Sukses


6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Anemia, Termasuk Daging Merah dan Bayam

Bola.com, Jakarta - Jika sering merasa lemas dan pusing dalam menjalani aktivitas, bisa saja hal tersebut menandakan Anda mengidap anemia, di mana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau sel darah merah tidak bekerja semestinya.

Darah adalah satu di antara komponen penting yang ada di dalam tubuh. Darah memiliki tugas mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu pembakaran lemak.

Kekurangan sel darah merah biasanya diakibatkan seseorang kurang asupan zat besi. Ketika tubuh kekurangan zat besi, kadar hemoglobin dalam tubuh juga mengalami penurunan.

Hemoglobin memiliki tugas penting di dalam tubuh. Mereka membantu sel darah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya membantu kinerja sistem organ.

Ketika seseorang mengidap anemia, hal itu berarti kekurangan asupan zat besi di dalam tubuh. Seseorang dikatakan mengidap anemia ketika kadar hemoglobin di bawah 14 gram per desiliter untuk laki-laki dan di bawah 12 gram per desiliter untuk wanita.

Itulah mengapa Anda harus menjaga asupan zat besi dengan rutin agar tidak terkena anemia.

Ada beberapa sumber makanan yang memiliki banyak kandungan zat besi dan dapat membantu menaikkan sel darah merah, seperti daging merah dan bayam.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, enam makanan yang baik dikonsumsi penderita anemia, Kamis (7/5/2020).

2 dari 4 halaman

Daging Merah

1. Daging Merah

Daging merah kaya kandungan zat besi dan vitamin B12 yang bekerja dengan cukup baik dalam pembentukan hemoglobin. Namun, sangat disarankan untuk memakan daging merah yang memiliki sedikit lemak.

Daging merah baik dikonsumsi oleh mereka yang mengidap anemia untuk menambah asupan zat besi ke dalam tubuh agar produksi sel darah merah menjadi lebih lancar.

Sebelum memakan daging merah, pastikan Anda telah memasaknya dengan benar, tidak terlalu matang dan tidak terlalu mentah, sehingga bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

2. Bayam

Bayam merupakan satu di antara jenis sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi dan rendah kalori. Dengan kandungan nutrisinya, banyak orang yang memasukan bayam ke menu diet.

Bayam juga baik dikonsumsi penderita anemia karena dapat membantu menambah sel darah merah. Hal tersebut dikarenakan bayam kaya zat besi dan vitamin C yang dapat membantu memproduksi hemoglobin.

Produksi hemoglobin yang normal dapat membantu sel darah merah bekerja dengan semestinya. Untuk mendapatkan manfaat bayam dengan maksimal, carilah bayam yang masih segar dan tidak layu.

3 dari 4 halaman

Kacang-kacangan

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber makanan dan camilan yang kaya kandungan nutrisi dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Banyak jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi, satu di antaranya kacang hijau, yang dapat membantu penderita anemia mendapatkan tambahan produksi darah dari makanan.

Selain itu jenis lain kacang-kacangan seperti mete dan almond kaya kandungan asam folat yang dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

4. Telur

Tlur banyak mengandung nutrisi dan mineral, satu di antaranya adalah zat besi. Baik bagi pengindap anemia untukmengonsumsi telur karena zat besi pada telur dapat membantu produksi sel darah merah. Mengonsumsi telur juga baik untuk mencegah munculnya anemia.

4 dari 4 halaman

Buah Bit

5. Buah Bit

Bit merupakan keluarga umbi-umbian. Bit mengandung banyak zat besi, asm folat, dan kalium yang dapat membantu memproduksi hemoglobin.

Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah bit secara rutin. Bit dapat dikonsumsi dengan dicampurkan dengan masakan atau membuatnya sebagai jus.

6. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang lezat dengan tekstur yang lembut seperti krim. Buah satu ini juga bagus dikonsumsi bagi mereka yang mengidap anemia.

Dalam buah alpukat terkandung zat besi dan mineral lainnya yang bermanfaat dalam produksi hemoglobin yang lebih lancar. Dengan produksi hemoglobin yang lancar, sel darah merah akan bekerja dengan normal

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer