Sumber: Curious Mob

Video Populer

Foto Populer